Tabel torsi baut mesin 14B Toyota Dyna Rino 115ps
Mesin 14B Toyota adalah mesin diesel injeksi langsung yang dipasangkan pada truk Dyna Rino. Mesin ini berkapasitas 3,7 liter, OHV, empat silinder segaris yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 98 hp (72 kW) pada 3400rpm dan torsi sebesar 177 lb·fts (240N·m) pada 1800 rpm.
Dari beberapa penelusuran yang ombro lakukan terkait Toyota Dyna, ombro menemukan bahwa Toyota Dyna ini memiliki banyak variasi mesin dengan kode yang berbeda. Namun secara umum, ada dua tipe mesin yang digunakan pada Toyota Dyna yaitu mesin 14B dan W04D.
Mesin 14B digunakan pada Toyota Dyna Rino yang diproduksi sampai tahun 2002, sedangkan mesin W04D digunakan hingga kini pada Toyota Dyna terbaru. Mesin W04D ini juga digunakan pada kendaraan truk Hino Dutro.
Dan untuk artikel kali ini, ombro akan kembali berbagi informasi terkait tabel torsi baut mesin 14B untuk Toyota Dyna Rino 115ps. Tabel torsi ini bersumber dari Engine repair manual edisi aug 1988 dengan kode pub no.RM132E. Namun, ombro hanya mengambil beberapa ukuran torsi yang penting-penting saja seperti torsi untuk silinder head, metal duduk, metal jalan, dan crankshaft. Simak tabel ukuran dan torsi baut mesin 14B Toyota Dyna dibawah ini.
Tabel torsi baut mesin 14B Toyota Dyna Rino 115ps
ITEM /KOMPONEN | Torque (kgf.cm) |
---|---|
CYLINDER HEAD (SILINDER KEPALA) | |
Rocker cover bolt (baut rocker cover / tutup silinder kepala) | 105 |
Valve rocker support bolt (baut valve rocker shaft assembly) | 250 |
Cylinder head bolt (baut silinder head / silinder kepala) | 500 + 90° + 90° |
PISTON DAN CONNECTING ROD | |
Connecting rod bearing nut (mur metal jalan) | 700 + 90° |
CRANKSHAFT DAN SILINDER BLOK | |
Flywheel bolt (baut flywheel / roda gila) | 1800 |
Crankshaft dumper pulley bolt (baut puli crankshaft) | 3000 |
Main bearing cap bolt (baut metal duduk) | 2000 |
Valve lifter bolt A | 75 |
Valve lifter bolt B | 375 |
Rear engine oil seal retainer bolt B | 185 |
TIMING GEAR DAN OIL PUMP | |
Camshaft timing gear bolt (baut gear camshaft) | 375 |
Camshaft thrust plate bolt (baut thrust plate camshaft) | 185 |
Timing gear cover bolt A | 375 |
Timing gear cover bolt B dan C | 185 |
Idle gear shaft union bolt (baut shaft idle gear) | 110 |
Idle gear holder bolt (baut plat holder idle gear) - thrust plate | 475 |
Drain plug (baut pembuangan oli) | 350 |
Oilpump (timing gear case) 12mm Bolt (C) | 185 |
Oilpump (timing gear case) 14mm Bolt (A,B) | 375 |
Oil pipe union bolt | 500 |
Relief valve plug | 500 |
Oil pan (20 bolts + 4 nuts) | 185 |
Strainer oil sub assy (baut saringan oil strainer) | 185 |
Oil nozzle and check valve | 350 |
INJECTION PUMP DAN NOZZLE | |
Nozzle pipe nut (mur pipa nozzle) | 250 |
Nozzle leakage pipe Union Bolt (baut union pipa pengembali bahan bakar) | 250 |
Union Nut injection nozzle pipe (mur union pipa nozzle) | 185 |
Injection pump assy nut (mur pompa injeksi) | 185 |
Injection pump flange | 185 |
Bolt fuel inlet pipe | 250 |
WATERPUMP DAN COOLING FAN | |
Water pump assy (baut waterpump) | 250 |
Water outlet pipe assembly bolt (baut pipa autlet air) | 185 |
EXHAUST MANIFOLD DAN INTAKE MANIFOLD | |
Baut dan Mur exhaust manifold | 475 |
Baut dan mur Intake Manifold | 185 |
Heat insulator (baut plat penahan panas exhaust) | 185 |
Intake heater / intake flange | 185 |
Catatan: Nilai torsi pada tabel diatas menggunakan satuan kgf.cm (kilogram-force centimeter), perhatikan penggunaan satuan yang digunakan pada kunci torsi sebelum pengencangan.
Baca juga:
- Tabel Ukuran Torsi Baut Mesin L300 Diesel 4D56
- tabel ukuran torsi baut mesin truk canter 4D34 Turbo
- Tabel Torsi Baut Mesin 2KD-FTV Toyota
Tabel torsi diatas merupakan rangkuman yang sudah ombro periksa dengan seksama. Untuk menghindari kesalahan dalam bekerja, ada baiknya anda tetap berpatokan dengan buku panduan service manual resmi yang diterbitkan sesuai dengan model dan tipe mesin yang sedang anda kerjakan.
Demikianlah artikel tentang tabel torsi baut mesin 14B Toyota Dyna Rino yang bisa ombro sampaikan, semoga bisa bermanfaat untuk pembaca sekalian.