Cara cek koil mobil injeksi paling mudah - OMBRO

Cara cek koil mobil injeksi paling mudah

Koil (ignition coil) pada mobil injeksi berfungsi untuk menyalurkan listrik bertegangan tinggi yang dihasilkan secondary coil atas perintah ECU menuju ke busi untuk dikonversi menjadi lompatan percikan bunga api.

Koil yang bisa bekerja dan berfungsi dengan baik, akan mempermudah proses penyalaan mesin saat pertama distarter dan memberikan kestabilan putaran mesin selama mesin berputar.

Namun begitu, ada kalanya koil mobil ini rusak dan tidak dapat berfungsi dengan baik sehingga busi tidak dapat memercikan api di dalam silinder mesin sehingga membuat mesin tidak dapat hidup meskipun mesin sudah distarter berkali-kali. Lantas bagaimana caranya mengecek koil mobil injeksi ini ?

cara cek koil mobil injeksi 1

Nah, pada artikel berikut ini ombro akan membagikan cara cek koil mobil injeksi paling mudah yang ombro ketahui, namun ada baiknya jika kita mempersiapkan beberapa alat dibawah berikut ini sebelum mengecek koil mobil injeksi
  • Siapkan 1 buah busi berkondisi bagus (bisa berfungsi normal) yang setipe dengan busi pada mobil anda. Jika tidak ada sobat perlu melepas salah satu busi yang terpasang di mobil.
  • Kunci-kunci untuk membuka koil mobil (jika model koilnya satu busi satu koil).
  • Lepas seluruh socket injektor dari injektornya, atau jika anda paham, lepaskan relay khusus untuk injektor. Tujuannya untuk mencegah semburan bahan bakar saat melakukan cek koil.
  • Tarik rem tangan dan netralkan tuas persneling, jika perlu ganjal ban.
  • Ajak satu orang sebagai helper untuk membantu starter mesin


Cara cek koil mobil injeksi


Setelah semua siap baik alat, helper, serta keamanan mobil saat akan mengecek koil mobil injeksi ini, simak langkah-langkah cara cek koil mobil injeksi dibawah berikut ini.
  1. Lepaskan semua socket injektor
  2. Gunakan kunci 10 untuk membuka seluruh koil mobil yang ada
  3. Lepas semua koil mobil dari mesin namun jangan lepas kabel koilnya
  4. Pasang busi yang sudah kita siapkan sebelumnya ke koil yang sudah terlepas dari mesin
  5. Pegang bagian belakang koil (dekat socket), kemudian tempelkan bodi busi ke bagian bodi mesin untuk mendapatkan grounding / massa
  6. Suruh helper menstarter mesin mobil disaat kita memegang koil yang businya menempel pada bodi mesin
  7. Perhatikan nyala percikan api yang keluar dari busi. Jika percikan api yang terjadi di busi terlihat kuat dan menyala dengan baik, hal ini menandakan bahwa koil masih berfungsi dengan baik. Begitu pula sebaliknya, jika tidak ada percikan api yang terjadi di busi, besar kemungkinan koil sudah rusak dan perlu diganti.
    cara cek koil mobil injeksi
  8. Lakukan cara yang sama pada seluruh koil yang ada di mobil tersebut.
Koil yang bagus akan menghasilkan percikan api di busi yang kuat dan besar apinya, namun koil yang lemah atau rusak, api yang muncul akan terlihat kecil (lemah) atau malah sama sekali tidak muncul percikan api.

Baca juga :

Catatan dan perhatian
Lakukan langkah-langkah diatas secara hati-hati dan pastikan semua kondisi sudah aman seperti menarik tuas rem tangan, menetralkan persneling, melepas socket injektor. Hindari memegang busi saat mesin masih di starter karena anda bisa terkena sengatan listrik.

Demikianlah artikel cara mengecek koil mobil injeksi paling mudah yang bisa ombro sampaikan, semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Daftar isi
    SHARE