Macam-macam palu dan fungsinya - OMBRO

Macam-macam palu dan fungsinya

Palu merupakan alat /perkakas tangan yang digunakan untuk memberikan tumbukan pada sebuah benda sehingga terjadi tekanan. Secara umum, palu digunakan untuk memukul paku. Namun, jika anda berada di bengkel mobil, anda akan menemukan bermacam-macam jenis palu yang digunakan untuk bermacam-macam keperluan.

Oleh karena bengkel mobil ini bertujuan untuk memperbaiki, maka jenis-jenis palu yang digunakan juga beragam karena turut mempengaruhi hasil perbaikan yang dilakukan. Seperti misalnya jika perbaikan yang dilakukan berurusan dengan bodi penyok ringan, maka digunakan palu berbahan karet untuk mencegah cat yang ada pada permukaan bodi terkelupas dan rusak.

macam-macam palu dan fungsinya

Nah, pada artikel kali ini, ombro akan berbagi informasi alat bengkel tentang macam-macam palu dan fungsinya yang umum ada di bengkel-bengkel mobil. Simak artikel macam-macam palu dan fungsinya dibawah ini.


1. Palu konde (Ball peen hammer)


Palu konde - ball peen hammer

Palu konde juga dikenal dengan nama palu bulat, palu ini memiliki dua ujung dengan bentuk yang berbeda. Palu konde dibuat dari bahan besi baja campuran yang kuat dan tahan terhadap tumbukan. Bagian utama palu berbentuk tabung silinder dengan permukaan datar, sedangkan bagian lainnya dibentuk seperti bola.

Untuk bagian utama yang berbentuk tabung silinder dengan permukaan datar,umumnya digunakan untuk memukul benda kerja yang membutuhkan tingkat kepresisian dalam pukulan seperti untuk memukul paku, pin, atau pahat.

Untuk ujung lainnya yang berbentuk bulat seperti konde, umumnya digunakan untuk memukul benda kerja dengan area yang sempit serta kerap digunakan agar benda kerja bisa dibuat berbentuk cekung (seperti misalnya untuk mengakali tie rod end yang oblak).


2. Palu tembaga (Copper hammer)


Palu tembaga - copper hammer

Palu tembaga (Copper hammer) merupakan palu yang terbuat dari bahan tembaga. Palu ini memiliki tingkat kekerasan bahan yang lebih lunak dibanding dengan palu konde. Oleh karena itu, palu tembaga kerap digunakan untuk memukul benda-benda logam dengan tujuan agar tidak merusak benda kerja yang dipukul.


3. Palu karet (Rubber mallet hammer)


palu karet - rubber mallet hammer

Palu karet (Rubber mallet hammer) adalah palu yang pada bagian kepalanya dilapisi oleh karet tebal. Palu karet umumnya digunakan untuk pekerjaan yang berkaitan dengan bodi dan plat seperti untuk meratakan bodi yang penyok namun tanpa merusak cat pada permukaan bodi mobil.

Baca juga :


4. Palu plastik (Plastic hammer)


Palu plastik - Plastic hammer

Palu plastik (Plastic hammer) adalah palu yang pada bagian kepalanya dibuat dari bahan plastik. Palu plastik umumnya ringan dan bisa digunakan untuk meratakan benda yang lunak. Selain itu, palu plastik juga digunakan untuk memukul benda kerja yang membutuhkan pemukulan ringan sehingga tidak merusak benda kerja tersebut.


5. Palu godam (Sledge hammer)


Palu godam - Sledge hammer

Palu godam (Sledge hammer) merupakan palu yang terbuat dari bahan besi baja yang sangat kuat. Palu godam ini umumnya besar dan bergagang cukup panjang. Ada yang memiliki berat 5 kg dan ada juga yang beratnya 10 kg.

Palu godam digunakan untuk memukul benda-benda kerja yang membutuhkan tenaga pukul yang besar dan kuat seperti misalnya saat ingin melepas bearing roda yang macet atau saat ingin mengganti bushing yang rusak tanpa di press.

Palu Godam umum digunakan oleh bengkel-bengkel truk besar dimana setiap pekerjaan pada bagian chassis dan bodynya membutuhkan tenaga pukul yang besar.

Demikianlah artikel tentang macam-macam palu dan fungsinya yang bisa ombro sampaikan, semoga bisa bermanfaat.

Daftar isi
    SHARE