Penyebab ac mobil bau tidak sedap - OMBRO

Penyebab ac mobil bau tidak sedap

Peran ac mobil memang cukup penting dalam menjaga kenyamanan selama berkendara, terlebih untuk pengguna yang mengemudikan kendaraannya pada daerah-daerah bersuhu panas dengan kondisi lalu lintas yang padat. AC mobil yang berfungsi dengan baik dan normal pastinya membuat nyaman siapa saja di dalamnya.

Meskipun begitu, seiring waktu serta perawatan yang dilakukan pada ac mobil ini terkadang muncul permasalahan yang bisa dibilang sepele namun cukup mengganggu jika dibiarkan, seperti misalnya bau apek saat ac dinyalakan.

ac mobil bau

Ya permasalahan ac bau ini umumnya tidak menghilangkan suhu dingin yang dihembuskan dari kisi-kisi ac, namun bau yang tidak sedap inilah yang dapat menganggu konsentrasi pengemudi dan membuat seluruh penumpang menjadi tidak nyaman, pusing hingga mual-mual saat berada di dalam kendaraan tersebut.

Lantas apa saja yang menjadi penyebab ac mobil bau? Nah, pada artikel berikut ini, ombro akan berbagi info masalah mobil terkait ac mobil bau tidak sedap. Inilah penyebab ac mobil bau tidak sedap...


1. Evaporator AC kotor


Penyebab ac mobil bau tidak sedap yang pertama adalah akibat evaporator ac kotor. Evaporator ac merupakan tempat pembentukan udara dingin ac yang kemudian akan dihembuskan oleh blower ke seluruh saluran dan kisi-kisi ac. Saat evaporator ac bekerja, ia menjadi dingin dan lembab, bahkan terkadang mampu menghasilkan uap air dingin di badan evaporator.

Salah satu hal yang dapat menyebabkan evaporator ac kotor sehingga menimbulkan ac mobil bau tidak sedap adalah masuknya debu dan kotoran kedalam saluran ac sehingga menempel di badan evaporator ac. Berikut beberapa penyebab masuknya debu hingga menempel pada evaporator ac :
  • Tidak pernah melakukan perawatan, pembersihan dan penggantian filter AC kabin
  • Menyalakan ac dengan kondisi jendela terus terbuka
  • Membiarkan katup sirkulasi udara luar terus terbuka pada kondisi jalan yang sangat berdebu
  • Merokok di dalam mobil dengan kondisi ac menyala

Kondisi yang lembab dan dingin pada evaporator akan mengakibatkan debu dan kotoran semakin mudah menempel dibadan evaporator ac. Akibatnya, debu dan kotoran yang melekat tadi juga ikut menjadi lembab dan basah. Bahkan pada beberapa kondisi, kotoran yang menempel ini berubah menjadi berlendir dan lengket.

Banyaknya debu dan kotoran dengan kondisi basah dan berlendir yang melekat di evaporator inilah yang dapat menimbulkan bau tidak sedap, seperti contohnya bau asam atau bau apek seperti pakaian basah yang tidak kering-kering.


2. Ada kebocoran freon di evaporator ac


Penyebab ac mobil bau tidak sedap yang berikutnya adalah akibat adanya kebocoran freon ac dibagian evaporator. Getaran akibat pemasangan yang tidak kencang, retakan pada kisi-kisi evaporator, serta gesekan-gesekan pada bada evaporator akibat pelindungnya sudah menipis bisa menjadi penyebab freon ac bocor di area sekitar evaporator.

Saat blower ac dinyalakan, maka hembusan udara yang mengandung bocoran freon akan mengalir keluar melalui saluran dan kisi-kisi ac mobil. Oleh karena freon ac ini memiliki bau asam yang cukup khas, sehingga, ketika terjadi kebocoran di bagian evaporator ac, meskipun kondisi kebocorannya sangat halus, dapat menjadi penyebab ac mobil bau.

Baca juga :


3. Ada kotoran atau bangkai hewan kecil di sekitar evaporator


Penyebab ac mobil bau tidak sedap yang selanjutnya adalah akibat adanya kotoran atau bangkai hewan kecil seperti bangkai tikus kecil, cicak, ataupun kecoa yang mati di sekitar evaporator.

Ya, hewan-hewan kecil tersebut kerap masuk melalui lubang-lubang saluran udara luar dekat kaca depan yang memang terbuka hingga akhirnya terjebak dan mati dalam casing evaporator. Bangkai hewan yang mati ini tentunya akan menghasilkan bau yang tidak sedap.

Oleh karenanya, ketika blower ac mobil dinyalakan maka seluruh aroma dan bau yang terkumpul didalam casing evaporator ini akan mengalir keluar dan menimbulkan bau ac mobil yang tidak sedap.


4. Menggunakan parfum mobil yang kurang baik mutu dan kualitasnya


Penyebab ac mobil bau tidak sedap lainnya adalah akibat menggunakan parfum mobil yang kurang baik mutu dan kualitasnya. Ya, parfum mobil dibuat dari campuran bahan-bahan kimia, ada yang berbentuk cair ataupun berbentuk gel.

Bahan kimia pada parfum mobil ini lambat laun akan menguap berikut dengan kandungan kimia yang ada di dalamnya. Namun, tidak semua kandungan kimia dalam parfum mobil ini baik dan tidak menyisakan bau asam, terlebih pada parfum mobil yang kurang baik mutu dan kualitasnya.

Bahan-bahan yang digunakan dalam parfum mobil tersebut ada yang memiliki kadar asam yang berlebih sehingga ketika menguap, bahan tersebut ikut melekat diseluruh interior mobil seperti jok, dasboard serta plafon.

Saat ac bekerja, udara dalam kabin akan bersirkulasi. Saat inilah blower akan dan menghisap bau berikut debu dan kotoran yang dihasilkan dari parfum mobil tadi, akibatnya ac mobilpun juga menjadi bau.


5. Kualitas Insulation tape (lem dodol ac) yang buruk


Penyebab ac mobil bau tidak sedap yang terakhir ombro ketahui adalah dari penggunaan insulation tape (lem dodol ac) untuk evaporator yang memiliki kualitas rendah dan kurang baik, salah satu contohnya adalah bau pesing yang muncul akibat penggunaan lem dodol ac ini.

Insulation tape (lem dodol ac) ini memiliki fungsi yang cukup beragam yaitu untuk meredam panas pada pipa-pipa pendingin ac hingga digunakan untuk membantu masalah kondensasi yang kerap terjadi di evaporator. Namun, insulation tape yang memiliki kualitas rendah dan buruk, selain kurang baik dalam fungsinya, ia juga kerap menimbulkan bau tidak sedap pada ac mobil.

Oleh karenanya, gunakan selalu insulation tape (lem dodol ac) yang berkualitas baik dan bagus sehingga tidak menimbulkan bau pesing ketika ac mobil bekerja.

Daftar isi
    SHARE