Macam-macam bak mobil pick up, kelebihan serta kekurangannya - OMBRO

Macam-macam bak mobil pick up, kelebihan serta kekurangannya

Untuk memperlancar usaha khususnya distribusi barang ke wilayah yang memiliki akses jalan kecil, mobil pick up kerap menjadi andalan bagi para pengusaha angkutan barang dalam mempertahankan kelancaran distribusi barang ke wilayah-wilayah tersebut.

Dengan dimensinya yang relatif sama dengan mobil pribadi, mobil pick up menjadi pilihan tepat distributor untuk menjangkau wilayah dengan jalan seperti jalan komplek atau jalan kecil yang lebarnya hanya cukup untuk lewat satu mobil saja.

macam-macam bak mobil pick up

Untuk memenuhi kebutuhhan para distributor barang ini, pihak pabrikan mobil pick up mengembangkan beberapa desain bak pick up agar bisa memaksimalkan fungsi angkutan serta memudahkan dalam proses pendistribusian barang.

Saat ini, terdapat 3 macam model bak mobil pick up yang umum disediakan oleh penjual mobil. Pick up standard deck, Pick Up flat deck, dan Pick Up 3 way wide deck. Lantas apa saja kelebihan dan kekurangan dari masing-masing tipe bak mobil pick up ini? Simak macam-macam model bak mobil pick up dan kelebihannya dalam artikel di bawah ini...

1. Pick-Up Standard Deck (bak standar)


Pick-Up Standard Deck atau sering disebut bak standar merupakan bak mobil pick-up yang modelnya memang mengikuti bentuk dan aturan umum untuk mobil bak yang dikeluarkan oleh pabrikan pembuat mobil.

Ciri-ciri bak mobil pick up standar seperti ini adalah adanya rumah roda di lantai baknya, tepatnya disisi kanan kiri bak pas diatas roda. Rumah roda ini memiliki bentuk yang lebih menonjol daripada lantai bak mobil tersebut.

Untuk mobil pick up dengan bak standar ini, bagian bak sisi samping kanan kiri sifatnya paten dam tidak dapat dibuka. Hanya tersedia satu pintu dibelakang yang bisa dibuka atau ditutup sebagai tempat keluar masuk barang.

Perhatikan contoh bak mobil pick up standard deck seperti gambar dibawah ini

bak pick-up standar deck

Kelebihan bak standard deck:

  • Daya angkut yang dimiliki lebih besar namun tetap ekonomis
  • Lantai bak memiliki ketinggian yang lebih rendah dibanding dua model lainnya sehingga memiliki keuntungan saat membawa barang yang cukup tinggi
  • Meskipun sisi samping bak tidak dapat dibuka namun masih memungkinkan untuk bongkar muat barang dari samping bak tersebut.

Kekurangan bak standard deck:

  • Rumah roda pada bak membatasi pengaturan barang, khususnya untuk barang yang panjang dan lebar.


2. Pick-Up Flat Deck (bak lantai rata)


Model bak pick-up yang kedua adalah Flat Deck. Flat deck ini berarti bak lantai rata, yang artinya pada mobil bak ini, kita tidak menemukan rumah roda di sisi kanan kiri bak. Lantai bak akan rata seluruhnya mulai dari bagian depan hingga belakang.

Selain lantai bak yang rata, ciri lainnya dari mobil pick up flat deck ini adalah posisi bak yang menjadi lebih tinggi dari rangka mobil. Posisi bak menjadi lebih tinggi jika dibandingkan dengan mobil bak standar.

Selain itu, untuk mobil pick up flat deck ini, sisi bak bagian samping kanan kiri juga memiliki sifat paten (tidak dapat di buka tutup). Yang bisa dibuka dan ditutup sebagai tempat akses keluar masuk barang adalah melalui pintu bak belakang saja.

Perhatikan contoh bak mobil pick up flat deck seperti gambar dibawah ini:

bak pick-up flat deck

Kelebihan bak flat deck:

  • Volume angkut yang dimiliki lebih besar dan juga tetap ekonomis
  • Lantai yang rata (tidak ada rumah roda) memberikan keleluasaan dalam pengaturan barang angkutan sehingga memungkinkan untuk membawa barang yang dimensinya besar dan lebar.

Kekurangan bak flat deck:

  • Akses bongkar muat barang dari sisi samping bak sedikit merepotkan karena posisi bak yang lebih tinggi dan sisi samping bak yang umumnya dibuat paten (tidak bisa dibuka tutup).
  • Karena posisi bak yang sudah lebih tinggi, diperlukan kehati-hatian saat mengangkut barang yang tinggi.

Baca juga :



3. Bak 3 Way Wide Deck (bak lantai rata dengan 3 pintu)


Model bak pick up yang terakhir adalah 3 way wide deck (bak lantai rata dengan 3 pintu). Bak model ini memiliki lantai bak yang rata (tidak ada rumah roda) namun dengan dimensi yang lebih lebar dibanding dengan bak flat deck. Oleh karenanya, bak mobil pick up tipe ini juga memiliki posisi yang lebih tinggi dibanding dengan bak standar

Selain itu, bak pick up dengan model 3 way wide deck ini memiliki desain dinding bak yang bisa di buka tutup sesuai dengan kebutuhan. Ya, dinding bak sisi kanan dan sisi kiri dibuat bisa dibuka dan di tutup sehingga sangat memudahkan akses untuk keluar masuk barang.

Perhatikan contoh bak mobil pick up 3 Way Wide Deck seperti gambar dibawah ini:

bak pick-up 3 way wide deck

Kelebihan bak 3 Way Wide Deck :

  • Volume dan dimensi barang yang bisa diangkut menjadi lebih besar dan lebih banyak dibanding dua model lainnya.
  • Akses keluar masuk barang bisa lebih mudah karena ada 3 pintu yang bisa dibuka tutup kapan saja sesuai dengan kebutuhan.

Kekurangan bak 3 Way Wide Deck :

  • Diperlukan ketelitian dan kehati-hatian untuk buka tutup pintu bak karena sifatnya yang fleksibel di seluruh sudutnya.
Daftar isi
    SHARE