Tips memilih semir ban yang bagus - OMBRO

Tips memilih semir ban yang bagus

Mencuci mobil dan membuatnya tampil kinclong tidaklah lengkap tanpa memberikan sentuhan bersih dan kilap pada ban mobil. Pilihan terbaik untuk memberikan sentuhan bersih dan kilap pada ban mobil adalah dengan menggunakan semir ban.

Ya, selain meningkatkan tampilan mobil menjadi lebih bersih, semir ban juga berfungsi sebagai salah satu cara untuk merawat kondisi ban mobil anda. Namun begitu, agar perawatan ban dengan menggunakan semir ban ini tetaplah optimal, pemilihan semir ban yang bagus dan tepat juga harus menjadi prioritas utama.

tips memilih semir ban yang bagus

Hindari menggunakan semir ban secara sembarangan yang kemungkinan dapat mengandung zat-zat kimia yang sifatnya keras dan dapat merusak kompon ban mobil anda. Kesalahan dalam memilih semir ban dan menggunakannya dalam waktu lama bisa mengakibatkan cepatnya masa pakai ban dari yang seharusnya.

Ban bisa kehilangan daya elastisnya sehingga menjadi keras, bahkan tampilannya bisa menjadi retak-retak dan akan berbahaya jika terus digunakan.

Nah, pada artikel kali ni , ombro akan berbagi tips dalam memilih semir ban yang sebaiknya digunakan. simak tips memilih semir ban yang bagus dibawah ini.


1. Gunakan semir ban dengan merek yang sudah terkenal


Tips pertama dalam memilih semir ban yang bagus adalah dengan memilih semir ban yang mereknya sudah terkenal dan memiliki rating pengguna dari konsumen yang sangat baik. Hal ini diperlukan karena pada saat ini cukup banyak ragam semir ban yang dijual di pasaran.

Mulai dari yang bermerek dan terkenal hingga semir ban literan yang polos dan tidak bermerek. Bahkan, kini juga sudah banyak ditemukan tutorial membuat semir ban sendiri yang jumlah campuran kandungan bahannya belum teruji, sehingga sangat memungkinkan akan memberikan efek yang buruk untuk ban.

Meskipun bukan jaminan, memilih semir ban berdasarkan merek yang sudah terkenal dapat meminimalisir efek buruk yang dihasilkan dari penggunaan semir ban untuk jangka waktu yang lama.


2. Pilih semir ban yang tidak terlalu banyak mengandung silikon


Tips kedua dalam memilih semir ban yang bagus adalah dengan memilih semir ban yang tidak terlalu banyak mengandung silikon. Seperti yang kita ketahui bahwa sebagian besar semir ban banyak mengandung silikon sebagai bahan dasarnya.

Silikon yang digunakan pada semir ban ini juga terbagi dua, jenis silicone solvent base (silikon dengan dasar pelarut) dan jenis silicone water base (silikon dengan bahan dasar air).

Semir ban yang menggunakan jenis silicone water base diketahui lebih ramah terhadap ban yang berbahan dasar karet, sedangkan untuk silicone solvent base dapat menimbulkan efek yang cukup merugikan jika dipakai terlalu sering dan digunakan dalam waktu yang cukup lama.

Umumnya semir ban yang banyak mengandung silikon ini dikemas dalam bentuk cairan dan dijual dalam jumlah besar dengan harga yang murah. Berikut beberapa acuan yang diketahui jika semir ban mengandung banyak silikon

  • Efek yang dihasilkan lebih mengkilap dibanding model semir ban lainnya.
  • Memiliki karakter berminyak dan cenderung lengket
  • Lebih menekankan daya kilap dibanding membersihkan (cleaner)

Memang, semir ban yang mengandung lebih banyak silikon lebih cepat untuk memberikan efek mengkilap setelah proses semir ban selesai dilakukan, namun ini hanya cocok digunakan untuk pemakaian jangka pendek yang sifatnya sementara.

Apabila digunakan terlalu sering dan dalam tempo waktu yang cukup lama, semir ban yang mengandung bahan silikon terlalu banyak dapat menimbulkan getas sehingga karet ban berpotensi menjadi keras dan retak-retak.

Baca juga :


3. Gunakan semir ban jenis foam bagi yang mengutamakan ke "praktis" an


Bagi yang mengutamakan kepraktisan dan kemudahan dalam pemakaian semir ban, semir ban jenis foam adalah pilihan yang paling cocok. Semir ban jenis foam ini umumnya dikemas dalam kaleng aerosol yang berisi gas bertekanan.

Cukup dengan menekan katup spray di kepala kaleng aerosol tersebut maka semir ban berbentuk foam (busa) akan menyembur keluar. Anda cukup mengarahkan lubang semprotan ke permukaan ban yang akan disemir.

Setelah foam semir ban disemprotkan secara merata di seluruh permukaan ban, maka kita hanya tinggal menunggu waktu sekurang-kurangnya 10 hingga 15 menit saja, dan ban sudah tampak bersih dan mengkilap.


4. Gunakan semir ban jenis wax bagi yang mengutamakan perawatan ban


Sedangkan bagi yang mengutamakan perawatan dan kebersihan pada ban, semir ban jenis wax adalah pilihan yang paling tepat.

Meskipun daya kilap yang dihasilkan oleh semir ban jenis wax ini tidaklah semengkilap semir ban jenis foam ataupun cair, namun dalam hal perawatan semir ban jenis wax ini dianggap lebih unggul dibanding kedua jenis semir ban lainnya.

Semir ban jenis wax ini memiliki beberapa keunggulan dalam hal perawatan karena wax lebih mampu menjaga elastisitas karet ban sehingga lebih ramah lingkungan dan cocok untuk penggunaan dalam jangka waktu lama. Selain memberikan perawatan, semir ban mobil ini juga memiliki efek untuk membersihkan ban mobil.

Daftar isi
    SHARE