Tabel torsi baut mesin 14B Toyota Dyna Rino 115ps - OMBRO

Tabel torsi baut mesin 14B Toyota Dyna Rino 115ps

Mesin 14B Toyota adalah mesin diesel injeksi langsung yang dipasangkan pada truk Dyna Rino. Mesin ini berkapasitas 3,7 liter, OHV, empat silinder segaris yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 98 hp (72 kW) pada 3400rpm dan torsi sebesar 177 lb·fts (240N·m) pada 1800 rpm.

mesin toyota dyna rino 14B

Dari beberapa penelusuran yang ombro lakukan terkait Toyota Dyna, ombro menemukan bahwa Toyota Dyna ini memiliki banyak variasi mesin dengan kode yang berbeda. Namun secara umum, ada dua tipe mesin yang digunakan pada Toyota Dyna yaitu mesin 14B dan W04D.

Mesin 14B digunakan pada Toyota Dyna Rino yang diproduksi sampai tahun 2002, sedangkan mesin W04D digunakan hingga kini pada Toyota Dyna terbaru. Mesin W04D ini juga digunakan pada kendaraan truk Hino Dutro.

Dan untuk artikel kali ini, ombro akan kembali berbagi informasi terkait tabel torsi baut mesin 14B untuk Toyota Dyna Rino 115ps. Tabel torsi ini bersumber dari Engine repair manual edisi aug 1988 dengan kode pub no.RM132E. Namun, ombro hanya mengambil beberapa ukuran torsi yang penting-penting saja seperti torsi untuk silinder head, metal duduk, metal jalan, dan crankshaft. Simak tabel ukuran dan torsi baut mesin 14B Toyota Dyna dibawah ini.



Tabel torsi baut mesin 14B Toyota Dyna Rino 115ps


ITEM /KOMPONEN Torque (kgf.cm)
CYLINDER HEAD (SILINDER KEPALA)
Rocker cover bolt (baut rocker cover / tutup silinder kepala) 105
Valve rocker support bolt (baut valve rocker shaft assembly) 250
Cylinder head bolt (baut silinder head / silinder kepala) 500 + 90° + 90°
PISTON DAN CONNECTING ROD
Connecting rod bearing nut (mur metal jalan) 700 + 90°
CRANKSHAFT DAN SILINDER BLOK
Flywheel bolt (baut flywheel / roda gila) 1800
Crankshaft dumper pulley bolt (baut puli crankshaft) 3000
Main bearing cap bolt (baut metal duduk) 2000
Valve lifter bolt A 75
Valve lifter bolt B 375
Rear engine oil seal retainer bolt B 185
TIMING GEAR DAN OIL PUMP
Camshaft timing gear bolt (baut gear camshaft) 375
Camshaft thrust plate bolt (baut thrust plate camshaft) 185
Timing gear cover bolt A 375
Timing gear cover bolt B dan C 185
Idle gear shaft union bolt (baut shaft idle gear) 110
Idle gear holder bolt (baut plat holder idle gear) - thrust plate 475
Drain plug (baut pembuangan oli) 350
Oilpump (timing gear case) 12mm Bolt (C) 185
Oilpump (timing gear case) 14mm Bolt (A,B) 375
Oil pipe union bolt 500
Relief valve plug 500
Oil pan (20 bolts + 4 nuts) 185
Strainer oil sub assy (baut saringan oil strainer) 185
Oil nozzle and check valve 350
INJECTION PUMP DAN NOZZLE
Nozzle pipe nut (mur pipa nozzle) 250
Nozzle leakage pipe Union Bolt (baut union pipa pengembali bahan bakar) 250
Union Nut injection nozzle pipe (mur union pipa nozzle) 185
Injection pump assy nut (mur pompa injeksi) 185
Injection pump flange 185
Bolt fuel inlet pipe 250
WATERPUMP DAN COOLING FAN
Water pump assy (baut waterpump) 250
Water outlet pipe assembly bolt (baut pipa autlet air) 185
EXHAUST MANIFOLD DAN INTAKE MANIFOLD
Baut dan Mur exhaust manifold 475
Baut dan mur Intake Manifold 185
Heat insulator (baut plat penahan panas exhaust) 185
Intake heater / intake flange 185

Catatan: Nilai torsi pada tabel diatas menggunakan satuan kgf.cm (kilogram-force centimeter), perhatikan penggunaan satuan yang digunakan pada kunci torsi sebelum pengencangan.

Baca juga:

Tabel torsi diatas merupakan rangkuman yang sudah ombro periksa dengan seksama. Untuk menghindari kesalahan dalam bekerja, ada baiknya anda tetap berpatokan dengan buku panduan service manual resmi yang diterbitkan sesuai dengan model dan tipe mesin yang sedang anda kerjakan.

Demikianlah artikel tentang tabel torsi baut mesin 14B Toyota Dyna Rino yang bisa ombro sampaikan, semoga bisa bermanfaat untuk pembaca sekalian.

Daftar isi
    SHARE