Tips mencegah kaca mobil berjamur - OMBRO

Tips mencegah kaca mobil berjamur

Mencegah kaca mobil berjamur memang membutuhkan sebuah sikap telaten dan disiplin. Meskipun kaca mobil berjamur sepertinya terlihat sebagai sebuah hal yang sepele, namun tidak demikian saat mengemudi di malam hari dan dalam kondisi hujan.

Jamur pada permukaan kaca bisa sangat mengganggu pandangan dan turut menyulitkan saat pengambilan keputusan selama mengemudi. Salah mengambil keputusan saat mengemudi bisa berakibat fatal yang sangat merugikan.

mencegah kaca mobil berjamur

Oleh karena itu, perawatan terhadap permukaan kaca mobil guna mencegah kaca mobil berjamur cukup penting untuk dilakukan. Lantas bagaimanacara mencegah kaca mobil berjamur ? Nah, pada artikel kali ini, ombro akan berbagi tips bagaimana cara mencegah kaca mobil berjamur.


1. Bersihkan seluruh permukaan kaca mobil secara rutin


Tips mencegah kaca mobil berjamur yang pertama adalah dengan melakukan pembersihan seluruh kaca mobil secara rutin. Membersihkan permukaan kaca secara rutin akan mencegah potensi munculnya jamur akibat endapat kotoran yang lama menempel pada permukaan kaca.

Selalu bersihkan kaca jika terkena kotoran, jika kaca mobil anda terkena kotoran seperti debu kering, maka sebaiknya segera bersihkan dengan menggunakan kemoceng halus terlebih dulu, kemudian lanjutkan dengan menggunakan kain atau lap kering yang berbahan lembut. Lakukan ketika kaca sudah mulai terlihat sedikit berdebu untuk mencegah debu menempel lebih lama di kaca.

Jika kotoran yang menempel cukup membandel, cukup dilap saja dengan air dan sabun seperti shampo atau jenis sabun yang mengandung sedikit deterjen. Kemudian lanjutkan dengan membersihkan sisa air yang mesih ada dengan lap kering berbahan lembut.

Penting, ketika mobil terkena air hujan maka sebaiknya permukaan kaca harus segera dibersihkan karena terkadang air hujan adakalanya mengandung asam yang dapat merusak struktur kaca kendaraan.

Ada baiknya juga untuk melakukan perawatan kaca secara rutin dan berkala seperti poles kaca pada bengkel-bengkel poles kaca yang memang anda percayai berkualitas bagus dalam pengerjaan dan hasilnya. Lakukan sekurang-kurangnya 6 bulan sekali.

Baca : Tips mengatasi kaca mobil berembun


2. Parkir mobil digarasi dan tempat teduh yang aman


Tips mencegah kaca mobil berjamur berikutnya adalah selalu parkir mobil digarasi atau tempat teduh yang aman. Ya, menghindari parkir mobil dibawah terik sinar matahari ataupun ditengah guyuran hujan dapat mencegah munculnya jamur di permukaan kaca mobil anda.

Dengan memarkirkan mobil selalu pada garasi atau tempat teduh yang aman, maka permukaan kaca akan terhindar dari perubahan suhu dan temperatur secara drastis seperti misalnya setelah parkir lama di terik matahari , tiba-tiba kemudian datang hujan deras, sesaat kemudian panas kembali.

Kondisi seperti inilah yang kerap menimbulkan flek air pada kaca , dan perlu sobat ketahui bahwa salah satu penyebab munculnya jamur kaca adalah flek air yang mengering dengan cepat akibat terkena panas.

Jika flek air ini dibiarkan terlalu lama, maka jamur kaca akan muncul pada flek air tersebut sehingga lambat laun akan merususak permukaan kaca dan mengganggu jarak pandang saat mengemudi.


3. Hindari penggunaan produk pembersih kaca berbahan kimia yang tidak teruji


Tips berikutnya untuk mencegah kaca mobil berjamur adalah dengan mengindari penggunaan produk pembersih kaca berban kimia yang belum teruji keampuhan dan keamanannya. Saat ini banyak beredar obat pembersih kaca secara instant, alih-alih kaca bening malah berdampak pada kaca yang kusam dan buram.

Sebelum mencoba atau menggunakan produk tersebut, ada baiknya sobat mencari tau informasi lebih jauh terhadap penggunaan cairan pembersih kaca tersebut berdasarkan paparan dan pengalaman orang-orang yang pernah menggunakannya. Dengan begitu sobat bisa terhindar dari kerugian akiba salah penggunaan cairan pembersih kaca.


4. Rawat selalu wiper dan hindari kesalahan penggunaan


Tips terakhir yang ombro ketahui bisa mencegah kaca mobil berjamur adalah dengan selalu merawat wiper mobil dan menghindari kesalahan penggunaan wiper. Perawatan terhadap kondisi karet wiper akan mempengaruhi hasil sapuan wiper pada permukaan kaca mobil.

Jika kondisi wiper mobil anda sudah mulai rusak (karet wiper mengeras dan muncul bunyi saat digunakan) maka anda perlu menggantinya, karena jika hal tersebut anda diamkan terlalu lama maka akan menimbulkan goresan pada kaca mobil anda. Goresan-goresan ini selain sulit dihilangkan juga akan menjadi sarang tempat jamur kaca bertumbuh.

Baca :

Selain itu, jangan mengoperasikan wiper ketika kaca mobil dalam kondisi kering, terlebih jika banyak terdapat debu dan kotoran yang menempel pada permukaan kaca. Jika ingin mengoperasikan wiper, pastikan untuk mendahulukan semprotan cairan wiper washer ke permukaan kaca terebih dahulu baru kemudian wipernya.
Daftar isi
    SHARE