2 Keuntungan penggunaan power tool tanpa kabel - OMBRO

2 Keuntungan penggunaan power tool tanpa kabel

Power tools adalah peralatan yang digerakkan atau dioperasikan dengan menggunakan tenaga selain tenaga manusia. Di bengkel otmotif (mobil) khususnya, penggunaan power tool amatlah dibutuhkan dengan tujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas hasil kerja.

Jenis dan macam power tools sangatlah banyak, mulai dari bor untuk melubangi, gerinda tangan untuk menggerinda, geraji untuk memotong dan membelah, hingga air duster untuk meniupkan udara bertekanan serta masih banyak lagi macam power tool yang lainnya. Untuk lebih lengkapnya, silahkan baca pada artikel 10 Macam power tools dan fungsinya.

2 keuntungan penggunaan power tool tanpa kabel

Seiring dengan perkembangan teknologi battery dan kebutuhan akan power tool yang memiliki tingkat fleksibilitas tinggi dalam penggunaannya, maka saat ini, kita akan mudah menemukan power tool tanpa kabel atau yang sering di sebut cordless power tools.

Power tool tanpa kabel (cordless) adalah power tool yang sumber tenaganya hanya di supply oleh battery saja. Power tool tanpa kabel ini tidak menggunakan kabel yang disambungkan dengan power outlet (colokan listrik).

Nah, pada artikel kali ini, ombro akan berbagi informasi tentang apa saja sih keuntungan penggunaan power tool tanpa kabel? Simak 2 keuntungan penggunaan power tool tanpa kabel dibawah berikut ini...


1. Ruang gerak kerja yang bebas dan tidak terbatas


Keuntungan penggunaan power tool tanpa kabel yang akan sangat dirasakan oleh operator adalah ruang gerak kerja yang bebas dan tidak terbatas. Ya, tanpa kabel, ini artinya, operator bisa terbebas dari kebutuhan akan kabel power untuk bisa menggerakkan power tool.

Operator dapat melakukan pekerjaannya diarea kerja mana pun tanpa harus terhalang oleh posisi dan panjang kabel. Dan seperti yang kita ketahui bahwa power tool yang menggunakan kabel, kerap membatasi ruang gerak operator.

Area kerja yang dapat di cover oleh operator hanya sepanjang ukuran kabel yang ada pada power tool tersebut meskipun kondisi ini bisa diatasi dengan menambahkan sambungan kabel roll.

Selain itu, dengan adanya kabel, posisi pengerjaan juga biasanya cukup terbatas karena terhalang oleh kabel yang ada. Dengan menggunakan power tool tanpa kabel, maka ruang kerja yang bisa diperoleh operator saat bekerja bisa lebih bebas dan tidak terbatas.

Baca juga :


2. Dapat digunakan di area yang tidak ada sumber listriknya


Keuntungan penggunaan power tool tanpa kabel yang selanjutnya adalah power tool dapat digunakan di area yang tidak ada sumber listriknya. Ya, seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa power tool tanpa kabel menggunakan battery yang dipasang langsung di alat tersebut.

Hal ini membuat tool dapat dioperasikan tanpa bantuan sumber daya listrik dari luar sehingga bisa digunakan di wilayah yang tidak ada sumber listriknya seperti contohnya pada area outdoor.

Selain itu, power tool tanpa kabel juga memilki keuntungan bahwa ia lebih aman digunakan untuk area kerja yang lembab atau basah terlebih di wilayah yang jika kita menggunakan listrik berdaya 100v/220v akan berbahaya dan mengancam keselamatan kerja (bahaya tersetrum aliran listrik).
Daftar isi
    SHARE