Cara test manual sensor ckp (crankshaft position sensor) Avanza dengan multimeter - OMBRO

Cara test manual sensor ckp (crankshaft position sensor) Avanza dengan multimeter

Sensor CKP atau singkatan dari Crankshat Position Sensor merupakan salah satu komponen pada sistem EFI yang berfungsi untuk mengukur kecepatan putaran mesin, membaca sudut dan posisi crankshaft, serta menentukan waktu injeksi bahan bakar dan pengapian.

Sensor CKP memegang peran penting bagi kinerja mesin karena ia secara langsung mendeteksi putaran crankshaft guna menentukan kapan bahan bakar harus di injeksikan dan kapan pengapian harus dinyalakan.

test manual sensor ckp avanza

Kerusakan pada sensor CKP, biasanya akan berdampak langsung pada mesin mobil seperti mesin susah dihidupkan, mesin sering mati tiba-tiba, lampu MIL menyala, mesin bergetar saat idling, dan masih banyak lagi masalah mesin lainnya yang akan muncul ketika sensor CKP ini rusak (baca: 6 Gejala sensor CKP rusak yang akan muncul di mesin )

Dalam menentukan apa penyebab masalah mesin seperti contoh diatas memang tidak melulu akibat sensor CKP rusak. Oleh karena itu, diperlukanlah alat scanner untuk mengetahui apa penyebab utama dari masalah mesin tadi.

Secara umum, untuk mobil dengan sistem OBDII yang mengalami kerusakan sensor CKP akan menyalakan lampu MIL (Malfunction Indicator Lamp) di dashboard. Dan pada scanner tool akan menampilkan DTC (Diagnose Trouble Code) dengan kode DTC P0335 bertuliskan "Crankshaft Position Sensor A Circuit Malfunction".

Selain itu, kerusakan sensor CKP juga kerap menampilkan kode DTC P0339 bertuliskan "Crankshaft Position Sensor A Circuit Intermitten".

Salah satu cara untuk memastikan sensor CKP ini rusak atau tidak adalah dengan melakukan test manual sensor CKP dengan multimeter. Namun, oleh karena model dan bentuk CKP ini berbeda-beda pada tiap-tiap mobil, kita harus memastikan cara pengukurannya dengan mengikuti buku petunjuk service sensor CKP pada masing-masing mobil.

Dan pada artikel kali ini, ombro hanya akan memberikan informasi tentang cara test manual sensor CKP avanza tahun 2010 yang pada sensor CKP-nya hanya memiliki 2 pin kabel pada socketnya. Dibawah berikut adalah cara test manual sensor CKP Avanza

1. Siapkan Multimeter


Siapkan multimeter (sebaiknya gunakan multimeter digital) untuk pengukuran tahanan/ hambatan/ resistansi yaitu set pada ohmmeter. Lakukan "zero calibration" untuk keakuratan nilai pengukuran.


2. Siapkan Sensor CKP yang akan diukur.


Untuk mobil avanza 2010 ini, sensor CKP terletak didepan mesin dengan posisi dibawah dekat dengan pulley crankshaft. Sebaiknya dilepas untuk mempermudah pengukuran sekaligus untuk melakukan pemeriksaan fisik sensor.


3. Hubungkan pin 1 CKP sensor dengan kabel merah (positif) multimeter


Pasanglah kabel merah (positif) multimeter di pin no 1 pada CKP sensor. Pastikan Probe multimeter menyentuh pin dengan baik dan benar agar pengukuran bisa dilakukan dengan benar.

Baca juga :


4. Hubungkan pin 2 CKP sensor dengan kabel hitam (negatif) multimeter


Pasanglah kabel hitam (negatif) multimeter di pin no 2 CKP sensor. Pastikan probe menempel dengan benar. Perhatikan contoh pengukuran seperti pada gambar dibawah berikut.

mengetes ckp sensor avanza

Sebagai tambahan, untuk langkah no 3 dan 4 diatas, posisi kabel dan pin boleh dipasang secara terbalik hal ini mengingat sensor ckp avanza dengan 2 pin kabel ini merupakan komponen elektronik yang berupa kumparan di dalamnya


5. Baca hasil ukur dan bandingkan dengan tabel berikut


Bacalah hasil ukur sensor CKP pada layar pengukuran multimeter, kemudian bandingkan hasilnya seperti pada tabel dibawah berikut

Hubungan Tester Kondisi suhu Kondisi spesifikasi
1 - 2 Dingin (kurang dari 50˚C) 1630 - 2740 ohm
Panas (lebih dari 50˚C) 2065 - 3225 ohm

Jika hasil ukur tidak sesuai dengan tabel, hal ini menandakan bahwa telah terjadi kerusakan pada sensor CKP tersebut. Gantilah sensor CKP dengan yang baru.

Demikianlah artikel tentang cara test manual sensor ckp mobil avanza 2010 dengan multimeter yang bisa ombro sampaikan, semoga bisa bermanfaat.
Daftar isi
    SHARE