Penyebab mesin mobil bergetar saat start awal - OMBRO

Penyebab mesin mobil bergetar saat start awal

Adakalanya kita akan menemukan kondisi mesin mobil bergetar saat start awal. Getaran yang terjadi ini bahkan terasa sangat kuat hingga membuat bodi mobil terlihat berguncang.


Jika getaran yang terjadi hanya sebentar dan tidak berlangsung lama, bisa jadi ini adalah kondisi normal, namun apabila setiap di lakukan starter mesin, getaran yang muncul terjadi terus menerus, ini pertanda ada masalah yang sebaiknya perlu segera diperbaiki untuk mencegah kerusakan yang lebih parah.

penyebab mesin mobil bergetar saat start awal

Memang, masalah mesin mobil bergetar saat start awal ini umumnya hanya ditemukan pada mobil-mobil yang sudah berumur, namun tak menutup kemungkinan , mobil-mobil jenis terbarupun bisa mengalami hal yang sama.

Lantas apa saja yang menjadi penyebab mesin mobil bergetar saat start awal ini ? Simak informasi dibawah berikut tentang apa saja yang menjadi penyebab mesin mobil bergetar saat start awal.


1. Engine mounting rusak


Penyebab mesin mobil bergetar saat start awal yang paling sering banyak terjadi adalah akibat engine mounting (dudukan mesin) sudah lemah, pecah,ataupun rusak. Engine mounting berfungsi untuk menopang mesin agar duduk pada rangka (chassis) mobil sekaligus berperan untuk meredam getaran-getaran yang terjadi di mesin selama mesin beroperasi.

Saat mesin mobil distarter, maka akan terjadi putaran awal pada seluruh komponen mesin. Putaran ini akan membangkitkan fluktuasi dan getaran-getaran ke seluruh mesin. Disaat yang sama terjadi pula efek menahan dari bodi mobil.

Ketika engine mounting rusak. maka getaran yang terjadi saat mesin distarter ini tidak lagi diredam. Akibatnya seluruh getaran yang keluar dari mesin akan langsung disalurkan keseluruh bodi mobil.

Bahkan pada beberapa tipe mobil, saat start awal ini juga kerap muncul bunyi kasar gluduk-gluduk seperti besi beradu. Nah kondisi inilah yang menyebabkan mesin mobil bergetar saat start awal.


2. Busi Aus,lemah atau mati sebagian


Penyebab mesin mobil bergetar saat start awal yang berikutnya sering terjadi adalah akibat busi aus, lemah atau bahkan mati pada sebagian silinder mesin. Umumnya, busi jenis non-iridum/ platinum (busi biasa) diganti setiap 10.000km. Lebih dari itu umumnya busi sudah menunjukkan gejala aus dan lemah.

Busi yang aus menyebabkan percikan api yang dihasilkan di ruang bakar menjadi terlalu kecil dan tidak maksimal, bahkan ada pula yang tidak memercikan api sama sekali. Hal ini menyebabkan silinder mesin tersebut tidak dapat menghasilkan tenaga akibat tidak terjadi pembakaran pada campuran udara dan bahan bakar yang telah di kompresi.

Kondisi ini kerap di kenal dengan sebutan "mesin pincang" atau "stunting", sehingga akan menyebakan mesin menjadi bergetar saat start awal. Kondisi ini juga bisa membuat asap yang keluar dari knalpot menimbulkan bau menyengat akibat adanya campuran udara dan bahan bakar yang tidak terbakar didalam ruang bakar mesin.

Baca juga :


3. Asupan bahan bakar tidak lancar


Penyebab mesin mobil bergetar saat start awal yang selanjutnya adalah asupan bahan bakar yang tidak lancar kedalam silinder mesin, diantaranya adalah saringan bahan bakar tersumbat dan injektor kotor.

Injektor yang kotor dan menyebabkan bahan bakar yang di injeksikan kedalam ruang bakar menjadi tidak sempurna baik bentuk spray aaupun durasi waktu bahan bakar yang di injeksikan. Akibatnya campuran bahan bakar dan udara menjadi tidak sesuai sehingga mesin menjadi bergetar pada statr awal.


4. Kompresi mesin yang sudah terlalu rendah


Penyebab mesin mobil bergetar saat start awal yang selanjutnya ombro ketahui adalah rendahnya kompresi mesin. Ya, kompresi sangat berpengaruh terhadap tenaga dan daya mesin yang dihasilkan ketika mesin bekerja.

Kompresi yang rendah bisa diakibatkan oleh banyak hal seperti contohnya ring piston aus, dinding silinder aus atau terjadi cacat pada valve/katup yang mengakibatkan terjadinya kebocoran kompresi.

Kondisi kompresi yang rendah ini jelas akan membuat pembakaran menjadi tidak sempurna, tenaga mesin yang dihasilkan menurun bahkan muncul ketidak seimbangan putaran mesin yang mengakibatkan mesin mobil bergetar saat start awal.

Daftar isi
    SHARE