Menilik Kelebihan dan Kekurangan Mobil Bensin vs Diesel - OMBRO

Menilik Kelebihan dan Kekurangan Mobil Bensin vs Diesel

Menentukan pilihan ketika ingin membeli mobil terkadang cukup menyulitkan, terutama jika sudah berbicara tentang penggunaan bahan bakar, bensin atau solar. Ini artinya, anda sedianya juga akan memilih jenis mesin yang akan digunakan pada mobil tersebut, mesin bensin atau mesin diesel.

Diantara keduanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang bisa membuat gamang dalam menentukan pilihan. Namun begitu, keputusan ini sejatinya dikembalikan pada kebutuhan dan selera anda.

Jika anda lebih cenderung membutuhkan kenyamanan yang lebih, tampilan mobil yang lebih gaya dan menginginkan akselerasi mesin yang cepat, maka pilihan terbaik adalah mobil bensin.

Namun jika kebutuhan anda lebih cenderung di dasari pada kebutuhan akan tenaga mobil dan efisiensi bahan bakar, maka mobil diesel menjadi pilihan yang lebih baik meskipun sedikit akan mengorbankan kenyamanan terkait getaran mesin dan gas buang yang lebih terasa tebal.

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan mobil bensin dengan mobil diesel yang sudah kami rangkumkan dari berbagai sumber

Mobil Bensin vs Diesel


#. Kelebihan Mobil Bensin

  1. Getaran dan suara mesin saat hidup lebih halus dibandingkan dengan mobil diesel.
  2. Akselerasi mesin mobil bensin jauh lebih cepat dan responsif
  3. Mobil bensin lebih mudah dihidupkan di segala kondisi suhu dan cuaca
  4. Pilihan model, desain dan tipe mobil yang tersedia untuk mobil bensin lebih banyak dan variatif
  5. Asap hasil pembakaran tidak tebal dan hitam, dan tingkat polusi lebih rendah.


#. Kekurangan Mobil Bensin

  1. Torsi maksimal mesin bensin baru bisa dicapai pada putaran mesin yang cukup tinggi, sehingga ketika membutuhkan torsi maksimal lebih cepat, bahan bakar yang dibutuhkan juga lebih banyak.
  2. Pada mobil keluaran terbaru, pemilihan nilai oktan pada bensin menjadi sangat krusial. Penggunaan bahan bakar dengan oktan lebih rendah bisa berakibat pada menurunnya performa mesin seperti knocking , low power dan cepat matinya busi.
  3. Lebih rentan mogok jika dipaksa pada kondisi banjir karena memiliki lebih banyak komponen kelistrikan di mesin yang sangat rentan terhadap air seperti busi, distributor, ECU, dll
  4. Komponen pendukung kerja mesin umumnya cukup rumit seperti VTec, MIVec, VVti, Busi, dll, sehingga membutuhkan perawatan extra agar kondisinya tetap prima.
  5. Sifat bahan bakar bensin yang lebih mudah terbakar,membuatnya lebih berbahaya jika terdapat kebocoran pada selang bensin, tangki bahan bakar, delivery pipe atau karburator.


#. Kelebihan Mobil Diesel

  1. Torsi mesin yang lebih besar dan bisa didapat dengan mudah pada putaran mesin rendah membuat mobil diesel menjadi lebih hemat bahan bakar.
  2. Sifat solar yang merupakan bahan bakar mesin diesel tidak terlalu berbahaya jika dibandingkan bensin karena tidak mudah terbakar jika tersulut percikan api.
  3. Mesin diesel relatif lebih tahan mogok jika harus dipaksa melewati banjir / genangan air karena lebih sedikitnya komponen elektrikal msin.
  4. Mesin diesel terkenal bandel dan memiliki daya tahan yang lebih baik, hal ini juga menyebabkan perawatan mesin diesel relatif hemat jika dibandingkan dengan mesin bensin.
  5. Kebutuhan pencampuran udara dengan bahan yang tidak terbatas, menciptakan kinerja mesin yang semakin efisien dan lebih bertenaga.


#. Kekurangan Mobil Diesel

  1. Getaran dan suara mesin lebih berisik dibanding dengan mobil bensin.
  2. Akselerasi mesin lebih lambat dibandingkan dengan mesin bensin akibat konstruksi mesin yang umumnya juga lebih berat.
  3. Asap hitam dan tebal sering terjadi di mesin diesel sehingga tingkat polusinya pun lebih tinggi.
  4. Varian mobil mesin diesel lebih sedikit ditambah dengan harga mobil barunya yang relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan mobil mesin bensin.
Daftar isi
    SHARE