4 Penyebab knalpot bocor dan tips mengatasinya - OMBRO

4 Penyebab knalpot bocor dan tips mengatasinya

Masalah knalpot bocor pada mobil haruslah segera ditangani, pasalnya tidak hanya kerugian pada mobil itu sendiri saja, namun gas buang yang keluar melalui lubang kebocoran, bisa mengakibatkan ganguan kesehatan hingga kematian bagi orang yang terlalu lama menghirupnya.

Penyebab knalpot bocor ini cukup beragam namun yang paling umum adalah akibat usia pakai yang sudah terlalu lama serta akibat karat yang terjadi di knalpot, terutama untuk mobil-mobil yang beroperasi di daerah pantai dan sekitarnya. Berikut adalah 4 penyebab knalpot bocor dan tips menghadapinya

penyebab knalpot bocor


1. Paking knalpot rusak


Penyebab knalpot bocor yang pertama adalah akibat paking knalpot rusak. Paking knalpot memiliki bentuk dan material yang berbeda-beda. Selain itu, jumlahnya tidak hanya satu, melainkan ada beberapa paking yang digunakan mulai dari exhaust manifold sampai muffler.

Kerusakan paking knalpot bisa terjadi oleh beberapa hal seperti contohnya, akibat usia pakai serta saat proses bongkar pasang knalpot.

Saat paking knalpot rusak akibat usia pakai sehingga kehilangan fungsi untuk mencegah kebocoran kanlpot, umumnya akan ditandai dengan munculnya bekas asap berwarna hitam yang terdapat di sekitar lubang kebocoran.

Untuk mengatasi knalpot bocor akibat paking knalpot rusak ini adalah dengan mengganti paking knalpot dengan yang baru.


2. Knalpot sudah karatan


Penyebab knalpot bocor yang kedua adalah akibat knalpot sudah karatan. Ya, masalah karat umum dialami oleh komponen mobil yang mengandung unsur besi dan logam seperti pada knalpot.

Knalpot mobil umumnya diletakkan dikolong mobil sehingga sangat rentan terpapar air hingga lumpur yag kerap menempel di knalpot. Selain itu, knalpot juga dilalui unsur panas dari sisa hasil pembakaran mesin yang mempercepat proses oksidasi dan karat.

Gabungan antara air , lumpur serta panas pada knalpot menyebabkan proses pembentukan karat pada knalpot akan semakin cepat.

Knalpot yang karatan umumnya bisa dikenali dari bentuk fisiknya yang mulai muncul bintik-bintik kecoklatan yang jika semakin banyak akan semakin membuat dinding knalpot rapuh. Rapuhnya dinding-dinding pipa knalpot ini lambat laun akan mengakibatkan kebocoran pada knalpot.

Untuk mengatasi knalpot bocor akibat karatan yang paling umum adalah dengan melakukan penggantian plat yang berkarat dengan cara potong sambung dengan las atau dengan mengganti knalpot yang karatan secara utuh.

Baca juga :


3. Baut dan pegas joint knalpot rusak


Penyebab knalpot bocor yang ketiga adalah akibat baut dan pegas joint knalpot rusak. Baut dan pegas joint knalpot ini berfungsi untuk menyambungkan pipa knalpot antara down pipe dengan pipa pada catalytic converter.

Secara umum, kerusakan pada komponen ini memang jarang terjadi, namun ombro pernah menemukan kasus kebocoran knalpot akibat baut dan pegas joint knapot ini rusak. KErusakan yang terjadi mangakibatkan tidak kencangnay sambungan kanlpot dan membuat kanlpot menjadi bocor.

Untuk mengatasi knalpot bocor akibat baut dan pegas joint knalpot rusak ini umumnya harus dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu terkait kerusakan yang terjadi. JIka hanya rusak di baut atau pegasnya saja, maka cukup dilakukan penggantian baut dan pegas.

Namun jika kerusakan terjadi pada mur penguncinya, maka perlu pebaikan pada mur pengunci tersebut.


4. Terbentur benda tajam


Penyebab knalpot mobil bocor yang terakhir ombro ketahui adalah akibat knalpot terbentur benda tajam dijalan seperti batu, kayu, dan lain-lain. Secara umum, knalpot cukup kuat untuk menahan benturan, namun terkadang juga bisa terjadi sobekan pada dinding knalpot sehingga menimbulkan kebocoran.

Untuk mengatasi knalpot bocor akibat terbentur benda tajam ini umumnya dilakukan pengelasan pada bagian yang terkoyak, mulai dari pengelasan ulang hingga menambahkan plat untuk menutup lubang yang bocor.

Penggantian dengan knalpot yang baru juga bisa dilakukan namun tentunya membutuhkan biaya yang sedikit lebih mahal dibanding dengan mengelas ulang.

Demikianlah artikel tentang 4 penyebab knalpot bocor dan tips mengatasinya yang bisa ombro sampaikan, semoga bisa bermanfaat.

Daftar isi
    SHARE