Cara Mengatasi Ban Mobil Susah Dilepas - OMBRO

Cara Mengatasi Ban Mobil Susah Dilepas

Paling menjengkelkan ketika kita ingin mengganti ban namun ban mobil susah dilepas. Padahal semua baut/mur roda sudah dalam posisi terlepas semua. Kejadian seperti ini bisa saja terjadi karena roda merupakan bagian yang paling sering terpapar oleh panas, debu, kotoran, dan air.

Air, kotoran debu dan panas yang menempel pada roda, kerap membuat bagian-bagian tertentu menjadi berkarat, terlebih jika anda tidak rutin melakukan rotasi ban. Karat tersebut jika dibiarkan terlalu lama akan semakin menumpuk dan membuat hub dan velg roda serasa menyatu sehingga membuat ban mobil susah dilepas.

ban mobil susah dilepas

Nah, pada postingan kali ini, ombro akan memberikan tips dan cara mengatasi ban mobil susah dilepas. Simak info dan cara mengatasi ban mobil susah dilepas dengan dua cara ini.


I. Menendang ban mobil kearah luar.


Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi ban mobil susah dilepas adalah dengan cara menendang ban mobil tersebut kearah luar. Dengan memberikan tendangan pada ban mobil, akan membuat karat dan kotoran yang menempel pada hub bergetar dan rontok, dengan begitu maka proses pelepasan ban menjadi lebih mudah.

Berikut cara mengatasi ban mobil susah dilepas dengan cara menendang ban mobil kearah luar.
  1. Pastikan dongkrak sudah dalam posisi yang kuat dan stabil
  2. Letakkan ban cadangan dibawah mobil tepat didekat dongkrak
  3. Sebaiknya semprotkan cairan anti karat di bagian ban yang berkarat
  4. Pasang kembali 1 buah mur/baut roda namun jangan di kencangkan.
  5. Putar setir sehingga bagian depan ban mobil mengarah keluar
  6. Ambil posisi dari sisi depan mobil
  7. Tendang ban kearah luar
Selamat, dengan cara ini umumnya ban mobil sudah bisa dilepaskan.. Jika cara diatas masih belum bisa menyelesaikan masalah ban mobil susah dilepas, anda masih bisa juga mencoba cara yang satu ini


II. Menjalankan mobil perlahan dengan mur roda terpasang longgar


Cara berikutnya yang bisa anda lakukan untuk mengatasi ban mobil susah dilepas adalah dengan menjalankan mobil dan baut/mur roda terpasang longgar. Ya, jalankan mobil secara perlahan sambil membelokkan setir ke kanan dan kekiri akan membantu dan mempercepat rontoknya karat pada bagian hub roda.

Dengan begitu, maka ban mobil akan kendur dan menjadi mudah dilepas. Berikut cara lengkap mengatasi ban mobil susah dilepas
  1. Semprotkan cairan anti karat pada hub dan lubang seputar baut/mur ban yang susah dilepas
  2. Pasang kembali semua baut/mur roda, jangan dikencangkan namun sisakan 2-3 putaran ulir.
  3. Turunkan dan lepas dongkrak, lalu pastikan kondisi sekeliling mobil aman
  4. Hidupkan mesin dan jalankan mobil perlahan sambil membelok-belokkan setir
  5. Maju mundurkan mobil sambil belok kanan-kiri beberapa kali hingga ban yang sulit dilepas kendur (biasanya ada bunyi "dug" dan semacamnya).
  6. Kembalikan posisi mobil seperti semula dan pasang kembali dongkrak untuk melepas ban yang sudah kendur tadi.
Nah, ketemu kan cara untuk mengatasi ban mobil susah dilepas.

Baca Juga :

Langkah selanjutnya yang perlu anda lakukan untuk menghindari kejadian ban mobil susah dilepas kembali, ada baiknya anda membersihkan karat yang menempel pada hub roda dan velg dengan sikat kawat atau yang sejenisnya

Setelah karat dan kotoran yang menempel pada hub bersih, berikan sedikit grease (gemuk/stanpad) pada bagian yang sudah anda bersihkan tadi, lalu pasang roda dan jangan lupa kencangkan sesuai dengan ukuran pengencangan yang dianjurkan.

Dengan begitu, anda sudah mengantisipasi dan menghindari masalah ban mobil susah dilepas kembali. Demikian postingan tentang cara mengatasi ban mobil susah dilepas ini bisa disampaikan, semoga bermanfaat.
Daftar isi
    SHARE