Tips memilih kunci sok yang bagus - OMBRO

Tips memilih kunci sok yang bagus

Memilih kunci sok yang bagus bagi mekanik sudah menjadi suatu hal yang wajib dilakukan. Kesalahan dalam memilih kunci sok, baik dari segi kualitas, merek, serta ukuran, tentu saja akan mempengaruhi hasil dan kecepatan kerja dalam memperbaiki mobil.

Selain itu, tingkat keamanan bagi mekanik serta bagian mobil yang dikerjakan bisa lebih terjamin dengan menggunakan kunci sok yang bagus. Mekanik terhindar dari luka saat berkerja akibat kunci sok pecah atau baut yang dikerjakan menjadi sleg dan rusak akibat kunci soknya melejit saat digunakan.

Tips memilih kunci sok yang bagus

Saat ini, kunci sok yang tersedia dipasaran sangatlah beragam, dari yang tidak ada mereknya hingga merk-merk terkenal. Oleh karenanya, kita perlu berhati-hati dalam memilih kunci sok agar terhindar dari kerugian yang tidak kita inginkan seperti kunci sok cepat rusak atau tidak dapat digunakan akibat ukurannya tidak sesuai.

Nah, pada artikel kali ini, ombro akan berbagi tips tentang bagaimana memilih kunci sok yang bagus sehingga awet dan tahan lama serta mempermudah kita dalam mengerjakan pekerjaan mekanik. Simak infonya dibawah ini..

1. Pilih kunci sok ber-merk yang asli dan sudah terkenal


Untuk memastikan kita dalam memilih kunci sok yang bagus pertama kali adalah dengan memperhatikan merk kunci sok yang akan kita pilih. Sudah bukan hal aru lagi jika merk kunci sok yang dipilih turut menentukan kualitas kunci sok yang kita dapatkan.

Namun begitu, usahakan tetap memilih kunci sok ber-merk yang asli, dengan begitu daya tahan dan kekuatannya bisa menjamin pekerjaan yang kita lakukan tidak terkendala seperti misalnya baut sleg atau kunci sok pecah.


2. Desain dan bentuk kunci sok rapih dan bagus


Dalam memilih kunci sok kita juga perlu memperhatikan desain dan bentuk kunci sok. Kunci sok yang bagus memiliki desain yang kokoh, bentuk yang rapih dan bagus serta hasil finishing yang berkualitas.

Hal ini berlaku untuk semua kunci sok yang tersedia, jadi tidak hanya satu kunci sok saja yang bentuknya rapi dan bagus, melainkan semua kunci sok yang ada dalam boks tersebut dibuat rapih dan berkualitas.


3. Ukuran kunci sok benar dan pas


Kunci sok yang bagus pastinya memiliki ukuran kunci yang benar, misalnya kunci sok bertuliskan 17mm, maka kunci sok ini ukurannya pas dan tepat hanya untuk membuka baut dengan ukuran 17mm saja.

Ya, karena pada beberapa kunci sok yang tidak bermerk dengan kualitas rendah, kunci sok ini terkadang memiliki ukuran penomoran yang salah atau saat digunakan pada ukuran mur tertentu, kunci sok terasa longgar. Hal ini bisa mengakibatkan kerusakan pada baut dan mur yang akan kita kerjakan.


4. Kunci sok berbobot dan terlihat kuat


Hal berikutnya sebagai tips memilih kunci sok yang bagus adalah dengan memperhatikan bobot dan kekuatan material yang dibuat oleh kunci sok tersebut. Umumnya kunci sok yang bagus akan terasa berbobot dan kuat saat digenggam, sedangkan kunci sok yang kurang bagus akan terasa ringan dan kesannya lembek saat digenggam.

Baca juga :


5. Mekanisme ratchet dan lain-lain terdengar halus namun kokoh


Jika anda memilih kunci sok yang sepaket dengan kelengkapannya, tentu yang perlu menjadi perhatian terakhir dalam memilih kunci sok yang bagus adalah dengan memperhatikan kondisi kerja dari mekanisme ratchet dan alat lain yang disediakan.

Ciri mekanisme ratchet yang bagus bisa di ketahui dari suara yang dihasilkan saat ratchet diputar. Umumnya suara yang dihasilkan terdengar halus namun kokoh, selain itu putaran yang dihasilkan selalu lancar, tidak seret ataupun tersendat-sendat.


6. Tentukan kunci sok untuk jenis pekerjaan


Hal terakhir dalam memilih kunci sok yang bagus adalah dengan menentukan kunci sok untuk jenis pekerjaan yang akan dilakukan. Seperti misalnya jika kita butuh kunci sok untuk membuka baut roda yang letaknya menjorok di dalam velg tentu kita butuh kunci sok yang ukurannya lebih panjang. Maka, pilih kunci sok yang bodinya berukuran panjang.

Atau ketika kita membutuhkan kunci sok untuk melakukan pekerjaan dengan momen yang besar, maka kita perlu memilih kunci sok segi enam (6pt) dengan ukuran yang pendek sehingga lebih kuat dan tahan terhadap momen puntir yang terjadi.
Daftar isi
    SHARE