Cara gurah mesin mobil sendiri - OMBRO

Cara gurah mesin mobil sendiri

Perawatan mesin dengan cara gurah mesin mobil ini sebenarnya terbilang sudah cukup lama, namun tren ini semakin meningkat karena berbagai faktor, seperti produk cairan gurah mesin yang semakin banyak berikut dengan alat gurah mesin yang harganya semakin murah. Bahkan dibeberapa channel youtube sudah banyak yang kreatif dengan membuat alat vakum gurah mesin sendiri.

Gurah mesin sendiri adalah pekerjaan untuk membersihkan kerak karbon di dalam ruang bakar dengan cara dilarutkan dengan cairan carbon cleaner untuk kemudian disedot keluar dengan alat vakum carbon cleaner.

cara gurah mesin mobil sendiri

Proses pengerjaan gurah mesin yang baik dan benar ini membutuhkan keahlian mekanik dan peralatan gurah mesin yang sesuai peruntukkannya. Pasalnya, ada beberapa langkah pengerjaan yang membutuhkan keahlian mekanik tersebut, seperti misalnya mengatur top piston hingga penanganan masalah yang mungkin timbul setelah proses gurah mesin dikerjakan.

Diartikel ini, ombro akan memberi gambaran seperti apa sih cara gurah mesin mobil sendiri. Untuk melakukan gurah mesin mobil sendiri, tentu kita membutuhkan peralatan dan bahan untuk gurah mesin seperti misalnya:

  • Hand tools atau kunci-kunci untuk membuka busi dan memutar puly crankshaft
  • Alat vakum gurah mesin
  • Cairan gurah mesin (carbon cleaner) secukupnya
  • Kain lap kering / majun
  • Sikat gigi untuk membersihkan kepala busi
  • Wadah untuk merendam busi dan menampung cairan gurah mesin yang sudah kotor
  • dan lain-lain

Setelah alat dan bahan siap, berikut langkah dan cara gurah mesin mobil sendiri. Simak cara gurah mesin mobil sendiri dibawah ini:



1. Panaskan mesin hingga suhu kerja normal


Langkah pertama sebagai cara gurah mesin mobil sendiri adalah dengan memanaskan mesin hingga mencapai suhu kerja normal. Cukup hidupkan mesin dan tunggu sampai kipas radiator berputar. Memanaskan mesin akan mempermudah proses cairan gurah mesin dalam merontokkan karbon-karbon yang ada. Dengan begitu hasil yang didapat bisa lebih maksimal. Jika suhu mesin sudah panas, matikan mesin lalu lanjutkan ke langkah berikutnya.



2. Buka semua busi yang ada


Untuk keamanan sistem eletrikal di mobil, ada baiknya kita melepas terminal negatif aki. Setelah itu, buka semua busi yang ada dengan menggunakan kunci busi. Hati-hati terhadap busi yang panas. Gunakan kain lap kering untuk memegang busi. Ada baiknya busi kita rendam di cairan gurah mesin dengan menggunakan sebuah wadah tersendiri. Tujuannya, agar kerak-kerak karbon dibusi rontok dan busi kembali bersih.

Dilangkah ini, ada baiknya juga kita memposisikan semua piston ke posisi sama rata, atau ada sebagian teknisi yang memposisikan di posisi top 1 atau top 4. Cara ini dianggap bisa lebih hemat dalam penggunaan cairan gurah mesin serta meminimalir cairan gurah mesin yang menetes ke oli mesin lewat celah ring piston.



3. Masukkan cairan gurah mesin melalui lubang busi


Setelah semua busi terbuka dan piston sudah dalam posisi sama rata, masukan cairan gurah mesin melalui lubang busi. Pastikan cairan gurah mesin ini cukup untuk digunakan ke seluruh lubang busi yang ada. Minimal sampai cairan terlihat pada di permukaan lubang busi.



4. Diamkan selama 10 sampai 15 menit


Tunggulah cairan gurah mesin selama 10 hingga 15 menit. Tujuannya adalah agar cairan gurah mesin bisa berproses melarutkan dan merontokkan kerak karbon yang ada di ruang bakar dan kepala piston. Sambil menunggu, anda bisa menggosok kepala busi dengan sikat gigi dan cairan karbon sehingga busi bersih dari kerak karbon.



5. Sedot cairan dengan alat vakum


Setelah 15 menit berlalu, siapka alat vakum gurah mesin. Masukkan selang vakum kedalam lubang busi untuk menyedot keluar seluruh cairan dan kotoran yang larut oleh cairan gurah mesin. Sedot cairan gurah mesin yang ada di lubang busi satu persatu. Pastikan proses penyedotan cairan dilakukan sampai tuntas dan tidak menyisakan cairan atau kotoran di dalam ruang bakar.



6. Ulangi langkah ke 3 sampai ke 5 hingga ruang bakar bersih


Agar hasil gurah mesin ini maksimal, ulangi langkah ke 3 sampai ke 5 satu kali lagi. Dan akhiri satu kali lagi sebagai langkah pembilasan untuk memastikan tidak ada kotoran tersisa berikut cairan gurah di dalam mesin.

Baca juga:



7. Pastikan cairan dan kotoran sudah tidak ada di dalam mesin


Vakum kembali seluruh ruang bakar yang ada dengan alat vakum gurah mesin. Pastikan cairan dan kotoran yang rontok sudah tidak ada lagi di dalam ruang bakar. Kelalaian dalam memastikan kebersihan seluruh ruang bakar dari cairan gurah dan kotoran bisa membuat mesin bermasalah (water hammer, hingga ring piston macet).



8. Pasang seluruh busi kembali seperti semula


Setelah yakin seluruh ruang bakar bersih dari cairan dan sisa kotoran, pasang busi kembali seperti semula. Rapikan dan pasang kembali seluruh komponen yang sebelumnya anda lepas untuk membuka busi termasuk memasang kembali terminal negatif aki ke posisinya semula.



9. Tes mesin dan biarkan hidup di posisi idling


Lakukan tes mesin dengan menstarter beberapa kali untuk memastikan mesin berputar dengan normal. Setelah yakin, hidupkan mesin dan biarkan dalam posisi idling selama beberapa menit untuk memastikan mesin sudah selesai digurah dengan sempurna.



10. Selesai


Sampai disini, cara gurah mesin mobil sendiri selesai. Anda bisa merapikan kembali alat dan bahan yang sudah digunakan.

Disclaimer: Perlu di ingat bahwa tutorial dalam artikel ini hanya sebagai gambaran bagaimana cara gurah mesin mobil sendiri dan bukan sebagai arahan langsung. Sebaiknya selalu gunakan jasa spesialis gurah mesin berpengalaman untuk meminimalisir resiko. Segala kerugian dan kerusakan yang terjadi karena mengikuti tutorial ini adalah tanggung jawab dan resiko Anda sendiri.

Demikianlah artikel tentang cara gurah mesin mobil sendiri yang bisa ombro sampaikan. Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan anda.

Daftar isi
    SHARE