Fungsi kunci ratchet handle dan cara menggunakannya - OMBRO

Fungsi kunci ratchet handle dan cara menggunakannya

Kunci ratchet handle merupakan salah satu dari 5 alat kelengkapan untuk menggunakan kunci socket. Kunci ratchet digunakan bersama dengan kunci socket dalam melakukan pekerjaan bongkar pasang komponen mesin mobil ataupun komponen yang lainnya.

Ya, fungsi kunci ratchet adalah alat untuk mengendorkan atau mengencangkan batu atau mur yang sudah dalam kondisi longgar tanpa perlu mengangkat dan melepaskan kepala socket dari baut atau mur tersebut.

fungsi kunci ratchet handle dan cara menggunakannya

Kunci ratchet termasuk alat yang sangat mempercepat proses pekerjaan saat melepas dan memasang baut atau mur. Pasalnya, saat kita menggunakan kunci ratchet, kita tidak perlu lagi mengangkat kunci shock dari baut atau mur untuk memutarnya.

Cukup dengan menggeser tuas sesuai arah yang kita inginkan (membuka atau mengencangkan) maka dengan mudahnya kunci ratchet handle ini akan bergeser.

Nah, pada artikel kali ini ombro akan berbagi informasi alat bengkel tentang fungsi kunci ratchet handle dan cara menggunakannya,simak infonya dibawah berikut.


Cara menggunakan kunci racthet


fungsi kunci ratchet hanle dan cara menggunakannya
Untuk menggunakan kunci racthet ini sebenarnya sangat mudah, berikut langkah-langkah menggunakan kunci ratchet handle
  1. Pilih kunci socket yang sesuai dengan ukuran kepala baut atau mur
  2. Pasang kunci socket (bagian drive hole) bertemu dengan bagian drive square pada kepala ratchet
  3. Geser bagian set lever ke kanan atau ke kiri. Untuk mengencangkan, geser tuas set lever ke kanan. Sedangkan untuk mengendorkan, geser tuas set lever ke kiri.
  4. Pasang socket beserta kunci ratchet pada baut atau mur yang akan dikerjakan, pastikan kunci socket sudah masuk dan menutupi kepala baut atau mur dengan sempurna.
  5. Tarik gagang ratchet handle untuk membuat baut atau mur bergerak dan berputar
  6. Geser gagang kunci ratchet langsung ke arah kebalikannya (akan terdengar suara tretek...tretek saat gagang digeser), dan tarik kembali untuk membuat baut terus bergerak dan berputar sampai pekerjaan selesai dilakukan.

Fungsi kunci ratchet handle dan cara menggunakannya

Catatan
Pada prakteknya, kita bisa menemukan berbagai model bentuk kunci ratchet di bengkel. Model dan bentuk kunci ratchet ini akan memperngaruhi proses penggunaan dan pemasangan kunci socketnya. 

Dari sekian banyak model, ada 3 macam kunci ratchet yang ombro ketahui dalam penggunaannya perhatikan model dan bentuk kunci ratchet dibawah ini

1. Kunci ratchet model tuas set lever putar


Model kunci ratchet 1

Untuk mengganti arah putaran drive square pada kunci ratchet, maka kita perlu untuk memutar / menggeser bagian seperti pada gambar. Arah putaran sama, ke kanan untuk mengencangkan dan ke kiri untuk mengendorkan. Untuk memasang dan melepas kunci socket tidak perlu menekan tombol, bisa langsung dilepas atau dipasang.

2. Kunci ratchet model tuas set lever geser


Model kunci ratchet 2

Untuk mengganti arah putaran drive square, maka cukup dengan menggeser tuas set lever ke arah kanan untuk mengencangkan, ke kiri untuk mengendorkan. Untuk mengganti kunci socket, bisa langsung dilepas atau dipasang.

3. Kunci ratchet model tekan tombol

Model kunci ratchet 3

Untuk model ini, kita perlu menekan tombol dibelakang kunci ratchet saat ingin melepas atau memasang kunci socket. Jika tidak ditekan, maka akan sulit bagi kita untuk melepas atau memasang kunci socketnya, sedangkan untuk arah putaran sama dengan kedua model sebelumnya.

Baca juga :

Perhatian penting saat menggunakan kunci ratchet handle

  1. Gunakan ratchet handle untuk mempercepat proses buka atau pasang saja, hindari menggunakan kunci racthet handle untuk proses mengencangkan atau membuka untuk pertama kali. Terlebih jika baut atau mur tersebut memiliki momen pengencangan yang sangat kuat.
  2. Jangan pernah memukul gagang racthet dengan palu atau alat lainnya untuk mengindari kerusakan pada mekanisme ratchet.
  3. Gunakan racthet dengan ukuran yang sesuai dengan ukuran baut atau mur. Seperti misalnya untuk baut ukuran 17mm keatas, gunakan ratchet dengan drive square berukuran 1/2 inch atau lebih. Hindari menggunakan racthet ukuran kecil untuk membuka atau mengencangkan baut dengan ukuran besar, begitupula sebaliknya.

Demikianlah artikel tentang fungsi kunci ratchet handle dan cara menggunakannya yang bisa ombro sampaikan, semoga bisa bermanfaat.

Daftar isi
    SHARE