Jenis-jenis semir ban berdasarkan bentuk dan cara penggunaannya - OMBRO

Jenis-jenis semir ban berdasarkan bentuk dan cara penggunaannya

Salah satu penunjang tampilan mobil agar selalu terlihat bersih dan kinclong ternyata juga dipengaruhi oleh tampilan ban mobil yang bersih, mengkilap, dan tampak seperti baru meskipun itu adalah ban yang sudah lama dipakai.

Satu-satunya cara untuk membuat tampilan ban mobil selalu mengkilap, bersih dan tampak seperti baru adalah dengan menggunakan semir ban.

jenis-jenis semir ban dan cara penggunaannya

Ya, semir ban menjadi solusi ampuh untuk memberikan tampilan mobil yang maksimal setelah poles pada bodi mobil.

Saat ini tedapat 3 jenis semir ban yang digolongkan berdasarkan cara penggunannya. Masing-masing jenis semir ban ini memiliki tingkat ke praktisan dalam penggunaannya sehingga menentukan tingkat efisiensi waktu yang dibuthkan dalam perawatan ban mobil.

Berikut adalah jenis semir ban berdasarkan bentuk dan cara penggunaannya


1. Semir Ban Jenis Cair


Semir ban jenis cair

Semir ban cair adalah semir ban yang berbentuk cairan, dan mayoritas kandungan cairannya menggunakan bahan dasar silikon dengan beragam campuran guna memaksimalkan efek kilap yang dihasilkan.

Namun tak jarang, setelah penggunaan semir jenis ini pada ban, semir ban cair akan lebih terasa lengket dan berminyak.

Ya, semir ban ban cair lebih menonjolkan efek kilap pada ban sehingga ban benar-benar terlihat mengkilap dan lebih hitam. Untuk penggunaan, semir ban cair ini terbilang tidak terlalu susah. Umumnya menggunakan kuas yang dicelupkan ke cairan semir ban lalu di usapkan secara merata ke seluruh permukaan ban.


2. Semir Ban Jenis Foam (Busa)


Semir ban jenis foam

Semir Ban Foam (Busa) adalah semir ban yang berbentuk foam (busa). Umumnya semir ban model foam ini dikemas dalam bentuk kaleng aerosol sehingga lebih praktis dan mudah dalam penggunaannya.

Semir ban mobil jenis foam ini lebih bersifat membersihkan namun juga tetap mengilapkan permukaan ban karena juga mengandung silikon. Meskipun begitu, jumlah silikon yang digunakan pada semir ban model foam ini umumnya terbilang lebih sedikit dibanding dengan semir ban cair.

Untuk menggunakan semir ban mobil jenis foam ini kita hanya perlu mengocok kaleng aerosol semir ban tersebut kemudian menyemprotkan busa semir ban kearah permukaan ban yang akan disemir.

Semir ban mobil jenis foam ini terbilang yang paling praktis dalam penggunaannya, cukup semprotkan foam semir ban secara merata pada seluruh permukaan ban kemudian tunggu hingga busa tersebut mengering.

Baca juga :


3. Semir Ban Jenis Wax


Semir ban jenis wax

Semir Ban Jenis Wax adalh semir ban yang berbentuk seperti wax. Semir ban jenis wax ini diangap lebih maksimal dalam perawatan ban karena dianggap lebih mampu untuk menjaga elastisitas karet ban mobil dibanding dengan dua jenis semir ban lainnya.

Karena termasuk jenis semir ban non silikon, semir ban jenis wax ini tidak terlalu menonjolkan kilap pada permukaan ban. meskipun semir ban jenis wax ini juga bisa mengilapkan, namun kilap yang dihasilkan semir ban jenis wax ini tidak semengkilap semir ban yang mengandung silikon.

Untuk penggunaan semir ban jenis wax ini juga terbilang cukup mudah karena umumnya semir ban jenis wax ini dijual sepaket dengan sponsnya.

Caranya penggunaannya cukup dengan menuang semir ban / menempelkan spons ke wax lalu gosokkan pada seluruh permukaan ban hingga merata dan bersih.

Daftar isi
    SHARE