Tips membeli velg mobil bekas - OMBRO

Tips membeli velg mobil bekas

Untuk menekan biaya modifikasi namun tetap bisa menyalurkan hasrat untuk memodifikasi velg mobil, pilihan untuk membeli velg mobil bekas merupakan salah satu alternatif yang umum dilakukan.

Ya, harga velg mobil berkualitas tinggi bisa dibilang cukup mahal. Untuk 1 velg ori dengan merek berkualitas bisa dibandrol dengan harga sekitar 3-7 juta rupiah per velg belum biaya bea dan cukai jika velg tersebut harus import dari negara pembuatnya.

Selain harganya yang mahal, faktor penggunaannya yang hanya untuk harian dan hanya untuk tampil modis tentunya menjadi faktor pertimbangan terbesar para modifikator sehingga turut menentukan pilihan untuk membeli velg mobil bekas.

Namun begitu, membeli velg mobil bekas buka tanpa resiko. Anda bisa saja akhirnya merasa tidak nyaman dengan velg bekas yang baru dibeli karena mengganggu kenyamanan dan keamanan selama berkendara.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini ombro akan berbagi tips membeli velg mobil bekas yang bisa anda coba saat ingin memodifikasi velg mobil dengan budget minim. Simak tips membeli velg mobil bekas dibawah ini...

1. Jangan beli velg yang terlalu berat


Tips membeli velg mobil bekas yang pertama adalah jangan membeli velg mobil yang berat. Velg mobil yang terlalu berat selain bisa mengakibatkan mobil menjadi lebih boros bahan bakar, ia juga kerap menjadi indikator bahan dan material yang digunakan terlalu banyak mengandung unsur besi dibanding alumuniumnya.

tips membeli velg mobil bekas 1 - jangan yang berat

Sebagai perbandingannya, kita bisa mencontohnya melalui velg original merk ENKEI berkode PF05 Racing Series. Untuk velg ENKEI PF05 ukuran rim 16 inchi memiliki berat minimal 15.45 lbs atau setara dengan 7 kilogram. Sedangkan untuk velg 17 inchi berkisar diantara 8 - 9 kg, dan untuk ukuran 18 inchi beratnya berkisar diantara 9 - 11 kg. (sumber : enkei-wheels-catalog-2020.pdf page:08)

Jika saat memilih velg kita menemukan velg rim 16 inci memiliki berat diatas 8 kg, maka sebaiknya hindari membeli velg tersebut, karena bisa jadi velg tersebut bukan velg ori atau sudah mengalami perbaikan dan pengecatan ulang.


2. Waspada pada velg yang dicat ulang (repaint)


tips membeli velg mobil bekas 2- waspada velg repaint

Waspadalah pada velg yang sudah dicat ulang (repaint). Velg mobil bekas yang sudah di repaint ini memang ada yang murni hanya di repaint untuk memperbaiki tampilan velg tersebut, namun tak jarang ada pula yang digunakan untuk menutupi kekurangan pada velg bekas tersebut seperti bekas perbaikan atau tambalan pada sebagian kecil permukaan velg.

Jika anda tetap ingin membeli velg bekas repaint tersebut, sebaiknya perhatikan dengan lebih teliti di seluruh bagian velg, khususnya pada bagian bibir velg (tepi velg yang bertemu dengan ban) atau tepat pada bagian badan velg.

Baca juga :


3. Periksa bibir dan badan velg terhadap bekas perbaikan


tips membeli velg mobil bekas 3 - velg bekas perbaikan

Periksalah secara teliti tepat pada bibir velg serta pada badan velg terhadap bekas-bekas perbaikan. Bibir velg memang rentan terhadap kerusakan seperti peyang atau retak karena bagian inilah yang memiliki tumpuan terbesar untuk menopang beban kendaran.

Jika pada bibir velg terlihat sedikit peyang atau ada bekas tanda-tanda bekas perbaikan, sebaiknya jangan pernah membeli velg tersebut.


4. Cek kelurusan garis konstruksi velg


tips membeli velg mobil bekas 4 - cek garis konstruksi velg

Tips membeli velg mobil bekas yang berikutnya adalah pastikan garis konstruksi velg dalam kondisi yang lurus, tidak bengkok, atau hilang sebagian. Garis konstrukis velg ini bisa kita lihat di sekeliling badan velg.

Jika pada garis-garis konstruksi velg terlihat melengkung, tidak lurus ataupun hilang sebagian, hal ini menandakan bahwa velg tersebut peyang atau sudah pernah diperbaiki sebelumnya. Hindarilah membeli velg yang garis konstruksi velgnya sudah tidak lurus lagi.


5. Lakukan balancing jika memungkinkan


tips membeli velg mobil bekas 5 - balancing velg

Hal terakhir yang bisa dilakukan sebagai tips membeli velg mobil bekas yang bagus adalah dengan melakukan balancing velg. Hal ini umumnya sulit dilakukan mengingat tak banyak penjual velg yang bersedia melakukan hal ini.

Balancing velg merupakan point pengecekan velg yang cukup penting karena menyangkut kinerja saat velg berputar secara langsung. Dengan balancing, kita bisa melihat kadar ke-olengan velg tersebut. Jika untuk mendapatkan keseimbangan 0 velg tersebut membutuhkan banyak timah balance, maka ada baiknya untuk tidak memilih velg tersebut.
Daftar isi
    SHARE