Cara cek kilometer mobil bekas - OMBRO

Cara cek kilometer mobil bekas

Salah satu cara untuk mengetahui riwayat penggunaan dan jarak tempuh kendaraan saat kita akan membeli mobil bekas adalah dengan memperhatikan angka kilometer yang tampil pada odometer mobil tersebut.

Ya, odometer yang menampilkan angka semakin besar, menandakan kilometer (jarak tempuh) mobil sudah jauh, dan odometer yang menampilkan angka kecil menandakan mobil jarang digunakan.

Namun begitu, tak jarang dalam membeli mobil bekas kita menemukan kondisi yang sebaliknya dimana angka odometer kecil namun mobil sudah terlihat usang dan seperti sangat sering digunakan.

cara cek kilometer mobil bekas

Nah, untuk menghindari kesalahan membeli mobil bekas karena terlalu percaya terhadap kilometer mobil, berikut cara cek kilometer mobil bekas yang ombro ketahui dan cukup ampuh untuk memastikan kesesuaiannya. Berikut cara cek kilometer mobil bekas...


1. Cek kondisi fisik odometer mobil


Cara cek kilometer mobil bekas yang paling mudah pertama kali dilakukan adalah dengan menperhatikan kondisi fisik dari odometer yang ada di panel dashboard mobil. Kondisi fisik bisa menggambarkan apakah odometer mobil tersebut sudah pernah di bongkar atau sudah pernah diotak atik sebelumnya.

Pada mobil-mobil saat ini, jenis odometer terbagi menjadi dua,odometer analog, yaitu odometer yang masih menggunakan sistem analog (berupa angka yang diputar secara mekanikal), dan odometer digital yaitu odometer yang tampilan angkanya sudah menggunakan sistem digital (berupa nyala led/lampu digital)

Berikut beberapa poin yang bisa kita perhatikan saat mengecek kondisi fisik odometer mobil :

  • Tidak ada cacat / bekas congkelan di sekeliling odometer (tipe analog) dan disekeliling panel odometer (tipe digital)
  • Angka-angka pada odometer memiliki kerenggangan yang rapi dan normal. (tipe analog)
  • Tidak tampak bekas usapan, bekas lap, atau bekas jari-jari di cover depan odometer (tipe analog dan digital)

Dengan memperhatikan kondisi fisik odometer tersebut dan memastikan ketiga tanda-tanda diatas tidak ada, setidaknya kita bisa sudah meminimalisir odometer yang diutak-atik sebelum membeli mobil bekas.


2. Perhatikan Catatan Service pada buku service mobil


Langkah kedua sebagai cara cek kilometer mobil bekas adalah dengan memperhatikan catatan riwayat service kendaraan yang umumnya ada pada buku service kendaraan. Biasanya, pada buku catatan service kerap dituliskan kilometer kendaraan saat service dilakukan.

Dengan begitu kita bisa memastikan kesesuaian antara kilometer yang tertera di mobil dengan kilometer terakhir yang tercatat dibuku service. Untuk lebih memastikannya, anda bisa mencoba untuk memilih secara random catatan riwayat service dan mencocokkannya dengan menelpon bengkel mobil yang melakukan service tersebut.

Namun begitu, banyak juga pemilik kendaraan yang tidak melakukan pencatatan service kendaraan dibuku catatan service dan memilih untuk service kendaraan di bengkel selain bengkel resmi.

Kondisi ini tentu menyulitkan bagi kita sebagai calon pembeli saat akan memeriksa kesesuaian kilometer mobil tersebut, sehingga cara lainnya yang bisa dilakukan sebagai cara cek kilometer mobil adalah dengan memeriksa tahun pembuatan dan fisik kendaraan.


3. Perhatikan tahun pembuatan mobil


Langkah berikutnya sebagai cara cek kilometer mobil bekas adalah dengan memperhatikan tahun pembuatan mobil, tahun pembuatan mobil akan kita cocokkan dengan kilometer yang tertera di odometer mobil.

Sebagai gambaran umum, mobil yang digunakan sehari-hari biasanya bisa menghabiskan jarak tempuh sejauh 20.000 km dalam satu tahun. Jika mobil tersebut jarang digunakan (dipakai seminggu sekali atau saat momen-momen tertentu) diperkirakan jarak tempuhnya kurang dari 10.000 km dalam satu tahun.

Dengan memperhatikan tahun pembuatan mobil, maka kita bisa memperkirakan seberapa normalnya sih jarak tempuh yang seharusnya ada di mobil ini. Sebagai contoh, misalkan mobil ini dibuat sekitar 4 tahun yang lalu, maka perkiraan kilometer yang ideal adalah sebagai berikut :

  • Digunakan rutin ; 20.000 x 4 = 80.000 km
  • Tidak rutin ; 10.000 x 4 = 40.000 km

Jika pada odometer menampilkan nilai yang jauh lebih rendah (misalnya baru 20.000 km), maka kita perlu curiga jika odometer tersebut pernah dibongkar atau diotak-atik sebelumnya.

Baca juga :



4. Cek kondisi Fisik Mobil


Hal terakhir yang bisa dilakukan sebagai cara untuk mengecek kilometer mobil bekas apakah sesuai atau tidak, adalah dengan mengecek kondisi fisik mobil. Paling penting adalah dengan mengecek interior seputar jok supir karena di bagian-bagian inilah yang akan memperlihatkan seberapa sering mobil digunakan.

Namun perlu diingat, pengecekan ini akan lebih efektif jika mobil yang digunakan usianya lebih dari 3 tahun. Jika kurang, cukup sulit untuk melakukan pemeriksaan ini.

Berikut bagian-bagian interior mobil dibagian supir yang perlu diperiksa.

  • Lingkar setir ; Perhatikan tingkat keausannya, semakin aus lingkar setir menandakan mobil sering digunakan
  • Kondisi permukaan pedal rem, pedal gas dan pedal kopling (manual) ; Karet permukaan pedal yang aus, cat yang menipis dan tampak bagian besinya, menandakan mobil ini sudah seharusnya memiliki catatan kilometer yang jauh.
  • Ujung kepala tuas persneling (terlebih untuk mobil manual); Semakin aus tampilannya, semakin besar tampilan kilomoter yang seharusnya.

Dengan melakukan 4 cara cek kilometer mobil seperti yang sudah dijelaskna diatas, maka kita bisa memperkirakan apakah odometer yang tampak sudah sesuai dengan kilometer yang seharusnya. Sehingga kita bisa menghindari "akal-akalan" penjual mobil bekas tersebut.

Demikianlah artikel tentang cara cek kilometer mobil yang bisa ombro sampaikan , semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Daftar isi
    SHARE