Berapa biaya ganti kampas kopling mobil ? - OMBRO

Berapa biaya ganti kampas kopling mobil ?

Biaya penggantian kopling mobil umumnya sangat tergantung dari banyak hal, kadang bisa murah, kadang bisa mahal. Ada beberapa faktor penting yang akan mempengaruhi besarnya biaya ganti kampas kopling mobil.

Seperti misalnya, harga yang ditawarkan oleh bengkel resmi tentunya akan lebih mahal dibanding dengan harga yang ditawarkan oleh bengkel umum karena biasanya, bengkel resmi memberikan jaminan baik pada kualitas pengerjaan, kualitas barang/parts, serta keakuratan dalam pemasangan.


Namun begitu, banyak juga bengkel umum yang turut memberikan jaminan pengerjaan layaknya bengkel resmi namun tidak pada spare partnya, sehingga disini, diperlukan kehati-hatian dalam memilih bengkel umum agar bisa mendapatkan harga yang lebih murah namun tetap berkualitas layaknya bengkel resmi.

Berikut beberapa faktor yang bisa menjadi penentu biaya ganti kampas kopling mobil
  1. Bengkel mobil yang dipilih bengkel resmi atau bengkel umum.
  2. Spare part yang digunakan genuine part atau non genuine part
  3. Jenis mobil dan sistem kopling yang digunakan
  4. Ada atau tidaknya kerusakan tambahan pada komponen lain yang masih berkaitan dengan sistem kopling mobil anda.
Keempat hal diatas sangat mempengaruhi besaran biaya yang harus dikeluarkan saat melakukan penggantian kampas kopling mobil. Oleh karenanya kita perlu mengetahui berapa banyak budget biaya perbaikan yang kita miliki agar perbaikan yang dilakukan bisa maksimal.

Secara umum, terdapat dua jenis biaya yang akan dikenakan saat melakukan perbaikan di bengkel, pertama adalah biaya spare part , kedua adalah biaya jasa. Pada bengkel resmi ada penambahan biaya pajak sebesar 10%. Berikut ini adalah contoh perhitungan biaya ganti kampas kopling mobil yang umum ditemukan dibengkel resmi ataupun bengkel umum.


Biaya spare part ganti kampas kopling mobil


Dalam penggantian kampas kopling mobil umumnya bengkel akan melakukan pemeriksaan lebih seksama terhadap seluruh sistem kopling mobil sehingga dapat ditentukan spare part apa saja yang akan diganti.

Berikut beberapa contoh sparepart yang diganti saat penggantian kampas kopling dimana bagian ini kerap disebut kopling set
  1. Kampas kopling (clutch disc)
  2. Rumah kopling (clutch cover)
  3. Klaher kopling (release bearing)
biaya ganti kampas kopling mobil

Berikut beberapa contoh biaya spare part kopling set untuk merek yang berbeda yang ombro sadur dari beberapa toko online dan marketplace yang ada seperti bukalapak dan tokopedia

No. Tipe Harga
1 Kopling Set Avanza xenia Rp. 1.350.000
2 Kopling Set Hyundai TRAJET Rp. 1.500.000
3 Kopling Set Vios Rp. 1.080.000
4 Kopling Set Suzuki Ertiga Rp. 1.750.000
5 Kopling Set Honda BRIO, Mobilio, Jazz Rp. 1.750.000
6 Kopling Set Xpander Rp. 2.500.000
*Harga diatas tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu

Namun begitu, pada bengkel resmi kerap dilakukan penawaran penggantian untuk beberapa komponen kopling tambahan berdasarkan kerusakan yang terjadi, berikut beberapa komponen tambahan yang kerap ditawarkan dalam penggantian kampas kopling mobil (tergantung dari model kopling mobil yang digunakan) :
  1. Pilot bearing (bearing input shaft) ; bearing tempat dudukan input shaft transmisi (pada beberapa tipe mobil ada yang tidak menggunakan pilot bearing ini)
  2. Seal crankshaft ; Seal untuk mencegah oli mesin bocor, letaknya ada dibagian belakang flywheel.
  3. Release fork (garpu pembebas) dan pivot ; garpu dudukan release bearing, diganti jika lubang pivot sudah aus (bagian ini sering menimbulkan bunyi-bunyi saat kopling diinjak).
  4. Oli transmisi ; Umumnya, oli transmisi akan dikeluarkan saat pembongkaran kopling, dan jika dilihat kotor atau sudah waktunya diganti maka akan ikut disarankan untuk diganti.

