Cara menggunakan dongkrak mobil - OMBRO

Cara menggunakan dongkrak mobil

Dongkrak mobil menjadi benda yang wajib ada di setiap kendaraan khususnya mobil. Berfungsi untuk mengangkat sebagian badan mobil terutama di saat kita akan melakukan penggantian ban mobil yang kempes atau bocor. Sedangkan alat yang bisa digunakan untuk mengangkat seluruh bodi mobil adalah car lift. Baca: Macam Macam Car Lift Yang Umum Dipakai Di Bengkel Mobil.

Walaupun terlihat sederhana, menggunakan dongkrak tidaklah semudah yang dibayangkan. Diperlukan beberapa tindakan tepat dan sesuai prosedur yang benar. Hal ini bertujuan agar keselamatan kita tetap terjaga.

Sebab, jika Anda salah dalam menggunakannya, bukan tidak mungkin, dongkrak yang sedang dipakai bisa menyebabkan kerusakan yang cukup fatal baik bagi diri Anda sendiri maupun untuk kendaraan kesayangan Anda.

cara menggunakan dongkrak mobil

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda memakai dongkrak. Di antaranya adalah jenis dongkrak, ukuran kekuatan dongkrak, posisi pemasangan dongkrak yang benar, serta langkah-langkah dan urutan menggunakan dongkrak. Simak ulasannya pada artikel berikut.


Macam-macam dongkrak dan cara menggunakan dongkrak


1. Dongkrak Gunting

Dongkrak Gunting, dongkrak yang paling ringkas dan tidak memakan tempat. Dongkrak tipe mekanikal yang menggunakan sistem ulir untuk menaikkan dan menurunkan posisi ketinggiannya.

Dongkrak ini merupakan piranti standar yang umum ada di setiap mobil. Cara menggunakannya cukup mudah yaitu memutar tuas pengungkit searah jarum jam untuk menaikkan dan sebaliknya untuk menurunkan.

Dongkrak Gunting merupakan tipe dongkrak yang mudah teorinya namun sedikit susah prakteknya. Pasalnya, tuas pengungkit yang disediakan umumnya kurang nyaman untuk digunakan.

Tipisnya batang pengungkit dengan ujung yang melengkung bisa sedikit menyulitkan bagi yang belum terbiasa. Meskipun begitu, dongkrak gunting ini adalah tipe dongkrak yang paling banyak disediakan di kendaraan ringan.

Berikut adalah cara menggunakan dongkrak gunting

cara menggunakan dongkrak gunting
cara menggunakan dongkrak gunting
  1. Tempatkan dongkrak gunting pada posisi yang tepat dan aman untuk mendongkrak.
  2. Ambil batang tuas pengungkit
  3. Pasang pada bagian yang berlubang di tepi dongkrak
  4. Putar tuas pengungkit searah jarum jam (ke kanan) untuk mengangkat, sedangkan untuk menurunkan putar tuas pengungkit berlawanan arah jarum jam (ke kiri).


2. Dongkrak Botol

Serupa dengan bentuknya yang seperti botol, dongkrak botol juga merupakan jenis dongkrak yang paling banyak disediakan di kendaraan setelah dongkrak gunting.

Keunggulan dongkrak botol adalah dimensinya yang lebih ringan dan kecil serta cara penggunaan yang jauh lebih mudah dibandingkan dengan dongkrak gunting.

Dongkrak botol sudah masuk kedalam kategori dongkrak hidrolik. Memanfaatkan sistem hidrolik, dongkrak botol memberikan kemudahan saat mendongkrak mobil. Pasalnya, ketika kenggunakan dongkrak botol kita tidak lagi memutar tuas pengungkit yang tipis itu, melainkan hanya cukup dengan mengangkat dan menekan tuas pengungkitnya saja.

Pengertian dongkrak hidrolik dan prinsip kerja dongkrak botol hidrolik

cara kerja dongkrak botol

Apabila tabung yang permukaannya kecil ditekan ke bawah, maka setiap bagian cairan berupa minyak / oli didalam tabung tersebut juga ikut tertekan. Gaya tersebut akan diteruskan oleh minyak di dalam pompa. Akibatnya, minyak dalam dongkrak akan menghasilkan gaya angkat pada tabung yang lebih besar dan dapat mengangkat beban di atasnya.

Untuk menggunakannya cukup dengan memompa tuas yang tersedia dan sistem hidrolis secara otomatis akan mengangkat beban di atasnya.

