Jenis-jenis ban cadangan dan tips penggunaannya - OMBRO

Jenis-jenis ban cadangan dan tips penggunaannya

Ban cadangan merupakan salah satu bagian keamanan yang penting di mobil. Pasalnya, ketika salah satu ban utama mobil Anda mengalami bocor atau pecah ban, ban cadanganlah yang akan menyelamatkan perjalanan Anda hingga sampai ke tujuan.

Dari berbagai jenis kendaraan yang ada, ban cadangannya pun juga memiliki jenis dan model yang berbeda-beda. Perbedaan-perbedaan yang disediakan oleh pihak ATPM terkait ban cadangan, juga akan mempengaruhi cara penggunaan dan perawatannya.

Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk mengetahui jenis-jenis ban cadangan yang ada di kendaraan kita agar tidak terjadi kesalahan pengunaan yang bisa berujung fatal.

Berikut adalah informasi terkait tentang jenis-jenis ban cadangan berikut beberapa tips dan cara penggunaannya.


1. Full-Size Matching Spare Tyre


Full-Size Matching Spare Tyre adalah ban cadangan yang sama persis dengan ban mobil lainnya yang terpasang di mobil Anda. Memiliki ukuran, bentuk dan dimensi ban yang sama, termasuk ukuran velg yang digunakan.

Full-Size Matching Spare Tyre

Jika Anda menggunakan ban cadangan jenis ini, maka Anda harus mengikutsertakan ban ini kedalam pola rotasi ban yang dilakukan di mobil Anda. Untuk rotasi ban, idealnya dilakukan setiap 10.000km agar keausan pada ban tetap rata.

Kelebihan yang ditawarkan dari penggunaan ban cadangan jenis Full-Size Matching Spare Tyre ini adalah tidak adanya hal yang membatasi saat menggunakan ban ini, baik untuk kecepatan dan jarak tempuh maksimal yang diperbolehkan.

Artinya penggunaannya sama persis dengan ke empat ban lainnya. Selain itu, penggunaan ban cadangan jenis ini juga mempertahankan estetika pada mobil Anda , artinya tidak ada perbedaan yang ditemukan saat digunakan.

Meskipun begitu, ban cadangan jenis Full-Size Matching Spare Tyre ini juga memiliki kekurangan, yang paling menonjol adalah dimensi dan bentuknya yang besar akan memakan space dan ruang pada kendaraan Anda.

Kekurangan yang lainnya adalah, ketika waktunya penggantian ban, maka Anda perlu melakukan penggantian untuk 5 Roda sekaligus, dengan catatan rotasi ban dilakukan secara rutin.

Baca juga : 


2. Full Size Non-matching Spare Tyre


Full Size Non-matching Spare Tyre ini adalah ban cadangan yang ukurannya sama dengan ke empat ban lainnya di mobil Anda, namun berbeda bentuk tread (kembang ban) juga lebar tapaknya.

Full Size Non-matching Spare Tyre

Selain itu, Full Size Non-matching Spare Tyre ini juga biasanya menggunakan velg jenis besi / kaleng bukan allumunium alloy seperti velg ban yang lainnya. Untuk Full Size Non-matching Spare Tyre tidak diperlukan pola rotasi ban seperti pada jenis Full Size Matching Spare Tyre.

Kekurangan yang tampak dari ban cadangan jenis ini adalah dimensinya yang juga cukup besar akan memakan space atau ruang penyimpanan di mobil Anda, selain itu penampilannya yang berbeda tentu akan menghilangkan estetika dan tampilan keseluruhan mobil Anda.




3. Temporary / Space Saver Spare Tyre


Temporary / Space Saver Spare Tyre adalah ban cadangan yang berbeda dengan keempat ban lainnya di mobil Anda. Bentuk velg yang digunakan, lebar tapak, serta tread (kembang ban) juga tidak sama.

Temporary / Space Saver Spare Tyre

Ukurannya lebar tapak bannya lebih kecil, menjadikan space / ruang penyimpanan yang diperlukan untuk meletakan ban ini juga terbilang kecil sehingga hemat tempat.

Jika Anda menggunakan ban cadangan jenis ini, maka Anda harus benar-benar memperhatikan ketentuan-ketentuan yang direkomendasikan oleh pihak pabrikan, diantaranya adalah penggunaan kecepatan yang tidak boleh melebihi kecepatan masimal sekitar 80 km/jam dengan ukuran tekanan angin hingga 60 psi.

Karena sifatnya yang temporary (sementara) maka otomatis prioritas penggunaan tetap ada pada ban utama Anda. Oleh karena itu, segera perbaiki ban utama mobil Anda agar Anda dapat berkendara sebagaimana mestinya tanpa khawatir terhadap batasan penggunaan dari ban cadangan jenis ini.



4. Folding Temporary Spare Tyre


Folding Temporary Spare Tyre merupakan ban cadangan yang sisi sidewallnya bisa terlipat dan bisa dikembangkan dengan memompanya terlebih dahulu. Tapi tenang saja, untuk kendaraan yang menempatkan ban cadangan dengan tipe ini, biasanya juga sudah menyediakan pompa angin portable sebagai pelengkapnya.

Secara ukuran, ban ini salah satu ban cadangan yang fungsinya tidak jauh berbeda dengan ukuran ban aslinya, namun menggunakan tempat penyimpanan yang lebih kecil.

Folding Temporary Spare Tyre

Oleh karena sidewallnya dilipat, berarti kekuatan pada sidewall menjadi berkurang sehingga ban ini juga tidak sekuat dengan ban aslinya. Memiliki batas maksimal kecepatan sekitar 80 km/jam dengan tekanan angin maksimal 60 psi.

Selain itu kembang ban yang lebih pendek dan berbeda juga mempengaruhi ketahanan dari ban itu sendiri.

Untuk penggunaannya ban ini tetap tergolong Temporary (sementara) dan tidak dapat menggantikan ban utama Anda, gantilah segera setelah ban utama Anda sudah diperbaiki.

Daftar isi
    SHARE