Cara Melepas Aki Mobil - OMBRO

Cara Melepas Aki Mobil

Meskipun terdengar mudah dan remeh, melepas aki mobil sebaiknya dilakukan dengan cara dan urutan melepas aki yang benar. Kesalahan dalam proses pelepasan aki dari mobil bisa memberikan efek merugikan seperti short (konslet), air aki tumpah, ataupun terjadi kerusakan pada komponen kelistrikan mobil lainnya.

Perlu di ketahui bahwa aki yang short dalam waktu yang cukup lama, bisa membuat aki tersebut meledak. Hal seperti inilah yang harus di hindari ketika kita melepas aki mobil.

Cara Melepas Aki Mobil

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk selalu memperhatikan langkah-langkah dan cara melepas aki mobil yang benar apabila kita tetap ingin melepas aki mobil sendiri. Berikut langkah-langkah dan cara melepas aki mobil yang aman dan benar.


1. Siapkan Alat-alat untuk melepas aki

Untuk melepas aki mobil, kita membutuhkan beberapa perkakas bengkel seperti contohnya kunci pas no 10, no 12, obeng minus, tang, serta beberapa perkakas lain jika dibutuhkan.

Selain itu, sebaiknya buka pintu mobil Anda dan lepas kunci kontak mobilnya untuk menghindari pintu terkunci dengan sendirinya saat melepas atau memasang aki mobil.


2. Lepas Terminal Minus (negatif) Aki

Perhatikan pada kabel yang berwarna hitam dan bertanda minus. Tanda minus / warna hitam menandakan bahwa kabel tersebut adalah kabel negatif aki.

Gunakan kunci pas 10 (atau yang sesuai) untuk melepas terminal minus/negatif aki. Langkah ini merupakan langkah pencegahan pertama agar terhindar dari short (konslet) baik untuk komponen kelistrikan mobil ataupun pada aki itu sendiri.

Lepaskan kabel terminal negatif aki dan jauhi dari kepala negatif aki. Pastikan kabel terminal negatif ini aman dan tidak mudah kembali menempel ke kepala negatif aki.


3. Lepas Terminal Plus (Positif) Aki

Setelah kabel terminal negatif aki terlepas dan dalam posisi aman, lanjutkan dengan melepas kabel terminal positif aki dari kepala positif aki.  Kabel positif aki ditandai dengan kabel yang berwarna merah dengan tanda plus. Lepaskan kabel plus tersebut.

Tetap lakukan pelepasan terminal positif ini dengan hati-hati meskipun kabel minus aki sudah dilepas. Amankan kembali kabel terminal positif agar tidak kembali menyentuh kepala positif aki.


4. Lepas Bracket Pengikat Aki

Setelah kedua terminal kepala aki terlepas, lanjutkan dengan melepas bracket pengikat bodi aki. Bracket ini mengikat bodi aki dengan rangka mobil agar tetap kencang, tidak mudah bergerak yang bisa menyebabkan air aki tumpah dan lain-lain.

Untuk melepasnya, bracket ini ada yang menggunakan kunci 10, ada juga yang menggunakan kunci 12 (sesuaikan dengan ukuran mur pengikatnya).

Cara Melepas Aki Mobil

Baca juga :



5. Angkat dan keluarkan aki dari ruang mesin

Setelah terminal aki terlepas, bracket pengikat terlepas, kini saatnya Anda melepas aki dari mobil. Keluarkan dan angkat dengan posisi tegak agar air aki tidak tumpah dan merusak bodi mobil.


Info tambahan
Untuk memasang kembali aki mobil, lakukan dengan urutan terbalik dari cara melepas aki yaitu pasang aki ke mobil, pasang bracket pengikat aki, pasang dan kencangkan terminal positif aki, pasang dan kencangkan terminal negatif aki, rapihkan alat-alat melepas aki mobil, selesai.

Seain itu, perlu diperhatikan juga bahwa ada beberapa tipe mobil yang memerlukan reset ECU setelah melepas aki mobil. Sebaiknya baca buku panduan perawatan mobil atau tanyakan terlebih dahulu pada mekanik kepercayaan Anda.
Daftar isi
    SHARE