Mengatasi mobil susah masuk gigi mundur - OMBRO

Mengatasi mobil susah masuk gigi mundur

Mengemudi dengan mobil dengan transmisi manual terkadang sedikit "tricky" dalam mengoperasikan gigi persnelingnya, terlebih jika merasakan adanya gejala mobil susah masuk gigi mundur.

Masalah mobil susah masuk gigi mundur ini biasanya kerap terjadi ketika mobil selesai berhenti, parkir, dan mobil hendak keluar dari parkiran dengan berjalan mundur. Tuas persneling terasa keras dan seakan ada yang mengganjal (kadang muncul bunyi "greekk") sehingga tidak bisa di masukkan ke posisi gigi mundur (R).

Baca juga :

Kejadian seperti ini tak hanya terjadi pada mobil lama saja, mobil barupun terkadang juga bisa muncul masalah seperti ini. Kondisi umum yang ditengarai menjadi penyebab utama mobil susah masuk gigi mundur adalah proses terkaitnya gigi ketika tuas transmisi di geser.

mobil susah masuk gigi mundur

Untuk rangkaian gigi maju (gigi 1,2,3,4,5), saat ini banyak yang menggunakan model synchromesh. Penggunaan syncromesh ini bertujuan untuk mempermudah dan memperhalus proses masuknya gigi. Dengan begitu untuk menambah dan mengurangi percepatan laju kendaraan menjadi tidak terganggu/ terhambat.

Sedangkan untuk rangkaian gigi mundur, tidak menggunakan synchromesh. Hal ini bukanlah tanpa tujuan, faktor keamanan menjadi alasan utama synchromesh tidak dipasang pada gigi mundur.

Coba sejenak anda bayangkan ... Apa jadinya, jika anda melaju dengan kecepatan tinggi, kemudian dengan mudahnya anda memasukan tuas persneling ke gigi mundur semudah memasukkan tuas persneling untuk gigi maju?

Oleh sebab itulah ketika akan masuk ke gigi mundur anda wajib menghentikan laju mobil terlebih dahulu. Lakukan pengereman hingga mobil benar-benar berhenti, injak penuh pedal kopling barulah anda bisa masuk ke gigi mundur.

Meskipun begitu, kendala susah masuk gigi mundur terkadang masih saja muncul, lantas bagaimana mengatasi mobil susah masuk gigi mundur ?


Cara mengatasi mobil susah masuk gigi mundur


Langkah pertama yang paling mudah untuk mengatasi mobil susah masuk gigi mundur adalah dengan menekan pedal kopling kembali; caranya seperti berikut
  1. Posisikan tuas transmisi pada posisi netral
  2. Injak kembali pedal kopling sampai full (penuh)
  3. Geser tuas kembali ke gigi mundur hingga terdengar klek bertanda gigi mundur sudah masuk.
  4. Ulangi sekali lagi di langkah no 1 jika tuas masih susah masuk gigi mundur.
Langkah pertama ini umumnya cukup efektif untuk mengatasi mobil susah masuk gigi mundur, namun jika cara diatas masih tidak bisa , lakukan langkah berikut ini
  1. Injak pedal kopling sampai penuh dan masukkan transmisi ke gigi 1, biarkan mobil sedikit bergerak maju, hentikan mobil, lalu kembalikan tuas ke posisi netral
  2. Injak pedal rem kuat-kuat agar mobil benar-benar dalam posisi berhenti
  3. Kembali Injak pedal kopling sampai full (penuh)
  4. Geser tuas masuk ke posisi gigi mundur.

Umumnya, dua cara diatas sudah dapat mengatasi mobil susah masuk gigi mundur. Namun, apabila kendala ini terus berulang dan anda selalu kesulitan untuk masuk gigi mundur, ada kemungkinan sistem kopling dan transmisi mobil anda bermasalah.

Seperti contohnya, kampas kopling sudah tipis, karet bushing pada kabel tuas persneling ada yang oblak, setelan pedal kopling kurang pas, dan lain-lain. Untuk itu lebih baik dicari penyebabnya terlebih dahulu.
Daftar isi
    SHARE