Nano burn coating, solusi ampuh kilapkan mika headlamp yang kusam. - OMBRO

Nano burn coating, solusi ampuh kilapkan mika headlamp yang kusam.

Ngga pede melaju dengan tampilan headlamp mobil yang kusam dan menguning ? Well, kini ada lho solusi ampuh kilapkan mika headlamp yang kusam agar kembali kinclong dan bening kembali seperti semula, namanya nano burn coating.

Nano burn coating ini adalah teknik merestorasi mika headlamp dengan memberikan lapisan nano pada permukaan mika headlamp, yang tentunya setelah melalui proses pembersihan dan dilakukan dengan metode penguapan cairan nano yang dihembuskan ke permukaan mika headlamp.

nano burn coating

Nano burn coating ini mampu mengkilapkan kembali mika headlamp yang kusam dan menguning dalam waktu hitungan menit saja meskipun proses persiapan dan lain-lainnya membutuhkan waktu setidaknya 3-4 jam, tergantung dari tingkat kesulitan headlamp yang terpasang pada kendaraan.


Proses Nano Burn Coating


Nano burn coating ini memiliki beberapa tahapan dan proses kerja. Sebagai persiapan, bagian bodi di sekeliling headlamp di tutup dengan isolasi atau lakban untuk melindungi cat dari proses pengampelasan.

Ya, permukaan mika headlamp yang menguning akan diampelas terlebih dahulu menggunakan beberapa jenis ampelas, mulai dari ukuran 800, 1.200, dan diakhiri dengan ukuran amplas ukuran 2.000.

Pengampelasan ini bertujuan untuk menghilangkan baret-baret dan retak-retak halus yang tampak pada permukaan mika, dengan catatan : retak halusnya tidak parah. Proses pengampelasan ini juga kerap menggunakan air sehingga setelah mika headlamp diampelas, maka perlu dilakukan proses pengeringan.

Setelah proses pengampelasan dan pengeringan selesai, langkah selanjutnya yang dilakukan pada proses nano burn coating ini adalah dengan menggunakan mesin khusus nano burn coating . Alat khusus ini akan menghasilkan semburan uap panas nano coating yang dikit demi sedikit di hembuskan ke seluruh permukaan mika headlamp.

Pada proses ini akan terlihat cairan yang keluar dari alat khusus tersebut perlahan akan mengubah permukaan mika headlamp yang buram dan menguning, seketika berubah menjadi bening dan mengkilap.

Proses pengerjaan semua tahap untuk me-nano burn coating mika headlamp ini terbilang cukup cepat, namun sangat tergantung pada kondisi lampu headlamp yang ada. Jika kondisi headlamp tidak terlalu parah, proses pengerjaan bisa dilakukan selama 1-2 jam saja, namun jika terbilang parah, maka bisa menghabiskan waktu setidaknya 3-4 jam.

Baca juga :


Biaya Nano Burn Coating


Biaya yang perlu dikeluarkan untuk mengkilapkan lagi mika headlamp ini cukup bervariasi. Diperkirakan untuk melakukan nano burn coating pada mika headlamp kendaraan jepang berkisar di angka 500 ribuan, sedangkan untuk kendaraan eropa berkisar di angka 800 ribuan.

Oiya, sebagai tambahan, nano burn coating ini hanya bisa dilakukan pada headlamp yang menggunakan jenis mika / akrilik saja. Untuk permukaan headlamp yang menggunakan jenis kaca, maka proses burn nano coating ini tidak bisa dilakukan.

Bagaimana? Tertarik untuk memulihkan kembali kilap permukaan mika headlamp yang menguning dan kusam ?

Daftar isi
    SHARE