Gejala kampas kopling mobil matic habis dan ciri-cirinya - OMBRO

Gejala kampas kopling mobil matic habis dan ciri-cirinya

Tahukah anda jika mobil maticpun juga menggunakan kampas kopling sebagai komponen utama yang digunakan agar mobil matic bisa bergerak? Ya, mobil matic yang ada saat ini, masih banyak yang menggunakan kampas kopling pada komponen transmisinya.

Namun, kampas kopling yang digunakan pada transmisi mobil matic tentu saja berbeda dengan kampas kopling pada mobil manual. Mobil matic menggunakan kampas kopling tipe basah dan terdiri dari banyak kampas kopling didalamnya.

gejala kampas kopling mobil matic habis

Kampas kopling pada mobil matic ini juga bisa habis layaknya kampas kopling pada mobil manual. Lantas apa saja gejala yang akan muncul jika kampas kopling mobil matic ini habis?

Nah, pada artikel kali ini, ombro akan berbagi informasi seputar masalah mobil tentang gejala kampas kopling mobil matic habis dan ciri-cirinya yang bisa kita ketahui, simak infonya dibawah berikut ini...


1. Perpindahan gigi otomatisnya terasa kasar


Gejala kampas kopling mobil matic habis yang umum pertama kali muncul adalah kondisi perpindahan gigi otomatisnya terasa kasar dan kurang nyaman saat dikendarai.

Pergeseran gigi transmsi otomatis dari gigi rendah ke gigi tinggi dan begitu pula sebaliknya, tidak lagi terasa halus dan lembut, selain itu perpindahan gigi otomatisnya juga kerap disertai dengan respon akselerasi mobil yang terasa lambat.

Gejala ini umumnya akan muncul karena proses terhubungnya gigi mobil matic menjadi terganggu akibat kampas kopling yang habis.


2. Muncul getaran dan suara kasar dari transmisi


Gejala kampas kopling mobil matic habis berikutnya adalah munculnya getaran dan suara kasar dari transmisi matic saat berkendara. Kampas kopling mobil matic yang habis menyebabkan terjadinya gesekan antara plat besi dengan plat besi di dalam transmisi matic.

Akibat gesekan antara plat besi didalam kopling mobil matic ini, akan menyebabkan munculnya getaran pada transmisi mobil matic yang bisa merembet hingga ke bodi mobil meskipun tidak terlalu besar getarannya. Selain itu, juga akan muncul suara kasar dari dalam transmisi matic seperti munculnya suara "srek-srek" ataupun "kerrr-kerrr".


3. Muncul hentakan saat perpindahan gigi otomatis


Gejala kampas kopling mobil matic habis yang selanjutnya adalah munculnya hentakan saat perpindahan gigi otomatis. Hentakan yang muncul ini tentunya sangat tergantung dari komponen kopling matic yang mana yang habis.

Hentakan kadang muncul saat terjadi perpindahan dari D ke L, atau saat dari R ke P, atau bahkan hentakan terjadi di seluruh posisi perpindahan gigi matic.

Hentakan ini muncul akibat adanya slip pada kampas kopling yang kondisi seharusnya perpindahan gigi di transmisi sudah terjadi. Saat kondisi ini, terjadi perbedaan putaran yang sangat besar antara input (dari mesin) dengan output (ke poros roda).

Oleh karena proses terhubungnya gigi transmisi menjadi terlambat, akibatnya akan muncul hentakan secara tiba-tiba ketika gigi transmisi sudah benar-benar terhubung.


4. Mobil terasa tidak bertenaga


Gejala kampas kopling mobil matic habis yang ke empat adalah mobil terasa tidak bertenaga. Saat kampas kopling mobil matic habis, maka putaran dari mesin tidak dapat disalurkan dengan sempurna hingga ke roda.

Ada sebagian tenaga dan kecepatan yang berkurang dengan sendirinya akibat kampas kopling mobil matic ini habis. Istilahnya sering disebut loss. Bahkan, jika kerusakannya yang terjadi di kampas kopling sudah teramat parah, mobil bisa saja tidak dapat bergerak maju atau mundur meskipun tuas transmisi sudah pada posisi berkendara.


5. Tuas persneling terasa seperti "nyangkut"


Gejala kampas kopling mobil matic habis juga bisa ditandai saat kita merasakan tuas persneling terasa seperti "nyangkut" saat di geser-geser sesuai mode mengemudi.

Misalnya, saat kita menggeser tuas ke posisi D dan kita siap berkendara dengan pedal gas di tekan, mobil tidak mau bergerak meskipun rpm mesin sudah meningkat. Setelah tuas persneling di gerak-gerakan, barulah gigi transmisi terasa tesambung dan mobil baru bisa mulai bergerak.

Baca juga 


6. Tidak kuat menanjak


Gejala kampas kopling mobil matic habis yang berikutnya adalah mobil menjadi tidak kuat menanjak. Ya, kondisi ini kerap muncul akibat putaran mesin sudah tidak lagi seratus persen dialihkan oleh transmisi menjadi tenaga untuk mendorong mobil.

Tenaga mesin kerap terbuang akibat slip dan panas sehingga putara mesin tidak mampu lagi memutar transmisi untuk mendorong mobil agar bisa melewati jalan menanjak.


7. Konsumsi bahan bakar lebih boros


Konsumsi bahan bakar lebih boros juga bisa menjadi tanda dan gejala dari kampas kopling mobil matic habis. Kondisi ini umumnya akibat pengemudi yang menekan pedal gas lebih dalam akibat gerakan mobil tidak sesuai dengan keinginan yang diharapkan.

Menekan pedal gas lebih dalam tentunya akan berakibat pada kenaikan tingkat konsumsi bahan bakar sehingga mobil menjadi lebih boros.


8. Oli matic berubah warna menjadi keruh dan kehitaman


Gejala kampas kopling mobil matic habis yang terakhir ombro ketahui adalah ketika oli matic cepat berubah warna menjadi keruh dan kehitaman. Normalnya, oli matic bekas dengan penggunaan normal akan tetap berwarna jernih namun dengan warna sedikit lebih gelap (tidak hitam).

Saat kampas kopling mobil matic habis, maka warna oli matic akan berubah menjadi keruh (seperti ada serbuk) serta berwarna gelap (mendekati kehitam--hitaman) akibat tercampur residu kampas kopling yang gosong.

Demikianlah artikel tentang gejala kampas kopling mobil matic habis yang bisa ombro sampaikan, semoga bisa bermanfaat.

Daftar isi
    SHARE