Cara melepas ban serep xpander - OMBRO

Cara melepas ban serep xpander

Ban serep pada setiap mobil memang disediakan guna mengantisipasi jika ban utama pada kendaraan mengalami kempes atau pecah dijalan. Dengan adanya ban serep, maka pengemudi tidak lagi khawatir jika perjalanan tidak dapat dilakukan.

Cukup dengan mengganti ban utama yang kempes dengan ban serep, maka perjalanan bisa dilanjutkan kembali. Meski begitu, setiap pengemudi juga harus mengetahui bagaimana cara melepas ban serep mobilnya karena umumnya tiap-tiap mobil memiliki cara yang berbeda-beda.

Cara melepas ban serep xpander

Nah, jika pada beberapa waktu yang lalu kita sudah pernah membahas bagaimana cara melepas ban serep mobil avanza, maka pada artikel kali ini ombro akan berbagi tentang cara melepas ban serep mobil Mitsubishi Xpander. Perhatikan langkah-langkah cara melepas ban serep xpander di bawah berikut


1. Buka pintu bagasi belakang


Langkah pertama untuk melepas ban serep xpander adalah dengan membuka pintu bagasi belakang. Bukalah pintu bagasi belakang xpander untuk mempermudah cara melepas ban serep xpander karena baut pengikat ban serepnya terletak di bawah cover bagasi belakang.


2. Siapkan kunci roda


siapkan kunci roda mobil xpander

Langkah kedua untuk melepas ban serep xpander adalah mempersiapkan kunci roda. Kunci roda mobil xpander ini terletak di dinding bodi belakang sebelah kanan yang juga diletakkan bersama dengan dongkrak gunting, baut pin untuk derek, serta tuas dongkrak. Cukup ambil kunci rodanya saja.


3. Buka cover bagasi belakang


buka cover bagasi belakang

Langkah ke tiga untuk melepas ban serep xpander adalah dengan membuka cover bagasi belakang yang terletak tepat dilantai bawah bagian belakang mobil xpander. Angkat cover bagasi dan perhatikan pada bagian tengah plastik penutup berbentuk kotak yang berfungsi sebagai cover penutup tempat baut pengikat ban serep di letakkan.


4. Buka cover penutup baut pengikat ban serep


buka cover penutup baut pengikat ban serep

Langkah ke empat untuk melepas ban serep xpander adalah dengan membuka cover penutup baut pengikat ban serep. Leapskan copver penutupnya sehingga baut pengikat ban serep bisa terlihat.

Baca juga :


5. Putar baut pengikat ban serep dengan kunci roda


pasang kunci roda

Langkah kelima untuk melepas ban serep xpander adalah dengan memutar baut pengikat ban serep berlawanan arah jarum jam (putar ke arah kiri) . Gunakan sisi yang terpendek pada kunci roda untuk mulai membuka karena biasanya baut pengikat terpasang cukup keras.

Setelah mulai kendur, gunakan sisi yang panjang pada kunci roda untuk mempercepat dan mempermudah dalam melepas ban serep xpander.


6. Tarik pengait dan turunkan ban serep


tarik pengait dan turunkan ban serep

Setelah baut pengikat mulai kendur, maka ban serep akan bergerak turun. Setelah cukup kendur, tarik pengait yang ada pada bagian bawah mobil xpander sambil menahan rangka penahan ban serep.

Setelah pengait terlepas, turunkan rangka penahan beserta ban serep kemudian keluarkan ban serep. Ban serep kini sudah siap digunakan.

Untuk memasang ban serep xpander ini kembali, lakukan dengan cara kebalikan dari cara melepas ban serep xpander. Demikianlah artikel cara melepas ban serep xpander ini bisa ombro sampaikan semoga bisa bermanfaat.

Daftar isi
    SHARE