Cara mengatasi lampu mundur mati pada mobil avanza - OMBRO

Cara mengatasi lampu mundur mati pada mobil avanza

Lampu mundur berfungsi sebagai sinyal informasi kepada orang lain bahwa mobil yang kita kendarai akan bergerak mundur. Umumnya, lampu mundur menggunakan warna putih, selain karena aturan yang berlaku, warna putih pada lampu mundur juga berfungsi untuk menerangi jalan dibelakang saat kondisi gelap seperti malam atau saat berada di basement.

Meskipun lampu mundur ini tidak sepenting lampu sein dan lampu kepala, namun lampu mundur yang mati tetap saja akan membahayakan bagi si pengendara ataupun orang lain disekitar kendaraan ini.

Nah, pada artikel kali ini, ombro akan membahas bagaimana sih cara mengatasi lampu mundur mati pada mboil avanza? Simak langkah-langkah mengatasi lampu mundur mati seperti dibawah berikut ini.


1. Periksa sekring/Fuse lampu mundur


Langkah pertama dan paling mudah untuk mengatasi lampu mundur mati adalah dengan memeriksa kondisi sekring / fuse. Ya, salah satu penyebab lampu mundur avanza mati adalah akibat sekring lampu mundurnya putus.

Pada mobil avanza, kode sekring lampu mundur avanza ini ditandai dengan kode IG1/BACK dengan ukuran 7.5 Ampere dan berwarna coklat. Sekring lampu mundur avanza ini terletak pada fusebox (bok sekring) yang terletak di dalam kabin mobil, tepatnya terletak dibawah setir bagian kanan, dekat dengan posisi kaki kanan supir. Baca: Arti kode sekring mobil toyota avanza berikut posisinya

sekring yang putus kawatnya

Sekring yang putus akan mengakibatkan aliran listrik dari aki mobil menuju lampu mundur menjadi terputus dan tidak dapat mengalir sehingga lampu mundur tidak akan menyala. Periksalah sekring tersebut, jika putus segera ganti dengan sekring yang ukurannya sama kemudian periksa kembali apakah lampu mundur sudah menyala atau belum.

Jika lampu mundur sudah menyala, maka masalah hanya dari sekringnya saja. Namun, jika lampu mundur masih belum menyala simak langkah kedua dibawah berikut.


2. Periksa bohlam lampu mundur


Langkah selanjutnya sebagai cara mengatasi lampu mundur mati pada mobil avanza adalah dengan melakukan pemeriksaan pada bohlam lampu mundur. Sebaiknya anda membuka rear combination lamp dan mengeluarkan bohlam lampu mundur dari casingnya untuk memastikan pemeriksaan dilakukan dengan benar.

Bohlam lampu mundur mobil avanza menggunakan bohlam lampu tipe wedge base bening (tipe lampu yang dikenal sebagai tipe lampu bohlam cucuk atau cumi). Daya yang digunakan untuk lampu mundur mobil avanza ini adalah sebesar 16 watt.

model lampu mundur avanza

Periksalah kondisi lampu mundur dengan cermat, jika terlihat lampu tampak menghitam atau kawat filamen di dalamnya putus, maka anda harus menggantinya dengan bohlam lampu yang baru yang tipenya sama seperti yang sudah saya sebutkan diatas.

Jika, tidak putus, perhatikanlah posisi pemasangan bohlamnya apakah terpasang dengan benar atau tidak, periksa juga kondisi soket lampunya, apakah cacat atau tidak. Jika lampu baru sudah dipasang namun lampu mundur masih tetap mati, lakukan langkah selanjutnya dibawah berikut


3. Periksa saklar/switch lampu mundur


Jika lampu mundur masih mati dan belum mau menyala, langkah berikutnya adalah dengan memeriksa saklar/switch lampu mundur. Switch ini letaknya ada dibagian transmisi. Letak switch lampu mundur avanza ini umumnya ada di sisi sebelah kiri di transmisi. Perhatikan letak switch lampu mundur avanza seperti pada gambar dibawah berikut ini

posisi switch mundur avanza

Untuk pemeriksaan yang benar, sebaiknya kita membuka switch dan mengukurnya dengan menggunakan avometer. Jika saklar dapat terhubung dan terputus saat diukur, ini menandakan saklar dalam kondisi baik dan normal.

Namun, jika kita tidak memiliki avometer, kita bisa menggunakan seutas kabel yang sudah dikupas bagian ujungnya (bisa juga menggunakan kawat atau paper clip). Selain lebih mudah, cara ini juga ampuh untuk memastikan apakah penyebab lampu mundur mati ini dari switch atau bukan. Berikut caranya :
  • Pastikan bohlam lampu mundur sudah terpasang.
  • Lepas socket konektor switch lampu mundur di transmisi.
  • Pilih socket yang mengarah ke kabel-kabel mobil (bukan yang mengarah ke saklar/switch mundur).
  • Sambungkan kedua pin konektor dalam soket tersebut dengan kabel yang sudah kita siapkan sebelumnya.
  • Putar kunci kontak ke posisi ON.
  • Perhatikan lampu mundurnya.
Jika lampu mundur menyala, maka saklar/switch lampu mundur bermasalah dan perlu diganti. Jika tidak menyala, maka lanjutkan pemeriksaan terakhir dengan langkah dibawah berikut.

Baca juga :


4. Periksa ground dan jalur kelistrikan lampu mundur


periksa kabel ground lampu mundur

Langkah terakhir sebagai cara mengatasi lampu mundur mati adalah dengan memeriksa grounding lampu serta jalur kelistrikan untuk lampu mundur mobil sobat. Periksalah socket-soket sambungan serta untuk lampu mundur, pastikan tidak ada yang terputus.

Jika hal ini dirasa menyulitkan, maka ada baiknya sobat membawa mobilnya ke bengkel-bengkel mobil terdekat yang paham untuk mengatasi lampu mundur mati ini.
Daftar isi
    SHARE