4 Rekomendasi oli transmisi mobil manual yang bagus
Oli transmisi adalah cairan pelumas yang ada di dalam transmisi kendaraan. Fungsi oli transmisi adalah untuk melindungi komponen-komponen transmisi dari panas dan kerusakan akibat gesekan selama bekerja. Ya, oli transmisi yang baik bisa mendinginkan suhu komponen, menghilangkan kotoran dan residu, memperlancar gesekan yang terjadi selama transmisi bekerja.
Oleh karenanya, oli transmisi harus bisa memenuhi segala aspek yang dibutuhkan agar komponen di dalam transmisi (seperti gear, bearing, dan shaft) bisa tahan lama dan tidak mudah rusak akibat beban kerja dan tekanan yang diterimanya. Dan untuk memenuhi perlindungan yang dibutuhkan, maka oli transmisi harus memenuhi beberapa aspek penting seperti misalnya tingkat SAE (kekentalan oli) dan API yang digunakan.
Berapa SAE untuk oli transmisi manual?
SAE ini merupakan tingkat kekentalan oli (yang sering disebut sebagai viskositas atau viscocity). Semakin tinggi tingkat kekentalannya, maka oli tidak mudah menguap apabila terjadi tekanan dan perubahan suhu yang tinggi. Nah, tingkat SAE pada tiap transmisi mobil manual tentu berbeda-beda. Oleh karenanya, anda wajib melihat nilai SAE dan API servicenya di buku panduan servis mobil yang sesuai dengan tipe dan jenis mobil Anda.
Namun begitu, SAE yang dibutuhkan oleh transmisi manual umumnya berkisar diantara SAE 80 dan 90. Seperti misalnya pada Toyota avanza, Raize, atau Daihatsu Xenia yang menggunakan oli transmisi manual dengan grade SAE 80.
Begitu pula dengan kode dan grade API yang dibutuhkan. Grade API akan menunjukkan tingkat aditif di oli tersebut yang ditandai dengan kode GL. GL merupakan singkatan dari Gear Lubricant yang menandakan bahwa pelumas ini khusus digunakan untuk melumasi roda gigi seperti pada transmisi atau gardan.
Khusus untuk oli transmisi manual, ia membutuhkan grade API GL tingkat 4, atau yang dikenal dengan GL-4. Sedangkan Untuk gardan (differential) membutuhkan grade API GL tingkat 5, atau sering disebut GL-5.
Apa bedanya API GL4 dan GL5?
Untuk menciptakan oli yang tahan terhadap tekanan tinggi, di perlukan zat additif berupa Phospor atau Sulfur. Kedua unsur ini sangat membantu agar oli tidak menjadi kental seperti lumpur saat mengalami tekanan dan temperatur tinggi.
Semakin banyak campuran sulfur dan phospor maka semakin tinggi kemampuan oli tersebut untuk di tekan. Semakin tinggi campuran sulfur dan phospor maka semakin tinggi pula angka di belakang GL.
Oli GL-5 memang memiliki lebih banyak kandungan sulfur dan phospor dibanding oli GL-4. Bahkan di beberapa sumber menyebutkan kalau kandungan sulfur dan phospor pada oli GL-5 bisa mencapai dua kali lipatnya dari GL-4. Hal inilah yang menyebabkan oli GL-5 lebih tahan tekanan dibanding GL-4.
Meskipun begitu, bukan berarti oli dengan GL-5 ini bagus untuk transmisi. Jumlah sulfur dan phospor yang terlalu banyak bisa membuat komponen syncromesh yang khusus bisa kita temukan di dalam transmisi mengalami korosi dan abrasi. Pasalnya, syncromesh ini terbuat dari bahan kuningan yang sangat rentan terhadap sulfur dan phospor.
Oleh karenanya, untuk oli transmisi manual, sebaiknya gunakan oli dengan tingkatan GL-4 saja, kecuali pihak pabrikan merekomendasikan oli dengan GL-5.
Atas dasar itulah, mengapa dalam memilih oli transmisi mobil manual, sangat disarankan untuk mengikuti standar dan rekomendasi oli transmisi manual yang sudah direkomendasikan oleh pihak pabrikan.