Berikut adalah cara menggunakan dongkrak botol

cara menggunakan dongkrak botol
cara mengunakan dongkrak botol
  1. Tempatkan dongkrak botol pada posisi yang tepat dan aman untuk mendongkrak.
  2. Ambil batang tuas pengungkit
  3. Putar pengunci hidrolik ke arah kanan (gunakan ujung tangkai dongkraknya)
  4. Pindahkan Tangkai dongkrak ke tuas pemompa hidrolik, lalu pompa dengan menaikkan dan menurunkan tangkai dongkrak guna mengangkat mobil.
  5. Untuk menurunkan dongkrak , putar secara perlahan pengunci hidrolik kearah kiri.


3. Dongkrak Buaya

Jenis dongkrak mobil berikutnya yang biasa digunakan untuk mendongkrak adalah dongkrak buaya. Bentuknya yang mirip dengan mulut buaya saat terbuka menjadikan dongkrak ini dikenal sebagai dongkrak buaya.

Dongkrak buaya juga memanfaatkan sistem hidrolik persis seperti dongkrak botol, namun posisinya yang rebah ditambah dengan penambahan roda menjadikan dongkrak buaya ini lebih memudahkan kita saat akan mendongkrak.

Untuk cara penggunaannya mirip dengan cara menggunakan dongkrak botol, namun karena dimensinya yang berbeda maka perlu sedikit penyesuaian .

Berikut adalah cara menggunakan dongkrak buaya

cara menggunakan dongkrak buaya
cara menggunakan dongkrak buaya
  1. Tempatkan dongkrak buaya pada posisi yang tepat dan aman untuk mendongkrak.
  2. Ambil batang tuas pengungkit
  3. Putar pengunci hidrolik ke arah kanan (gunakan ujung tangkai dongkraknya)
  4. Pindahkan Tangkai dongkrak ke tuas pemompa hidrolik, lalu pompa dengan menaikkan dan menurunkan tangkai dongkrak guna mengangkat mobil.
  5. Untuk menurunkan dongkrak , putar secara perlahan pengunci hidrolik kearah kiri.

Kalau Anda ingin membeli sebuah dongkrak mobil, pastikan menggunakan dongkrak dengan merek terkenal yang sudah banyak dipakai. Umumnya, harga berbanding lurus dengan kualitas. Semakin bagus kualitasnya biasanya semakin mahal pula harganya. Dengan begitu keawetan dan keamanan saat menggunakan dongkrak bisa lebih terjamin.

Salah satu dongkrak mobil yang ombro rekomendasikan adalah dongkrak merek Tekiro. Baik untuk dongkrak gunting, dongkrak botol ataupun dongkrak buaya. Meskipun harganya bisa dua kali lipat dongkrak biasa, namun dongkrak gunting Tekiro punya kualitas yang bisa diandalkan.

Buat yang butuh dongkrak mobil berkualitas, silahkan cek harga dongkrak masing-masing tipe dibawah ini:



Persiapan sebelum mendongkrak


Untuk keselamatan dan keamanan saat anda mendongkrak mobil, berikut adalah langkah-langkah penting yang perlu Anda ketahui sebelum menggunakan dongkrak.
  1. Parkir mobil di atas pemukaan yang datar, kokoh dan keras.
  2. Gunakan rem tangan agar mobil tidak bergerak. Jika diperlukan gunakan balok atau batu untuk mengganjal ban disisi lainnya agar mobil benar-benar tidak bergerak..
  3. Pilih dan gunakan dongkrak yang kekuatannya lebih besar dari berat mobil. Selain itu, pastikan dongkrak masih bekerja dengan baik, tidak terlihat bocor ataupun bengkok.
  4. Pastikan titik tumpu dongkrak pada mobil sudah tepat. Umumnya ada di antara batang gardan dekat suspensi, atau pada bagian bawah bodi mobil yang menjadi rangka utama.

    Untuk memastikannya silahkan lihat buku manual kendaraan masing-masing. Langkah ini penting untuk menghindari slip ketika Anda mendongkrak.
  5. Hindari mendongkrak melebihi ketinggian diatas 15 sentimeter guna menghindari mobil bergerak dan tergelincir.
  6. Jangan sekali-kali memasukkan tubuh Anda ke kolong mobil disaat Anda hanya menggunakan dongkrak sebagai penopang utama, karena tindakan ini sangat berbahaya. Jika sangat terpaksa , gunakan jack stand agar lebih aman.

Daftar isi
    SHARE