Kapan waktunya ganti wiper mobil ? - OMBRO

Kapan waktunya ganti wiper mobil ?

Kapan waktunya ganti wiper mobil ? Pertanyaan ini mungkin kerap muncul disaat musim penghujan tiba seperti sekarang ini. Terlebih ketika kita berkendara dimalam hari saat kondisi hujan dan mendapatkan sapuan wiper pada permukaan kaca mobil sudah tidak lagi bersih sempurna.

Ya, kebersihan sapuan wiper pada permukaan kaca sangat mempengaruhi jarak pandang ketika berkendara, apalagi kondisi gelap dan hujan. Semakin bersih sapuan wiper, maka pandangan kita akan semakin tajam sehingga tidak mengganggu keputusan yang akan diambil selama mengemudi.

ganti wiper mobil

Secara umum, memang tidak ada batasan kapan waktunya ganti wiper yang tepat. Hal ini sangat tergantung dari cuaca, tingkat debu dan polusi yang sering dihadapi oleh mobil tersebut, serta seberapa besar tingkat rutinitas perawatan yang dilakukan pada karet wiper itu sendiri.

Meskipun begitu, kita tetap bisa mengetahui kapan waktunya ganti wiper mobil. Berikut merupakan tanda-tanda yang muncul saat wiper mobil sudah harus diganti.


1. Muncul garis-garis air setelah wiper bergerak


Salah satu tanda kalau wiper mobil sudah waktunya diganti adalah saat muncul garis-garis air dalam jumlah banyak sesaat setelah wiper bergerak. Untuk memeriksanya, silahkan gunakan penyemprot air wiper yang ada di mobil atau bisa juga dengan menyiramkan air dengan selang atau botol, kemudian nyalakan wiper.

Setelah wiper bekerja dan mengusap permukaan kaca mobil, kemudian perhatikan pada kaca tersebut. Jika terlihat sisa garis-garis air pada permukaan kaca mobil dalam jumlah banyak, hal ini bisa menjadi tanda untuk mengganti wiper mobil.

Garis-garis air yang tersisa pada permukaan kaca ini menunjukkan bahwa karet wiper sudah tidak lagi bisa bekerja dengan sempurna untuk menyapu air dengan bersih. Hal ini bisa diakibatkan karena karet wiper umumnya sudah mulai mengeras atau pernah cacat akibat menyapu kotoran yang cukup keras sehignga merusak karet wiper.


2. Wiper bergerak tidak lancar dan terdengar berisik


Tanda berikutnya yang menjadi indikator kapan waktunya ganti wiper mobil adalah saat wiper bergerak tidak lancar dan berisik. Bunyi berisik yang terdengar mendecit dan bahkan terasa memukul-mukul kaca ini kerap terdengar ketika wiper menyapu permukaan kaca berulang kali.

Bunyi mendecit dan gerakan wiper saat menyapu kaca yang tidak beraturan ini bisa menjadi tanda bahwa sudah waktunya anda mengganti wiper mobil. Kondisi ini kerap terjadi akibat karet wiper yang memang sudah keras serta tangkai wiper (wiper blade) yang sudah aus sehingga pergerakannya tidak lagi normal.

Baca juga :



3. Sapuan wiper sudah tidak bersih


Tanda terakhir yang ombro ketahui untuk melakukan ganti wiper mobil adalah disaat sapuan wiper sudah tidak lagi bersih dan jarak pandang ke depan saat mengemudi sudah terganggu. Jarak pandang saat mengemudi sangat lah penting selama berkendara, terlebih ketika kita mengemudi disaat hujan.

Ketika jarak pandang mengemudi sudah terganggu akibat sapuan wiper sudah tidak bersih, maka sebaiknya segera lakukan penggantian wiper mobil. Gunakan karet wiper yang original ataupun yang memang memiliki kualitas bagus. Jika mengunakan wiper yang tidak berkualitas / original , bisa menimbulkan hal yang juga merugikan kita sendiri.

Seperti contoh yang pernah ombro alami sehabis mengganti wiper baru dan mengemudi saat hujan. Sapuan wiper pada permukaan kaca saat menghalau air hujan menimbulkan lapisan minyak. Akibatnya jarak pendang mengemudi menjadi terganggu sehingga kita perlu mengatur kecepatan laju kendaraan yang lebih lambat dari biasanya agar tetap aman.

Setelah ombro periksa, ternyata pada wiper baru tersebut terdapat lapisan berminyak yang jika diusap dengan kain bersih akan berwarna abu-abu. Meskipun sudah dibersihkan dengan cairan pembersih penghilang minyak, lapisan minyak tersebut selalu muncul kembali.

Hingga akhirnya ombro memutuskan untuk mengganti kembali karet wiper yang baru tadi dengan karet wiper baru lainnya yang memang lebih baik kualitasnya dan tidak meninggalkan minyak saat wiper bekerja.
Daftar isi
    SHARE