Cara mengatasi aki mobil tekor di jalan - OMBRO

Cara mengatasi aki mobil tekor di jalan

Cara mengatasi aki mobil tekor dijalan bisa dilakukan dengan dua cara, yang paling mudah adalah dengan menjumper aki mobil yang mogok dengan aki mobil yang masih sehat.

Namun cara ini membutuhkan kabel jumper yang terkadang belum tentu tersedia ada di mobil kita. Selain itu, kita juga membutuhkan pertolongan orang lain yang memiliki mobil untuk digunakan sebagai sarana menjumper aki.

Cara mengatasi aki mobil tekor di jalan

Cara berikutnya yang bisa dilakukan untuk mengatasi aki mobil tekor dijalan adalah dengan mendorong mobil. Namun untuk mengatasi aki mobil tekor dijalan dengan cara mendorong mobil ini hanya bisa dilakukan untuk mobil-mobil bertransmisi manual saja.

Selain itu, anda juga membutuhkan orang lain untuk membantu mendorong saat menghidupkan mobil yang mogok akibat akinya tekor. Berikut adalah cara mengatasi aki mobil tekor dijalan


Dorong mobil jika mobil bertransmisi manual


Cara mengatasi aki mobil tekor di jalan yang pertama kali adalah dengan cara mendorong mobil yang akinya tekor. Namun cara ini hanya bisa dilakukan oleh mobil yang transmisinya masih manual. Jika mobilnya bertransmisi otomatis, maka cara dibawah ini ini tidak bisa dilakukan.

Berikut cara mendorong mobil manual yang mogok karena akinya tekor
  1. Posisikan kunci kontak pada posisi ON
  2. Injak kopling dan masukkan ke gigi 2 atau gigi 3 (pilih saja salah satu)
  3. Dorong mobil hingga melaju cukup cepat dengan jarak sekitar 5 sampai 10 meter.
  4. Disaat mobil meluncur maju, lepaskan pedal kopling dengan cepat.
  5. Mobil akan terasa menyentak dan biasanya disertai dengan hidupnya mesin.
  6. Sesaat setelah mesin hidup tekan kembali pedal kopling serta pedal rem untuk menghentikan laju mobil.
  7. Setelah berhenti, kembalikan tuas persneling ke posisi Netral, dan lepas pedal kopling.
  8. Mobil berhenti dan mesin sudah hidup.

Setelah mobil hidup, tetap biarkan mobil hidup untuk beberapa waktu (sekitar 15 menit hingga 30 menit). Tujuanya adalah agar aki mobil kembali terisi setrum oleh Alternator. Selagi mobil menyala dan menunggu aki terisi setrum kembali, perhatikan pada panel dashboard, khususnya pada lampu indikator aki mobil.

Cara mengatasi aki mobil tekor di jalan

Perhatikan lampu tersebut, jika lampu indikator aki terus menyala selama mesin hidup, hal ini menandakan bahwa sistem pengisian aki mobil bermasalah, anda bisa membaca apa saja penyebab-penyebab lampu indikator aki mobil menyala pada artikel yang sudah pernah kami terbitkan sebelumnya.

Jika lampu indikator aki mobil ini mati selama mesin hidup, kemungkinan terbesarnya adalah aki mobil anda sudah mulai tekor dan soak. Aki mobil yang tekor dan soak umumnya sudah tidak dapat lagi menampung daya listrik yang dihasilkan oleh alternator sehingga saat mesin mati, tidak ada lagi sumber listrik yang bisa digunakan oleh starter dan mengakibatkan mobil mogok tidak bisa starter.

Baca juga :


Jumper aki dengan mobil lain


Cara mengatasi aki mobil tekor di jalan yang berikutnya adalah dengan cara melakukan jumper aki dengan mobil lain. Cara yang digunakan untuk Jumper aki mobil dengan aki mobil lain ini adalah dengan cara menghubungkan aki mobil yang soak dengan aki mobil yang masih sehat dan normal, menggunakan sebuah kabel jumper khusus untuk menjumper aki mobil.

Untuk lebih mudahnya silahkan anda perhatikan pada gambar dibawah berikut tentang cara jamper aki mobil

Cara mengatasi aki mobil tekor di jalan

Untuk pembahasan yang lebih lengkap anda bisa membacanya pada artikel tentang cara jumper aki mobil yang sudah pernah di posting sebelumnya.

Cara jumper aki mobil ini bisa dilakukan untuk mobil yang bertransmisi manual ataupun untuk mobil yang bertransmisi otomatis. Jadi cara ini juga lebih gampang dan lebih mudah jika dibandingkan dengan mendorong mobil.

Namu, karena untuk menjumper aki mobil ini membutuhkan kabel jumper yang khusus untuk menjumper aki, maka ada baiknya anda menyediakan kabel jumper aki di mobil Anda untuk kondisi-kondisi darurat seperti ini. Untuk harganya biasanya tidak terlalu mahal, namun manfaatnya terasa cukup besar dikala kondisi darurat seperti mobil mogok akibat aki tekor.
Daftar isi
    SHARE