Penyebab mobil keluar asap dari kap mesin - OMBRO

Penyebab mobil keluar asap dari kap mesin

Masalah asap yang keluar dari kap mesin mobil pastinya akan membuat kita menjadi khawatir. Yang pertama muncul dipikiran adalah adanya api dibagian mesin yang membakar sesuatu sehingga muncul asap yang keluar melalui kap mesin.

Pemikiran tersebut tentunya normal dan wajar karena ada asap biasanya ada api, dan tindakan preventif untuk mencegah mobil terbakar tentunya wajib dilakukan.

Meskipun begitu, sobat tidak perlu terlalu panik saat melihat kap mesin mengeluarkan asap yang berasal dari mesin, Tetap tenang dan pinggirkan mobil dengan segera untuk memeriksa kondisi sebenarnya yang terjadi.

penyebab mobil keluar asap dari kap mesin

Ya, asap yang keluar dari kap mesin ini memang tidak melulu akibat adanya api yang membakar sesuatu di mesin. Ada beberapa hal yang juga bisa menjadi penyebab mobil keluar asap dari kap mesin. Apa saja penyebabnya ?

Pada artikel berikut, ombro akan menjelaskan apa saja penyebab mobil keluar asap dari kap mesin yang kadang muncul di mobil secara tiba-tiba, simak penyebabnya di bawah ini.


1. Terjadi kebocoran oli yang mengenai knalpot mesin


Penyebab mobil keluar asap dari kap mesin yang pertama adalah akibat terjadinya kebocoran oli atau ada oli mesin yang tercecer dan mengenai header (knalpot atas) mobil. Ceceran oli atau rembesan oli yang mengenai bagian header dan knalpot akan membuat oli tersebut menguap dan menimbulkan asap berwarna putih kebiru-biruan.

Jika jumlah ceceran olinya sedikit, biasanya tidak akan terlalu terlihat, namun jika oli yang tercecer dalam jumlah banyak, maka asap putih kebiruan akan tampak dan keluar dari kap mesin mobil.

Berikut beberapa contoh kebocoran oli yang kerap menimbulkan asap putih akibat oli tercecer dan mengenai knalpot mobil.
  • Filter oli rembes akibat pemasangan yang kurang kencang atau sisa oli saat penggantian filter tidak dibersihkan.
  • Gasket seal tutup kepala silinder yang sudah getas dan rusak sehingga oli mesin rembes melalui gasket seal tutup kepala silinder dan mengenai knalpot


2. Terjadi kebocoran pada exhaust sistem


Penyebab mobil keluar dari kap mesin yang berikutnya adalah akibat terjadinya kebocoran udara pada sexhaust sistem (knalpot). Kebocoran yang terjadi pada exhaust sistem ini kerap memunculkan asap yang berwana abu-abu kehitaman.

Asap yang berwarna abu-abu kehitam-hitaman ini merupakan asap hasil sisa pembakaran di dalam mesin yang keluar melalui lubang yang ada pada exhaust sistem yang bocor. Ketika sistem exhaust bocor, biasanya disertai terjadinya perubahan suara pada knalpot mobil, selain itu kerap dirasakan tenaga mesin akan berkurang.

Berikut beberapa komponen yang sering mengalami kebocoran pada sistem exhaust
  • Packing sambungan antara front pipe dengan header
  • Gasket exhaust manifold bocor akibat usia pakai yang sudah terlalu lama
  • Header knalpot karat dan berlubang


3. Terjadi kebocoran air radiator


Penyebab mobil keluar asap mesin selanjutnya adalah akibat terjadinya kebocoran air radiator yang mengenai bagian knalpot. Air radiator yang dalam jumah banyak bocor dan mengenai knalpot akan mengalami penguapan secara tiba-tiba sehingga akan menimbulkan asap.

Asap yang muncul akibat kebocoran air radiator dan mengenai knalpot ini umumnya berwarna putih ke abu-abuan yang disertai munculnya uap air pada bagian kap mesin yang terpapar asap tersebut.

Berikut beberapa komponen pada cooling sistem yang kerap bocor sehingga membuat mobil keluar asap dari kap mesin.
  • Selang radiator yang bocor /pecah
  • Radiator bocor dan muncratannya mengenai kanlpot
  • Selang saluran by pass rembes/ bocor atau pecah


4. Masalah kelistrikan


Maslah kelistrikan pada mobil juga dapat membuat mobil keluar asap dari kap mesin. Hal ini bisa terjadi akibat adanya short dan kosleting listrik yang menyebabkan komponen kelistrikan di mesin menjadi terbakar dan menimbulkan asap. Korsleting listrik kerap terjadi akibat kesalahan melakukan modifikasi dan penambahan komponen yang tidak cocok pada jalur kelistrikan mobil .

Asap yang ditimbulkan akibat terbakarnya beberapa komponen kelistrikan umumnya akan berwarna putih ke abu-abuan dan disertai bau gosong seperti akibat kabel terbakar.

Berikut beberapa komponen kelistrikan mobil yang kerap menimbulkan korsleting pada kelistrikan mobil
  • Terbakarnya harness headlamp akibat tidak sesuai spesifikasi penggunaan
  • Terbakarnya socket headlamp akibat menggunakan bohlam yang lebih besar watt-nya
  • Menggunakan fuse yang sudah putus dan dimodifikasi dengan kawat tembaga.

Baca juga :


5. Belt yang selip akibat bearing macet


Penyebab mobil keluar asap dari mesin ang terakhir ombro ketahui adalah akibat selipnya belt dimesin akibat idle bearingnya macet dan tidak mau berputar. Belt yang terbuat dari karet akan tergerus, panas bahkan dapat mengeluarkan asap akibat idle bearing yang digunakan pada belt tersebut macet dan tidak mau berputar.

Asap yang muncul akibat belt yang selip ini umumnya akan berwarna putih keabu-abuan yang disertai dengan bau gosong akibat karet terbakar.

Demikianlan 5 penyebab mobil keluar asap dari kap mesin yang bisa ombro sampaikan, semoga bisa bermanfaat

Daftar isi
    SHARE