Tabel torsi baut mesin 4G63 Mitsubishi Kuda Grandia MPI
Masih dalam artikel seputar tabel torsi baut mesin, kali ini ombro kembali menghadirkan informasi tentang tabel torsi baut mesin 4G63 Mitsubishi Kuda Grandia yang sudah menggunakan sistem injeksi.
Sebagai gambaran singkat, Mitsubishi kuda pertama kali diperkenalkan oleh PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) pada tahun 1999. Generasi pertamanya mengusung mesin 1.6 L bensin dengan sistem karburator dan mesin diesel 2.5 L.
Barulah pada tahun 2002, Mitsubishi kuda muncul dengan mesin bersistem injeksi 2.0L yang dikenal sebagai Mitsubishi Kuda Grandia. Namun sayangnya, kemunculan tipe ini juga menjadi generasi penutup Mitsubishi Kuda secara keseluruhan, dimana produksinya resmi dihentikan pada tahun 2005.
Mitsubishi Kuda Grandia menggunakan mesin bertipe 4G63 2000cc. Salah satu mesin gahar yang juga banyak diaplikasikan pada banyak mobil Mitsubishi bertipe sporty seperti Eterna, Galant VR-4, Lancer EVO, bahkan untuk mobil yang menggunakan sistem GDI (Gasoline Direct Injection) dan turbo.
Ya, mesin seri 4G6 ini memiliki banyak model. Mulai dari 4G61, 4G62, 4G63, 4G64, hingga 4G69 dan 4G6A. Khusus untuk 4G63 Kuda Grandia, mesin ini merupakan mesin injeksi SOHC berkapasitas 1997cc atau sering digenapi menjadi 2000cc.
Memiliki torsi maksimum 16,3kgm di 3000 rpm dan maksimum output sebesar 114ps di 5500 rpm. Mesin ini masih menggunakan timing belt yang membutuhkan penggantian timing belt setiap 50.000km sekali.
Nah untuk artikel kali ini, ombro akan berbagi informasi seputar tabel torsi baut mesin 4G63 Mitsubishi Kuda Grandia MPI. Simak tabel torsi baut mesin 4G63 Mitsubishi Kuda Grandia dibawah ini.
Tabel torsi baut mesin 4G63 Mitsubishi Kuda Grandia
ITEM / KOMPONEN | Torque (N.m) |
---|---|
CYLINDER HEAD (SILINDER KEPALA) | |
Rocker cover bolt (baut rocker cover / tutup silinder kepala) | 3.4 |
Ignition coil bolt (baut koil) | 10 |
Spark plug (busi) | 25 |
Rocker arm shaft (baut rocker shaft assembly) | 31 |
Cylinder head bolt (baut silinder head / silinder kepala) | 7.8 --> 0 + 20 + 90° + 90° |
TIMING BELT DAN OIL PUMP | |
Camshaft sprocket bolt (baut camshaft) | 88 |
Timing belt cover flange bolt | 11 |
Timing belt auto-tensioner bolt | 23 |
Power steering bracket | 49 |
Timing belt tensioner arm | 22 |
Timing belt tensioner puller | 48 |
Idler pulley | 35 |
Dumper pulley bolt (4pcs) | 25 |
Tensioner "B" (baut tensioner kecil) | 18 |
Engine support bracket | 49 |
Oil pump sprocket | 54 |
Counterbalance shaft sprocket | 45 |
Front case | 23 |
Oil level guide pipe bolt | 14 |
Oil pan | 6.9 |
Oil pump cover bolt | 16 |
Drain plug (baut pembuangan oli) | 39 |
FUEL INJECTOR | |
Injectors and delivery pipe | 12 |
Fuel pressure regulator (Multipoint fuel injection) | 9 |
Throttle body (Multipoint fuel injection) | 18 |
EXHAUST MANIFOLD | |
Exhaust manifold engine hanger | 29 |
Exhaust manifold nut | 49 |
Exhaust manifold cover | 13 |
Water outlet fitting | 13 |
INTAKE MANIFOLD AND WATERPUMP | |
Bracket Intake manifold stay | 31 |
Intake manifold bolt | 19 |
Waterpump bolt | 14 |
Engine hanger | 11 |
Engine coolant temperature sensor | 29 |
Water inlet fitting bolt | 13 |
Water inlet pipe bolt | 13 |
Thermostat housing | 24 |
PISTON DAN CONNECTING ROD | |
Connecting rod bearing nut (mur metal jalan) | 20 + 90° |
CRANKSHAFT DAN SILINDER BLOK | |
Flywheel bolt (baut flywheel / roda gila) | 132 |
Crankshaft dumper pulley bolt (baut puli crankshaft) | 118 |
Main bearing cap bolt (baut metal duduk) | 25 + 90° |
Rear engine oil seal case | 11 |
Rear plate bolt (upper) | 11 |
Rear plate bolt (lower) | 9 |
Oil pressure switch | 19 |
Oil screen | 18 |
Catatan: Nilai torsi pada tabel diatas menggunakan satuan Newton meter (Nm). Selalu perhatikan satuan yang digunakan pada kunci momen sebelum melakukan pengencangan baut.
Baca juga :- Tabel ukuran torsi baut mesin L300 Diesel 4D56
- Daftar spesifikasi dan ukuran kekencangan baut mesin Mitsubishi T120ss
- Ukuran Torsi baut mesin Colt Diesel Canter 4D34 Turbo
Tabel torsi diatas merupakan rangkuman yang sudah ombro periksa sebaik-baiknya. Untuk menghindari kesalahan dalam bekerja, ada baiknya anda tetap berpatokan pada buku panduan resmi yang diterbitkan produsen sesuai dengan model dan tipe mesin yang sedang anda kerjakan.
Demikianlah artikel tentang tabel torsi baut mesin 4G63 Mitsubishi grandia MPI yang bisa ombro sampaikan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat pembaca sekalian.