Penyebab power steering bunyi mendengung - OMBRO

Penyebab power steering bunyi mendengung

Power steering sistem di mobil bertujuan untuk memberi kemudahan serta kenyamanan dalam pengendalian mobil selama beroperasi. Berkat sistem tersebut, pengemudi tak perlu bersusah payah mengeluarkan banyak tenaga untuk memutar roda kemudi saat ingin memutar haluan atau ketika ingin memutar arah mobil. Pun begitu saat parkir.

Namun, ketika power steering sistem itu bermasalah, pengemudi dan penumpang akan merasa sangat terganggu. Bahkan, power steering yang rusak atau tiba-tiba seret dan terasa berat saat diputar, bisa berpotensi memicu kecelakaan.

power steering bunyi mendengung

Salah satu indikator adanya masalah pada power steering sistem ini adalah munculnya bunyi mendengung yang disertai oleh beratnya setir saat diputar ke kanan atau ke kiri. Jika kondisi ini terjadi, maka ada baiknya untuk segera melakukan pemeriksaan dan perbaikan pada power steering sistem.

Lantas, apa sih yang menjadi penyebab power steering bunyi mendengung ? Pada artikel berikut, ombro akan menginformasikan penyebab dan solusi untuk masalah power steering bunyi mendengung. Simak informasinya dibawah berikut


1. Saluran oli pada power steering system kotor dan berlumpur.


Penyebab power steering bunyi mendengung yang pertama adalah mampetnya saluran oli pada power steering system akibat kotor dan berlumpur. Kotoran dan dan lumpur yang ada di dalam saluran power steering system akan menghambat aliran oli power steering.

Hambatan aliran oli power steering yang menuju pompa kerap membuat pompa power steering muncul bunyi mendengung akibat kehilangan daya pelumasan. Bahkan pada beberapa kondisi, blade di dalam pompa power steering bisa rusak dan cacat sehingga dapat mengakibatkan turunnya tekanan oli pada power steering system.

Kotoran dan lumpur ini kerap muncul apabila oli power steering tidak pernah dilakukan penggantian secara berkala. Oli power steering yang tidak pernah diganti atau dikuras lambat laun akan mengalami jenuh dan kehilangan daya pelumasannya. Akibatnya akan muncul kotoran serta lumpur di dalam oli power steering tersebut.

Solusi power steering bunyi mendengung akibat mampetnya saluran oli power steering ini adalah dengan melakukan pengurasan serta penggantian oli power steering secara menyeluruh. Jika dengan pengurasan dan pengantian oli power steering tidak menyelesaikan masalah, maka diperlukan pemeriksaan lebih jauh terhadap power steering system tersebut.


2. Ada kebocoran oli pada power steering system


Penyebab power steering bunyi mendengung berikutnya adalah adanya kebocoran oli power steering pada jalur oli sistem power steering. Kebocoran oli ini bisa membuat power steering system kehabisan oli.

Oli power steering yang habis akibat adanya kebocoran dapat membuat seluruh komponen power steering kehilangan pelumasan serta daya tekan yang seharusnya didapatkan melaui oli. Akibatnya, komponen-komponen power steering akan mengalami kerusakan yang fatal, salah satunya ditandai dengan munculnya bunyi mendengung pada power steering.

Kebocoran oli yang terjadi pada power steering system kerap muncul akibat usia pemakaian dan atau kesalahan pemasangan saat melakukan perbaikan pada power steering sistem. Berikut beberapa komponen power steering yang kerap mengalami kebocoran oli power steering

  • Selang power steering yang retak-retak akibat termakan usia
  • Karet seal di sisi kanan kiri power steering rack (dekat dengan tie rod)
  • Karet seal pada pinion gear power steering rack


Solusi untuk power steering bunyi mendengung akibat kebocoran oli adalah dengan memperbaiki kebocoran dengan mengganti komponen yang rusak tersebut. Selain itu diperlukan juga pemeriksaan tekanan oli yang dihasilkan dari pompa power steering.


3. Ada udara yang terjebak dalam saluran oli power steering


Penyebab power steering bunyi mendengung lainnya adalah adanya udara yang terjebak di dalam saluran oli power steering. Udara yang terjaebak kerap ditandai dengan munculnya buih, busa, atau gelembung udara yang muncul pada tempat penampungan oli power steering.

Udara yang terjebak di dalam sistem power steering mengakibatkan aliran oli power steering menjadi terhambat sehingga dapat menurunkan tekanan oli power steering secara signifikan. Akibatnya proses pemompaan oli power steering menjadi tidak normal, tekanan oli menurun dan pelumasan pada masing-masing komponen power steering menjadi terganggu.

Dampaknya, power steering muncul bunyi mendengung terutama saat posisi setir di belokkan hingga mentok ke kanan atau ke kiri.

Ada dua penyebab umum yang ombroi ketahui ketika ada udara yang erjebak dalam saluran oli power steering sistem yaitu

  • Selang power steering yang bocor
  • Kesalahan pemasangan seal pada steering rack ( kadang kala diikuti dengan kebocoran oli pada sisi dimana seal tersebut dipasang)


Solusi untuk masalah ini adalah dengan melakukan pemeriksaan kebocoran pada komponen power steering system serta melakukan air bleeding (buang angin) pada saluran power steering.


4. Pompa Power Steering Rusak


Hal terakhir yang ombro ketahui tentang penyebab power steering bunyi mendengung adalah rusaknya pompa power steering. Bunyi mendengung yang muncul akibat rusak nya pompa power steering akan terdengar selama mesin menyala dan tidak terpengaruh pada kondisi setir sedang diputar atau tidak.

Hal ini terjadi lantaran pompa power steering terdiri dari komponen-komponen kecil dan halus yang diputar langsung oleh mesin.

Ketika oli power steering habis atau tersumbat sehingga tidak dapat melumasi bagian pompa power steering, maka komponen di dalam pompa akan langsung rusak dan cacat. Hal inilah yang akan menimbulkan bunyi mendengung sekaligus menjadi penyebab setir terasa berat saat diputar.

Solusi untuk masalah power steering bunyi mendengung akibat pompa power steering rusak adalah dengan mengganti pompa power steering.

Namun perlu diingat, permasalahan pompa power steering bunyi mendengung ini terkadang cukup kompleks dan memerlukan ketelitian serta special tools dalam pemeriksaan dan penanganannya. Sebaiknya periksaan pada bengkel power steering kepercayaan sobat agar perbaikannya bisa dilakukan dengan tepat dan tuntas.

Daftar isi
    SHARE