Cara memundurkan mobil - OMBRO

Cara memundurkan mobil

Memundurkan mobil menjadi salah satu hal yang harus bisa dikuasai ketika kita belajar mengemudi mobil. Pasalnya, kemampuan memundurkan mobil ini akan dipakai untuk beragam situasi dan kondisi seperti contohnya pada saat parkir mobil, baik itu parkir secara paralel ataupun sejajar.

Memundurkan mobil memang tidak semudah saat kita melajukan mobil ke arah depan, anda perlu memahami feeling mengemudi yang lebih baik terkait dengan putaran setir dan arah mobil saat mundur, kondisi jarak antara bodi kendaraan, penggunaan kaca spion tengah, kanan dan kiri, serta pengaturan pijakan pedal gas mobil.

Semua hal tersebut harus dilakukan secara perlahan dan benar agar keselamatan selama mengemudi bisa tetap terjaga.

Cara memundurkan mobil

Untuk melakukan latihan cara memundurkan mobil ini, sebaiknya dilakukan di tempat yang aman seperti contohnya pada lapangan atau tempat parkir mobil yang sudah kosong dan tidak ada mobil di sekeliling nya. Berikut adalah cara memundurkan mobil bagi pemula.


Cara memundurkan mobil

  1. Injak pedal kopling sampai mentok dan tahan
  2. Dari posisi persneling netral, dorong penuh tuas persneling kearah kanan lalu dorong kembali ke arah bawah menuju gigi mundur (R).
  3. Angkat pedal kopling perlahan sambil memperhatikan kondisi di belakang mobil melalui kaca spion kanan dan kiri.
  4. Mobil akan bergerak mundur secara perlahan


Hal yang perlu diperhatikan ketika berlatih memundurkan mobil


  • Lakukan latihan maju mundur mobil dalam posisi setir lurus hingga anda benar-benar mahir dalam melakukan pengaturan pedal kopling, rem, dan pedal gas.
  • Jika sudah lancar dan mahir, anda dapat melanjutkan latihan memundurkan mobil sambil membelokkan kendaraan. Putaran setir ke arah kanan pada saat mundur, maka hasilnya mobil akan bergerak mundur kearah kanan. Sedangkan untuk putaran setir ke arah kiri makan mobil akan bergerak mundur kearah kiri.
  • Jangan mengangkat pedal kopling secara tiba-tiba untuk menghindari kejut pada mobil dengan kecepatan tinggi.
  • Untuk mengurangi kecepatan mundur, tekan kembali pedal kopling sambil dibarengi dengan menekan pedal rem secara perlahan hingga kecepatan mobil saat mundur berkurang.
  • Untuk menghentikan mobil, injak penuh pedal kopling lalu lanjutkan dengan menekan pedal rem hingga mobil berhenti.
  • Setelah berhenti, jangan lepas pedal kopling sebelum tuas persneling dipindahkan kembali ke posisi netral agar mesin tidak mati.

Demikianlah latihan cara memundurkan mobil, selamat mencoba
Daftar isi
    SHARE