Cara menaikan bak dump truck dan menurunkannya - OMBRO

Cara menaikan bak dump truck dan menurunkannya

Truck dengan model dump ini adalah truck yang pada bak belakangnya bisa naik dan turun guna menurunkan muatan yang umumnya berupa material berat seperti pasir, batubara, tanah galian, dan lain sebagainya.

Secara umum, untuk mengoperasikan truck model dump ini relatif sama dengan model truck-truck yang lainnya, namun khusus dump truck terdapat tuas-tuas hidrolik yang berfungsi untuk menaikan dan menurunkan bak dump truck.

cara menaikan bak dump truck

Oleh karena itu, dibutuhkan pengemudi yang benar-benar menguasai pengoperasian masing-masing tuas serta memiliki pemahaman tentang cara dumping yang aman. Sedikit kesalahan saat dumping, bisa berakibat fatal baik untuk kendaraan, pengemudi maupun lokasi di sekitar.

Nah, pada artikel ini, ombro akan berbagi informasi seputar cara menaikan bak dump truck dan menurunkannya.


Cara menaikan bak dump truck


Di dalam dump truck umumnya kita akan melihat 3 tuas di dalam kabin truck yaitu tuas transmisi, tuas PTO (Power Take Off), dan tuas Hydraulic Pump (pompa hirolik). Masing-masing tuas memiliki fungsi sendiri-sendiri, berikut fungsinya :
  • Tuas transmisi, berfungsi untuk menetralkan gigi dan menggerakkan mobil maju mundur (baca: fungsi transmisi)
  • Tuas PTO (Power Take Off), berfungsi untuk menyambung kan gigi PTO ke transmisi truck sehingga PTO dapat memutar pompa hidrolik dump
  • Tuas pompa hidrolik, berfungsi untuk membuka dan menutup katup aliran oli hidrolik pada tabung hidrolik dump.

Untuk tuas transmisi, ombro yakin bahwa anda sudah memahami bentuknya, sedangkan untuk tuas PTO dan pompa hidrolik ini memiliki model dan bentuk yang bermacam-macam, sangat tergantung dari karoseri pembuat dump truck tersebut. Perhatikan pada contohnya dibawah berikut

contoh tuas hidrolik pada dump truck

Ada yang pengoperasiannya dengan cara di tarik, ada pula yang di dorong. Selain itu ada pula yang menggunakan saklar PTO sebelum menaikkan bak dump truck. Oleh karena itu sebaiknya pahami dahulu cara kerja dari tuas dump yang ada di truck anda.

Pada artikel cara menaikan bak dump truck kali ini , ombro akan menginformasikan tuas dump truck model tarik yang umum dan banyak di gunakan khususnya pada truck canter, ragasa ataupun hino dutro seperti pada langkah-langkahnya dibawah ini

Berikut langkah-langkah menaikan bak dump truck
  1. Hidupkan mesin truck dan tunggu hingga putaran mesin pada posisi idling (langsam)
  2. Posisikan gigi transmisi ke posisi netral
  3. Tarik rem tangan untuk mencegah truck bergerak dengan sendirinya
  4. Nyalakan lampu hazard dan alarm PTO (jika tersedia) sebagai penanda bahwa truck akan mengoperasikan hidrolik dump.
  5. Injak pedal kopling hingga penuh dan tarik tuas PTO ke arah belakang
    tarik tuas PTO untuk menaikan bak dump truck
  6. Tunggu sebentar untuk memastikan PTO sudah terhubung dengan transmisi yang ditandai dengan naiknya rpm mesin sedikit di atas rpm idle
  7. Tarik tuas pompa hidrolik (Hidraulic pump) ke arah belakang untuk mengunci katup pada pompa hidrolik
    tarik tuas pompa hidrolik untuk menaikan bak dump truck
  8. Lepas perlahan injakan pedal kopling dan bak dump truck perlahan akan terangkat.
  9. Jika diperlukan tenaga untuk menaikan bak, tekan pedal gas perlahan agar bak dump truck memiliki kekuatan untuk naik ke atas.
Setelah bak dump truck terangkat penuh, tekan pedal kopling lalu dorong tuas PTO kembali ke depan untuk membebaskan putaran PTO yang menuju ke pompa hidrolik. Pada posisi ini, bak dump truck akan tetap tertahan pada posisinya dan tidak bisa turun.

Baca juga :


Cara menurunkan bak dump truck


Untuk menurunkan bak dump truck berikut caranya
  1. Pastikan Tuas PTO tetap dalam posisi netral (posisi tuas mengarah ke depan). Jika tuas PTO dalam keadaan terhubung (tertarik kearah belakang) maka pompa hidrolik tetap akan berputar dan memompa oli ke tabung hidrolik. Akibatnya , bak dump truck ini tidak bisa di turunkan.
  2. Dorong perlahan tuas pompa hidrolik ke arah depan untuk membuka katup hidrolik. Lakukan secara perlahan dan hati-hati kemudian perhatikan pada bak dump truck yang bergerak turun kembali ke posisi semula.
Lakukan pengoperasian cara menaikan bak dump truck dan menurunkannya dengan hati-hati, utamakan selalu keselamatan dan pahami terlebih dahulu caranya. Jika diperlukan cari terlebih dahulu orang yang paham dalam mengoperasikannya untuk mendampingi selama anda mempelajari cara menaikan dan menurunkan bak dump truck ini.

Daftar isi
    SHARE