Baca juga:- Komponen transmisi manual dan fungsinya
- Cara dan perawatan transmisi manual dimobil
- Akibat oli transmisi manual kurang
Rekomendasi oli transmisi mobil manual yang bagus
Dibawah berikut ini adalah beberapa rekomendasi oli transmisi mobil manual yang bagus yang bisa anda pilih untuk digunakan di mobil manual anda.
1. Idemitsu Manual Transmission MTF
Salah satu oli transmisi mobil manual yang di rekomendasikan dalam artikel ini adalah Idemitsu Manual Transmission MTF. Oli ini pernah ombro ketahui sebagai salah satu rujukan oli transmisi manual yang digunakan di beberapa dealer resmi merek ternama.
Formulasinya dibuat khusus agar dapat meningkatkan pemindahan gigi yang mulus dan positif dalam kondisi kerja yang berat. Oli ini sangat direkomendasikan untuk semua mesin bensin dan diesel modern, terutama mobil Jepang.
Oli transmisi manual Idemitsu MTF memiliki SAE Grade 85W-85 dengan API grade GL-4. Secara grade, baik SAE dan API servicenya, oli transmisi manual ini bisa digunakan pada transmisi manual mobil masa kini. Untuk harga per liternya, oli ini berada di kisaran harga 60 sampai 70 ribu rupiah saja.
2. Pertamina RORED MTF SAE 80W-90 GL-4
Rekomendasi oli transmisi mobil manual yang bagus selanjutnya adalah Pertamina Rored MTF 80W-90 GL-4. Dari pengalaman kerja yang ombro ketahui, oli transmisi manual dari Pertamina ini bisa dibilang cukup mumpuni untuk digunakan sebagai oli transmisi manual di mobil-mobil masa kini.
Sejauh ini, transmisi manual dari mobil-mobil yang dirawat dengan oli RORED MTF SAE 80W-90 GL-4 ini tidak memiliki masalah besar. Transmisi bisa bekerja dengan normal dan tanpa kendala. Dipasar online, oli Rored MTF SAE 80-90 GL-4 ini dibandrol dengan harga sekitar 60 ribu sampai 75 ribu saja.
3. Castrol Manual GL-4 80W-90
Rekomendasi oli transmisi mobil manual yang bagus berikutnya adalah Castrol Manual GL-4 80W90. Reputasi castrol sebagai pelumas andalan memang tidak bisa dipungkiri. Oli ini kerap menjadi langganan untuk digunakan di ajang balap internasional. Hal ini menandakan daya tahan dan formulanya yang luar biasa.
Ya, Castrol Manual GL-4 80W-90 diciptakan untuk menciptakan stabilitas termal yang baik sekaligus melindungi komponen transmisi dari pembentukan endapan dan penebalan oli. Dengan begitu, oli ini dapat mempertahankan masa pakai dan kinerja pelumas serta komponen-komponen di dalam transmisi manual.
Untuk harganya sendiri saat ombro kutip dari beragam situs belanja online, harga Castrol Manual GL-4 80W-90 ini dibandrol dengan harga sekitar 50 ribu sampai 80 ribu per liter.
4. Shell Spirax S2 G
Shell Spirax S2 G ini juga menjadi salah satu rekomendasi oli transmisi mobil manual yang dibahas di artikel ini. Selama ini, Shell juga dikenal sebagai produsen oli yang turut serta di ajang balap mobil dan motor internasional. Maka tak heran jika kualitas yang ditawarkannya pun juga tidak bisa dianggap sebelah mata.
Sejauh ini, Shell mengeluarkan beberapa jenis oli untuk transmisi mobil manual. Namun yang ombro ketahui paling kompatibel dan bagus dengan transmisi manual mobil masa kini adalah Shell Spirax S2 G. Shell Spirax S2 G merupakan oli transmisi mobil manual multigrade dengan SAE80W-90 dan API servicenya GL-4. Oleh karenanya, oli ini cocok digunakan untuk transmisi mobil manual masa kini.
Harga yang ditawarkan untuk oli transmisi mobil maual merek Shell Spirax S2 G ini berada dikisaran 60 ribu sampai 70 ribu rupiah. Harga ini ombro cek di situs-situs marketplace saat artikel ini ditulis.
Demikianlah artikel tentang 4 rekomendasi oli transmisi mobil manual yang bagus untuk digunakan bisa ombro sampaikan. Semoga Artikel ini bisa bermanfaat.