Cara Menambal Ban Tubles - OMBRO

Cara Menambal Ban Tubles

Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh ban tubles selain tidak menggunakan ban dalam adalah ban tersebut tidak mudah kempes saat tertusuk paku / benda tajam lainnya. Bahkan pada beberapa kondisi yang jarang terjadi, ban tubles yang sudah tertusuk paku tadi, masih bisa digunakan untuk waktu dan jarak yang cukup lama.

Namun begitu, membiarkan ban yang tertusuk paku untuk waktu yang lama (meski belum bocor) bisa merugikan diri sendiri. Ban tersebut lambat laun akan kempes dan bocor sehingga kendaraan tidak bisa digunakan.

cara enambal ban tubles

Salah satu langkah mudah untuk mengatasinya adalah dengan menambal ban tubles tersebut. Anda bisa melakukan sendiri perbaikan dengan menambal ban tersebut dengan menggunakan tire repair kit atau menggunakan jasa tambal ban.

Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui bagaimana cara menambal ban tubles sendiri, artikel berikut akan menjelaskan bagaimana cara menambal ban tubles sendiri. Namun sebelumnya, Anda harus menyediakan beberapa alat-alat menambal ban tubles yang dibutuhkan yaitu :

cara menambal ban tubles
  1. Tire repair Kit (no 1 : alat pelubang, no 2 : alat penjepit, no 3: karet perekat, no 4 : lem karet)
  2. Kompressor angin / pompa angin
  3. Tang dan obeng
  4. Alat-alat untuk melepas ban dari mobil sepeti kunci roda, dongkrak, jack stand, dan alat lain yang diperlukan.
Setelah semua alat-alat menambal ban tubles lengkap, berikut adalah langkah-langkah untuk menambal ban tubles sendiri.

Baca juga :


Cara Menambal Ban Tubles Sendiri

  1. Dongkrak mobil, kemudian buka ban yang kempes dan bocor
  2. Perhatikan kebocoran secara visual pada permukaan ban yang tertancap paku. Tandai posisinya jika sudah ditemukan. Periksa kembali untuk memastikan tidak ada paku lain yang menancap atau ada kebocoran udara dari tempat lainnya.
  3. Jika posisi kebocoran belum ditemukan, lakukan pemeriksaan dengan melumuri permukan ban dengan busa dan air sabun. Gelembung udara dan busa akan muncul dari lokasi ban yang bocor.
    cara menambal ban tubles
  4. Gunakan tang atau congkel dengan obeng untuk mencabut paku yang menancap, .
  5. Ambil alat pelubang (gambar no 1 pada Tire Repair Kit), lalu tancapkan pada lubang bekas paku. Perbesar lubang dengan memutar / mendorong tarik alat pelubang agar lubang bekas paku menjadi lebih besar. Tujuannya agar karet perekat (Tire Repair kit No 3) bisa masuk.
    cara menambal ban tubles
  6. Setelah lubang sudah membesar, siapkan alat penjepit (Tire Repair Kit No 2) dan jepitkan karet perekat ditengah-tengah alat penjepit.
  7. Setelah karet perekat di pasang pada alat penjepit, oleskan lem karet (Tire Repair kit No 4) pada karet perekat.
    cara menambal ban tubles
  8. Masukan karet kedalam lubang yang sudah diperbesar. Tekan kuat-kuat agar karet perekat bisa masuk kedalam ban.
  9. Setelah karet perekat masuk, tarik kembali alat penjepit ke arah luar agar karet perekat bisa tertinggal dan menutup lubang.
    cara menambal ban tubles
  10. Potong dan ratakan bagian karet perekat yang menonjol keluar dari lubang tadi.
  11. Lakukan pengisian angin pada ban dan sesuaikan dengan ukuran angin yang dianjurkan.
    cara menambal ban tubles
  12. Periksa kembali lubang yang sudah ditambal, pastikan kebocoran udara sudah berhasil diatasi.
  13. Pasang kembali ban dan rapikan alat-alat menambal ban tubles.

Perlu diperhatikan, proses menambal ban tubles ini hanya bisa dilakukan untuk permukaan ban yang berlubang saja, sedangkan untuk permukaan ban yang bocor karena sobek umumnya tidak dapat ditambal dengan cara ini.

Demikianlah bagaimana cara menambal ban tubles sendiri, semoga bisa bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan sobat sekalian, terima kasih.
Daftar isi
    SHARE