6 Tips dan perawatan body mobil agar tetap bersih dan mengkilap - OMBRO

6 Tips dan perawatan body mobil agar tetap bersih dan mengkilap

Memiliki body mobil yang warnanya selalu tampak cerah dan mengkilap menjadi dambaan bagi seluruh pemilik mobil pada umumnya. Tampilan mobil yang mengkilap, bersih, selain nyaman dipandang juga akan memberikan efek percaya diri bagi siapapun yang mengemudikan kendaraan tersebut.

Namun begitu, merawat body mobil agar selalu tampak bersih dan mengkilap bukan perkara mudah. Panas terik matahari, debu, hujan, lumpur bahkan cipratan aspal sangat mudah menempel dan mengenai permukaan cat mobil.

perawatan body mobil

Semua hal-hal tersebut bisa dengan mudah merubah kondisi warna cat mobil sehingga mobil menjadi tampak kusam, kotor dan terlihat kumuh. Oleh karenanya, kebersihan dan perawatan body mobil wajib dilakukan guna menjaga warna bodi mopbil tetap bersih dan mengkilap.

Nah, pada artikel kali ini, ombro akan berbagi tips perawatan body mobil agar tetap bersih dan selalu tampak mengkilap.


1. Cuci mobil ditempat teduh


Perawatan body mobil yang pertama agar tetap bersih dan mengkilap adalah dengan memperhatikan kondisi dan situasi saat mencuci mobil. Ya, mencuci mobil merupakan hal rutin yang pasti dilakukan pada periode dan waktu tertentu.

Saat mencuci mobil sebaiknya hindari tempat cuci yang terbuka dan langsung terpapar oleh sinar matahari. Mencuci mobil dibawah terik sinar matahari secara langsung akan mempengaruhi hasil pencucian dan sangat berdampak pada cat mobil.

Terik matahari dapat membuat permukaan body mobil anda menjadi panas, dan saat air membasahi permukaan tersebut, air akan cepat mengering dan meninggalkan kerak yang bisa menjadi sarang jamur.

Oleh karenanya cuci mobil di tempat yang teduh dengan atap atau jika terpaksa, lakukan pencucian mobil saat pagi hari sebelum matahari terlalu panas atau saat sore hari sebelum matahari terbenam.


2. Semprot air terlebih dahulu ke seluruh body mobil


Saat mencuci mobil , sebelum sobat menggosoknya dengan kain lap, sebaiknya semprot dengan air terlebih dahulu seluruh body mobil. Air yang mengalir dan disemprotkan ke body mobil, akan membuang partikel-partikel debu yang menempel di body mobil yang jika langsung digosok dengan kain lap dapat merusak permukaan cat mobil saat di gosok.

Selain itu, air yang di semprotkan ini juga akan mempermudah dalam melakukan pembersihan. Air akan melunakkan kotoran-kotoran berupa lumpur dan tanah kering yang menempel di body mobil. Sehingga proses membersihakn tanah dan lumpur yang menempel juga semakin mudah.

Baca juga :


3. Gunakan sabun khusus cuci mobil


Saat mencuci mobil, gunakan sabun khusus cuci mobil yang memiliki kandungan kimia ramah terhadap permukaan cat dan body mobil. Hindari menggunakan detergent pencuci pakaian, atau sabun pencuci piring karena sangat berbeda peruntukannya.

Bahan detergent pada sabun pencuci pakaian dapat mengakibatkan flek dan kerak yang akan mempermudah tumbuhnya jamur. Selain itu, partikelnya yang kasar sangat mudah menggores permukaan cat mobil sehingga lambat laun cat mobil akan tergores dan cepat kusam.


4. Jangan biarkan mobil basah ditutup dengan sarung mobil


Sesaat setelah mencuci mobil, selalu biasakan untuk segera membersihkan sisa-sisa air yang menempel pada permukaan body dengan segera dan hindarkan untuk menutup langsung dengan sarung mobil.

Tunggulah beberapa waktu hingga air di seluruh permukaan cat body mobil sudah benar-benar kering sebelum sobat menutupnya dengan cover / sarung mobil. Sisa air yang tidak segera kering justru akan meninggalkan noda air pada body.


5. Hindari pemakaian compound berlebihan


Compound secara langsung memang bisa membersihkan permukaan cat mobil yang terlihat baret atau tergores sedikit. Permukaan cat akan tampak bersih dan baret menjadi samar. Namun, menggunakan compound terlalu berlebihan, lambat laun akan mengikis permukaan cat.

Apalagi jika digunakan secara asal, misalnya hanya pada area tertentu saja, maka hal ini juga bisa menimbulkan warna yang belang pada permukaan cat mobil. Hindari terlalu sering menggunakan compound untuk mencegah penipisan permukaan cat mobil.


6. Berikan perawatan khusus pada cat dan body mobil


Sesekali berikan perawatan khusus pada cat dan body mobil sobat untuk menyegarkan kembali wana body seperti misalnya melakukan perawatan dengan nano ceramic coating. Nano ceramic coating dapat mengembalikan kecerahan warna body mobil yang kusam sekaligus memberikan perlindungan tambahan terhdap luka gores dan baret-baret halus pada body mobil.

Daftar isi
    SHARE