Baca juga :

Berikut ini adalah contoh gambaran biaya ganti kampas kopling mobil untuk mobil suzuki futura SL415 pick up (harga dibawah mengikuti e-parts suzuki yang diakses secara online tanggal 18 Februari 2020 dan bisa berubah-ubah sewaktu-waktu)

Harga spare part ganti kampas kopling mobil futura

No Spare parts Harga
1 Clutch disc Rp.    550.000,-
2 Clutch cover Rp.    650.000,-
3 Clutch release bearing Rp.    385.000,-
4 Pilot bearing (bearing input shaft) Rp.     33.000,-
5 Rear engine oil seal (seal oli mesin) Rp.    204.500,-
6 Oli Transmisi SGO 75W-80 GL4 2 liter Rp.    200.000,-
Total Rp. 2.020.500,-
*Harga diatas tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu

Maka, biaya spare part untuk ganti kampas kopling mobil suzuki futura diatas adalah sebesar Rp.2.020.500,-. Jika dilakukan pengantian di bengkel resmi, maka sobat akan dikenakan pajak sebesar 10% dari biaya tersebut.

Namun umumnya, penambahan pajak ini akan dihitung bersamaan dengan ongkos jasa bongkar pasang kampas kopling mobil ini. Jika ada penambahan spare part selain diatas, maka tentunya akan ada lagi tambahan biaya yang diperlukan.


Biaya jasa ganti kampas kopling mobil


Untuk biaya jasa ganti kampas kopling mobil ini juga sangat tergantung dari jenis mobil yang dikerjakan, ada jenis mobil yang biaya jasanya murah, ada pula jenis mobil yang biaya jasanya mahal.

Secara umum, biaya jasa ganti kampas kopling mobil untuk bengkel resmi berkisar diharga Rp.800.000,- sampai Rp.900.000,- sedangkan untuk bengkel umum berada dikisaran Rp.350.000 sampai Rp.500.000,-

Sebagai contoh kali ini, maka kita gunakan kembali mobil suzuki futura dalam menghitung biaya ganti kampas kopling mobil ini. Karena mobil jenis suzuki futura ini tergolong mobil kelas dasar, maka harga yang ditawarkan relatif lebih murah.

Untuk bengkel resmi, kisaran biaya jasa bongkar pasang kampas kopling mobil suzuki futura ini berkisar diantara harga Rp.400.000,- sampai Rp.600.000,- (untuk penghitungan kita ambil tengahnya , yaitu Rp.500.000,-). Sedangkan untuk bengkel umum, besaran biaya ganti kampas kopling mobil ini berkisar diantara Rp.200.000,- sampai Rp.300.000,-.


Berikut ini adalah contoh total biaya ganti kampas kopling mobil suzuki futura jika dilakukan di bengkel resmi

No Biaya Perbaikan Harga
1 Spare parts Rp. 2.020.500,-
2 Jasa Rp. 500.000,-
Subtotal Rp. 2.520.500,-
3 Ppn 10% Rp. 252.050,-
Total Rp. 2.772.550,-
*Harga diatas tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu

Maka, total biaya spare part dan jasa ganti kampas kopling mobil futura untuk artikel kali ini berada di kisaran harga Rp 2.772.550,-

Harga diatas tentu saja bukan harga resmi yang mengikat karena sangat tergantung dari 4 hal seperti yang sudah ombro sampaikan diatas sebelumnya. Harga ini bisa saja kurang apabila dilakukan di bengkel umum, menggunakan sparepart non genuine, serta tidak seluruh parts diganti.
Daftar isi
    SHARE