Tabel torsi baut mesin 14B Toyota Dyna Rino 115ps - OMBRO

Tabel torsi baut mesin 14B Toyota Dyna Rino 115ps

Mesin 14B Toyota adalah mesin diesel injeksi langsung yang dipasangkan pada truk Dyna Rino. Mesin ini berkapasitas 3,7 liter, OHV, empat silinder segaris yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 98 hp (72 kW) pada 3400rpm dan torsi sebesar 177 lb·fts (240N·m) pada 1800 rpm.

mesin toyota dyna rino 14B

Dari beberapa penelusuran yang ombro lakukan terkait Toyota Dyna, ombro menemukan bahwa Toyota Dyna ini memiliki banyak variasi mesin dengan kode yang berbeda. Namun secara umum, ada dua tipe mesin yang digunakan pada Toyota Dyna yaitu mesin 14B dan W04D.

Mesin 14B digunakan pada Toyota Dyna Rino yang diproduksi sampai tahun 2002, sedangkan mesin W04D digunakan hingga kini pada Toyota Dyna terbaru. Mesin W04D ini juga digunakan pada kendaraan truk Hino Dutro.

Dan untuk artikel kali ini, ombro akan kembali berbagi informasi terkait tabel torsi baut mesin 14B untuk Toyota Dyna Rino 115ps. Tabel torsi ini bersumber dari Engine repair manual edisi aug 1988 dengan kode pub no.RM132E. Namun, ombro hanya mengambil beberapa ukuran torsi yang penting-penting saja seperti torsi untuk silinder head, metal duduk, metal jalan, dan crankshaft. Simak tabel ukuran dan torsi baut mesin 14B Toyota Dyna dibawah ini.



Daftar isi

    Tabel torsi baut mesin 14B Toyota Dyna Rino 115ps


    ITEM /KOMPONEN Torque (kgf.cm)
    CYLINDER HEAD (SILINDER KEPALA)
    Rocker cover bolt (baut rocker cover / tutup silinder kepala) 105
    Valve rocker support bolt (baut valve rocker shaft assembly) 250
    Cylinder head bolt (baut silinder head / silinder kepala) 500 + 90° + 90°
    PISTON DAN CONNECTING ROD
    Connecting rod bearing nut (mur metal jalan) 700 + 90°
    CRANKSHAFT DAN SILINDER BLOK
    Flywheel bolt (baut flywheel / roda gila) 1800
    Crankshaft dumper pulley bolt (baut puli crankshaft) 3000
    Main bearing cap bolt (baut metal duduk) 2000
    Valve lifter bolt A 75
    Valve lifter bolt B 375
    Rear engine oil seal retainer bolt B 185
    TIMING GEAR DAN OIL PUMP
    Camshaft timing gear bolt (baut gear camshaft) 375
    Camshaft thrust plate bolt (baut thrust plate camshaft) 185
    Timing gear cover bolt A 375
    Timing gear cover bolt B dan C 185
    Idle gear shaft union bolt (baut shaft idle gear) 110
    Idle gear holder bolt (baut plat holder idle gear) - thrust plate 475
    Drain plug (baut pembuangan oli) 350
    Oilpump (timing gear case) 12mm Bolt (C) 185
    Oilpump (timing gear case) 14mm Bolt (A,B) 375
    Oil pipe union bolt 500
    Relief valve plug 500
    Oil pan (20 bolts + 4 nuts) 185
    Strainer oil sub assy (baut saringan oil strainer) 185
    Oil nozzle and check valve 350
    INJECTION PUMP DAN NOZZLE
    Nozzle pipe nut (mur pipa nozzle) 250
    Nozzle leakage pipe Union Bolt (baut union pipa pengembali bahan bakar) 250
    Union Nut injection nozzle pipe (mur union pipa nozzle) 185
    Injection pump assy nut (mur pompa injeksi) 185
    Injection pump flange 185
    Bolt fuel inlet pipe 250
    WATERPUMP DAN COOLING FAN
    Water pump assy (baut waterpump) 250
    Water outlet pipe assembly bolt (baut pipa autlet air) 185
    EXHAUST MANIFOLD DAN INTAKE MANIFOLD
    Baut dan Mur exhaust manifold 475
    Baut dan mur Intake Manifold 185
    Heat insulator (baut plat penahan panas exhaust) 185
    Intake heater / intake flange 185

    Catatan: Nilai torsi pada tabel diatas menggunakan satuan kgf.cm (kilogram-force centimeter), perhatikan penggunaan satuan yang digunakan pada kunci torsi sebelum pengencangan.

    Baca juga:

    Tabel torsi diatas merupakan rangkuman yang sudah ombro periksa dengan seksama. Untuk menghindari kesalahan dalam bekerja, ada baiknya anda tetap berpatokan dengan buku panduan service manual resmi yang diterbitkan sesuai dengan model dan tipe mesin yang sedang anda kerjakan.

    Demikianlah artikel tentang tabel torsi baut mesin 14B Toyota Dyna Rino yang bisa ombro sampaikan, semoga bisa bermanfaat untuk pembaca sekalian.

    SHARE