Cara memasang aki mobil yang benar dan aman - OMBRO

Cara memasang aki mobil yang benar dan aman

Memasang aki mobil memang terlihat gampang dan mudah untuk dilakukan. Namun begitu, untuk memasang aki mobil ini ada tata cara dan urutan yang benar untuk menghindari kerugian yang bisa terjadi akibat kesalahan memasang aki mobil.

Cukup banyak akibat yang bisa ditimbulkan karena cara memasang aki mobil tidak dilakukan dengan benar, seperti misalnya korslet (short) pada Engine Control Unit (ECU) akibat polaritas kutub aki yang terbalik. Sekring alternator putus akibat short circut karena kunci ring yang digunakan menyentuh kutub aki lainnya, kepala aki rusak dan tidak bisa dikencangkan, bahkan aki mobil yang pecah akibat short teralu lama di aki.

cara memasang aki mobil

Oleh karena itu kita perlu mengikuti urutan dan cara memasang aki mobil yang benar dan aman. Namun sebelumnya kita perlu memperhatikan kondisi aki yang akan dipasang seperti contohnya:
  • Besar kecilnya ukuran aki yang dipasang sudah sesuai
  • Letak dan posisi kutub aki dengan posisi kabel di mobil sudah sesuai dan pas saat dipasang
  • Jika aki basah, pastikan tutup air aki sudah terpasang rapat dan kencang
  • Siapkan alat-alat untuk memasang aki mobil

Setidaknya dibutuhkan kunci pas ukuran 10 atau 12 mm dan kunci ring dengan ukuran yang sama untuk memastikan bahwa baut dan mur kepala aki bisa terpasang dengan kencang

Setelah alat-alat siap dan kondisi aki beserta ukurannya sudah benar dicek dan siap pasang, berikut adalah cara memasang aki mobil yang benar dan aman.


1. Angkat dan masukkan aki mobil ke tempat aki dalam ruang mesin


Pastikan kondisi kabel-kabel di tempat aki dalam ruang mesin tidak menghalangi proses pemasangan aki mobl. Singkiran ke sisi sekitarnya agar tidak terjepit oleh bodi aki mobil. Setelah aman, angkat aki mobil dengan posisi yang benar (tidak terbalik), dan usahakan posisi aki tidak sampai membuat air aki didalamnya tumpah.

Masukan aki mobil pada posisi yang benar dimana nantinya kabel positif dan negatif di mobil posisinya tidak tertukar yang bisa menyulitkan saat pemasangan.


2. Pasang Bracket pengikat aki mobil dan kencangkan


Pasang bracket pengikat aki mobil pada kedua sisi aki mobil terlebih dahulu. Pada tempat aki di mobil, biasanya sudah ada tempat untuk memasang besi pengikat ke bodi mobil. Pasang terlebih dahulu bracket tersebut lalu kencang kan secukupnya. Gunakan kunci yang pas sesuai dengan mur yang ada pada besi pengikat.

Baca juga :


3. Pasang kabel Plus (Positif) mobil berwarna merah


Pasanglah kabel plus (positif) ke terminal positif aki mobil. Kabel plus pada mobil ini biasanya ditandai dengan warna merah baik pada kabelnya atau pada tutup karetnya.

Perhatikan posisi kepala terminal kabel yang dipasang ke terminal aki mobil. Usahakan posisi terminal masuk dan menutupi seluruh bagian terminal kutub positif aki mobil. Setelah masuk dan pas, kencangkan dengan kunci 10. Pastikan terminal kabel terpasang dengan kuat dan tidak kendor pada kepala aki.

Hindari memasang kabel aki dengan cara memukul terminal aki gar dapat masuk ke kutub aki. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan elemen dialam aki yang dekat dengan kutub positif tersebut. Selain itu, memasang kabel positif terlebih dahulu akan menghindari korslet yang bisa muncul akibat kunci pas yang digunakan menyentuh bracket pengikat dan bodi mobil.


4. Pasang kabel Minus (Negatif) Mobil berwarna hitam


Pasang kabel minus (Negatif) aki mobil yang berwarna hitam ke kutub terminal aki negatif. Lakukan pemasangan dengan hati-hati dan tidak memukul kepala aki untuk memasukkan terminal kabel aki.

Gunakan kunci 10 atau sesuai ukuran untuk mengencangkan kabel negatif aki tersebut. Pastikan terminal aki terpasang kencang dan tidak kendor. Perhatikan langkahnya pada gabmbar cara memasang aki mobil dibawah ini

cara memasang aki mobil


5. Periksa kembali kondisi pengencangan dan rapihkan peralatan


Langkah terakhir dari cara memasang aki mobil yang benar aalah dengan memeriksa kembali kondisi pemasangan aki mobil, mulai dari kondisi kabel-kabel sekitar aki (agar kabel tidak ada yang terjepit), hingga kekencangan baut terminal kepala aki.

Demikianlah artikel tentang cara memasang aki mobil yang benar dan aman yang bisa ombro sampaikan, semoga bisa bermanfaat.

Daftar isi
    SHARE