Mengenal ISOFIX pada jok (seat) mobil. - OMBRO

Mengenal ISOFIX pada jok (seat) mobil.

Salah satu sistem keselamatan yang saat ini cukup ngetren dan hampir ada di tiap-tiap produksi mobil keluaran terbaru (khususnya untuk mobil tipe Passenger Car) adalah hadirnya definisi baru bernama ISOFIX yang dilekatkan pada seat / jok mobil.

ISOFIX sendiri merupakan sebuah aturan yang dikeluarkan oleh International Organisation for Standardisation dengan acuan standard ISO 13216 yang secara spesifik mengulas tentang sistem kait pada kursi pengaman anak (Child Safety Seat).

Istilahnya, ISOFIX ini menjadi sebuah alternatif untuk mengamankan Child Safety Seat dengan sabuk pengaman. Child Safety Seat ini akan dikaitkan dengan satu pengait tambahan di bagian atas (top tether) dan dua pengait di dasar pada setiap sisi tempat duduk.

mengenal isofix

Secara sederhana, seat / jok mobil dengan ISOFIX adalah kursi yang desain pembuatannya sesuai dengan standard internasional, yaitu dengan menyediakan sistem kait sesuai standard ISOFIX agar Child Safety Seat dapat dipasang dengan mudah, cepat dan aman.

Namun begitu, kursi kendaraan yang sudah dilengkapi ISOFIX ini juga tidak akan lengkap tanpa adanya Child Safety Seat, sehingga anda perlu membeli terlebih dahulu child safety seatnya yang sesuai dengan kebutuhan pada anak.


Child Safety Seat untuk ISOFIX


Child Safety Seat sendiri adalah kursi pengaman anak yang dirancang khusus untuk melindungi anak-anak dari cedera fatal saat tabrakan kendaraan terjadi.

ISOFIX pada seat mobil

Umumnya, kursi pengaman anak ini dibeli dan dipasang sendiri oleh konsumen, namun produsen kendaraan dapat mengintegrasikan langsung ke dalam desain yang sesuai ISOFIX terutama dalam penyediaan kait serta kompatibilitas dengan seabuk pengaman yang ada.

Child Safety Seat ini juga bentuknya berbeda-beda dan beragam, oleh karenanya child safety seat ini dibagi kedalam 6 grup yang disesuaikan dengan usia dan berat badan anak. yaitu
  1. Grup 0+ untuk berat kurang dari 13 kg dengan usia diantara 12-15 bulan
  2. Grup 0-1 untuk berat kurang dari 18 kg dengan usia diantara 4 tahun
  3. Grup 1 untuk berat diantara 9kg sampai 18 kg dengan usia diantara 9bulan sampai 4 tahun
  4. Grup 1 2 3 untuk berat diantara 9kg sampai 36kg dengan usia mulai dari 9 bulan hingga 11 tahun.
  5. Grup 2-3 untuk berat diantara 15kg sampai 36kg dengan usia 4-11 tahun
  6. Grup 2-3 untuk berat diantara 15kg sampai 36kg dengan usia 4-11 tahun
Untuk lebih mudahnya, perhatikan pada model dan bentuk gambar Child Safet seat masing-masing grup dibawah ini.

child safety seat ISOFIX

Dalam pemilihan child safety seat ini, sebaiknya disesuaikan dengan kondisi ISOFIX pada jok mobil anda serta disesuaikan juga dengan usia dan berat badan anak. Berikut salah satu video dari youtube yang mencontohkan cara pemasangan child safety seat pada kursi yang dilengkapi ISOFIX.
Daftar isi
    SHARE