Macam-macam fungsi towing bar - OMBRO

Macam-macam fungsi towing bar

Towing bar adalah aksesoris mobil yang dipasang menyatu dengan rangka kendaraan dan diletakkan pada bagian belakang kendaraan. Towing bar secara harfiah merupakan sebuah batang besi yang di gunakan sebagai tumpuan saat menderek (tow) kendaraan lain atau trailer.

Towing bar ini lebih lazim dan banyak digunakan oleh mobil-mobil jenis SUV. Namun seiring dengan trend dan manfaatnya, towing bar ini juga sudah banyak digunakan pada mobil-mobil ber jenis MPV dan low MPV seperti Mitsubishi Xpander atau Avanza Xenia.

Bentuk model dan macam towing bar ini sebenarnya cukup beragam, namun yang kini sedang trend adalah towing bar yang dimensinya memenuhi bagian bumper belakang dan dikenal dengan sebutan extended towing bar. Extended towing bar kini banyak menjadi pilihan karena memiliki kelebihan yang sangat multi fungsi.

fungsi towing bar

Apa saja fungsi towing bar model extended ini sehingga banyak dipilih sebagai salah satu aksesoris tambahan di mobil ? Nah, pada artikel berikut, ombro akan menginformasikan macam-macam fungsi towing bar pada kendaraan.


1. Titik tumpu pengait untuk menarik / menderek kendaraan


Fungsi towing bar yang pertama adalah sebagai titik tumpu pengait yang digunakan untuk menarik kendaraan atau trailer. Fungsi ini merupakan fungsi utama dari adanya towing bar. Pada beberapa kendaraan, pemasangan towing bar kerap menghilangkan towing hook bawaan pabrik yang menempel di rangka / chassis kendaraan.

Oleh karenanya, towing bar ini harus dipasang erat dan kuat di bagian rangka/ chassis kendaraan mengingat fungsinya yang akan digunakan sebagai tumpuan untuk menarik beban hingga lebih dari 1 ton.

Bagian towing bar yang digunakan sebagai titik tumpu untuk menarik ini biasanya terdapat sebuah besi berbentuk bola yang bisa digunakan sebagai pengait. Dengan begitu, maka towing strap (tali untuk menderek) bisa dikaitkan pada bagian bola tersebut.


2. Pelindung bumper belakang dari benturan ringan


Fungsi towing bar yang selanjutnya adalah sebagai pelindung bumper belakang dari benturan ringan sehingga bumper tidak rusak dan penyok. Fungsi yang satu ini juga menjadi magnet yang cukup menarik bagi pemilik kendaraan, khususnya untuk wilayah-wilayah yang area jalannya macet dan padat.

Ya, rutinitas mengemudi di area jalanan yang macet dan padat merayap meningkatkan resiko benturan pada bumper belakang. Tak jarang bumper menjadi penyok dan lecet-lecet akibat benturan dengan kendaraan lain.

Benturan dan penyok yang terjadi pada bumper belakang ini tak hanya membuat kita kesal karena untuk memperbaikinya membutuhkan waktu yang tidak sebentar, namun juga membuat tampilan mobil menjadi tidak lagi enak dipandang.

Dengan adanya towing bar yang terpasang, resiko bumper penyok pun bisa berkurang karena terlindung oleh towing bar tersebut.

Baca juga :


3. Sebagai dudukan rak sepeda (bike rack)


Fungsi towing bar selajutnya adalah sebagai dudukan rak sepeda (bike rack). Ya, saat ini, towing bar juga bisa di kombinasikan dengan rak sepeda. Model ini banyak diminati oleh pemilik kendaraan yang gemar bersepeda santai, selain pemasangannya yang juga gampang, towing bar ini juga bisa dimuat untuk menopang beberapa sepeda.


4. Meningkatkan tampilan mobil menjadi semakin tangguh


Funsgi towing bar yang terakhir adalah kemampuannya untuk meningkatkan tampilan mobil menjadi lebih tangguh khususnya jika dilihat dari sisi bagian belakang mobil.

Ya, towing bar secara langsung akan memberikan kesan mobil tangguh karena aksesoris mobil ini lebih banyak digunakan pada mobil-mobil kelas SUV yang terkenal tangguh bahkan untuk melibas medan offroad sekalipun. Kesan inilah yang kerap terbawa meskipun towing bar yang digunakan dipasang pada mobil berkelas low MPV

Demikianlah artikel tentang macam-macam fungsi towing bar jenis extended yang bisa ombro sampaikan, semoga bisa bermanfaat.

Daftar isi
    SHARE