Deteksi kerusakan mesin dari warna asap yang muncul - OMBRO

Deteksi kerusakan mesin dari warna asap yang muncul

Mobil-mobil masa kini, umumnya sudah tidak mengeluarkan asap tebal dari knalpotnya (khususnya yang tipe mesin bensin). Regulasi emisi yang semakin ketat membuat pabrikan mobil terus memperbarui performa mesin mobilnya sehingga kadar emisi, asap dan gas buangnya menjadi lebih sedikit.

Jadi, kalau mobil anda masih mengeluarkan asap padahal termasuk mobil tahun terbaru, hal ini jelas ada ketidak beresan yang terjadi di mesin mobil Anda. Masalah ketidak-beresan dimesin (kerusakan), sebenarnya juga bisa di deteksi dari warna asap yang keluar dari knalpot mobil anda.

deteksi kerusakan mesin dari warna asap

Setidaknya ada empat warna asap yang bisa muncul saat terjadi kerusakan mesin, diantaranya adalah asap putih, asap kebiruan, asap abu-abu, dan asap hitam. Nah, diartikel kali ini, ombro akan berbagi informasi seputar deteksi kerusakan mesin dari warna asap yang muncul di knalpot. Apa saja itu, simak informasi lengkapnya dibawah ini.



I. Asap berwarna putih


Asap berwarna putih yang keluar dari knalpot mobil bisa menandakan dua hal, mesin normal dan mesin tidak normal. Oleh karena itu, anda perlu memastikan tiga kondisi ini:

  1. Asap yang keluar tipis dan terlihat samar (tidak tebal)
  2. Ada uap air yang ikut menetes keluar bersama asap
  3. Terjadi hanya pada saat pagi hari saja saat suhu dingin

Jika asap putih yang keluar dari knalpot mobil anda terlihat tips dan hanya terjadi pada saat pagi hari saja (khususnya saat suhu dingin), maka kondisi ini adalah kondisi normal yang umum terjadi pada mesin mobil.

Pasalnya, uap hasil kondensasi didalam knalpot akan terbawa keluar bersama gas buang. Setelah suhu mesin mobil sudah panas, asap putih tipis tersebut lambat laun akan hilang dengan sendirinya dan tidak nampak lagi.

Jika asap berwarna putih yang keluar dari knalpot mobil anda terlihat tebal dan terus menerus terjadi (baik saat mesin dingin, saat mesin panas, atau saat mesin di akselerasikan), maka ini menandakan adanya kerusakan mesin.

Biasanya, penyebab asap putih tebal ini adalah akibat oli mesin yang masuk kedalam ruang bakar dan ikut terbakar saat mesin melakukan langkah kerja. Oleh karenanya, selain asap tebal, kita juga kerap mencium bau oli yang terbakar dari asap putih tebal yang keluar tersebut.

Berikut beberapa contoh penyebab asap putih tebal keluar dari knalpot mobil:

  • Terjadi kerusakan pada ring oli, ring piston, atau baret pada dinding silinder mesin.
  • Terjadi kebocoran oli dari seal klep akibat seal klep sudah keras atau cacat.

Kondisi ini biasanya disertai dengan oli mesin yang kurang cukup banyak setelah jarak tempuh tertentu (misalnya baru 1000 kilometer, oli sudah berkurang satu liter).



II. Asap berwarna kebiruan


Warna asap mobil lainnya yang juga kerap muncul adalah asap berwarna kebiruan. Terkadang warna ini seperti terlihat warna putih tipis, namun cenderung kebiru-biruan. Selain itu, saat asap ini muncul juga disertai seperti bau oli terbakar atau bau yang menyerupai oli terbakar.

Dari pengalaman ombro, asap berwarna kebiruan ini juga kerap ditandai dengan mesin yang sedikit goyang saat idling (langsamnya tidak stabil). Umumnya setelah digas, asap berangsur hilang tapi akan muncul lagi saat idling.

Penyebab asap berwarna kebiruan ini cukup banyak dan perlu pemeriksaan yang teliti, namun diantaranya berikut penyebab asap berwarna kebiruan:

  • Terjadi rembesan oli di sil klep namun dalam jumah yang sedikit.
  • Terjadi rembesan oli dari gasket kepala silinder
  • Terjadi rembesan oli dari turbocharger
  • Terjadi kebocoran minyak rem yang masuk melalui brake booster dan selang vakum ke mesin. (biasanya disertai dengan masalah rem diinjak keras).



III. Asap berwarna abu-abu


Asap berwarna abu-abu juga kerap ditemukan keluar dari knalpot mobil. Asap berwarna abu-abu yang muncul dari knalpot ini umumnya terjadi akibat siklus blow by gas yang terganggu. Biasanya, asap berwarna abu-abu ini muncul akibat katup PCV (Positif Crankcase Ventilation) ini mengalami macet dalam kondisi terbuka penuh.

Katup PCV yang terbuka penuh akan terus menerus mengalirkan sisa kelebihan blow by gas yang terjadi di dalam mesin kembali ke dalam intake manifold. Tanpa adanya pengaturan udara yangmasuk ke intake dengan PCV ini, maka hasil pembakaran menjadi tidak lagi sempurnya yang diantaranya dapat menyebabkan munculnya asap berwarna abu-abu di knalpot.

Baca juga:



IV. Asap berwarna hitam


Asap berwarna hitam pekat merupakan warna asap yang bisa muncul dari knapot mobil anda meskipun moil anda berbahan bakar bensin. Munculnya asap berwarna hitam dari mesin bensin merupakan tanda kalau hasil pembakaran didalam mesin mobil anda tidak sempurna. Ciri-ciri yang paling terasa adalah konsumsi bahanbakar mobil menjadi lebih boros dari kondisi normalnya.

Penyebab pembakaran tidak sempurna yang bisa menimbulkan asap berwarna hitam ini cukup banyak. Pemeriksaan yang teliti adalah kunci utama untuk menemukan akar masalah asap warna hitam ini. Berikut beberapa penyebab asap warna hitam yang pernah ombro temui:

  • Saringan udara mampet dan kotor
  • Busi sudah lemah sehingga apinya kecil
  • Kabel busi ada yang bocor
  • Ignition timing mesin bergeser (model distributor)
  • Ignition coil lemah
  • Kompresi mesin sudah turun dan melemah dari nilai standarnya
  • Injektor kencing
  • Air Flow Sensor bermasalah
  • Dan lain-lain

Untuk mobil-mobil masa kini, asap yang muncul dari knalpot mobil (kecuali asap putih tips di pagi hari) merupakan sebuah tanda adanya kerusakan di mesin mobil. Saat asap itu muncul, segeralah untuk menjadwalkan pemeriksaan dan perbaikan mesin untuk menghindari kerusakan yang lebih parah sehingga dapat memperbesar biaya perbaikan mesin.

Daftar isi
    SHARE