Penyebab blower ac mobil berisik - OMBRO

Penyebab blower ac mobil berisik

Bisa jadi saat ini anda sedang merasa risih karena mendengar suara berisik saat ac mobil dinyalakan, dan parahnya, suara berisik itu hilang saat ac mobil di matikan.

Ya, suara berisik yang muncul saat ac mobil dinyalakan memang bisa bersumber dari berbagai komponen AC mobil, namun penyebab ac mobil berisik saat dinyalakan yang paling sering ditemukan adalah berasal dari blower ac mobil.

Blower ac mobil berfungsi untuk menghembuskan udara dingin yang dihasilkan evaporator ac menuju ke ruang kabin mobil melalui saluran dan kisi-kisi ac mobil. Blower ac mobil ini terletak didalam casing dekat dengan evaporator AC dan di letakkan di bagian dashboard mobil tepatnya dibelakang laci dashboard penumpang depan.

penyebab blower ac mobil berisik

Jika suara berisik yang muncul saat ac dinyalakan terdengar bergitu nyaring dibagian belakang laci penumpang depan, bisa dipastikan bahwa blower ac mobillah penyebabnya. Lantas apa saja yang menjadi penyebab blower ac mobil berisik ? Dibawah berikut merupakan beberapa penyebab blower ac mobil berisik yang ombro ketahui...


1. Ada benda asing masuk ke blower ac


Penyebab blower ac mobil berisik yang paling sering terjadi adalah akibat ada benda asing masuk ke blower ac, seperti misalnya daun, kertas atau plastik.

Daun kerap masuk melalui kisi-kisi saluran udara di depan dekat dengan kaca dan kap mesin, sedangkan kertas atau plastik, kerap terhisap masuk ke blower ac karena letak blower ac ini umumnya dekat dengan laci penumpang depan, dimana kita sering menaruh kertas atau plastik di dalamnya.

Benda-benda asing yang masuk kedalam blower ac inilah yang kemudian akan bergesekan dengan kipas blower saat berputar sehingga menimbulkan bunyi dan berisik di sekitar blower ac.


2. Bearing / bushing motor blower sudah oblak


Bearing / bushing pada motor blower ini merupakan bagian yang akan menahan poros motor blower agar tetap berputar lurus dan rata. Bearing / bushing ini akan terus bergesekan dengan batang poros motor blower sehingga lambat laun akan menimbulkan aus dan oblak bada bagian tersebut.

Ketika bearing / bushing motor blower ac ini aus dan oblak, maka gesekan yang terjadi antara poros motor blower dengan bushing ini menjadi lebih keras dan tidak halus lagi. Gesekan tersebut akan menimbulkan bunyi mendengung sehingga menyebabkan blower ac mobil berisik saat dinyalakan.


3. Poros motor blower oblak


Selain bearing /bushing, blower ac mobil berisik juga bisa disebabkan akibat poros motor blower oblak. Poros motor bloer oblak ini bisa terjadi akibat bagian yang bergesek dengan busing / bearing sudah terlalu aus.

Karena poros blower ac ini digunakan sebagai tumpuan kipas blower untuk berputar, maka kipas blower akan menjadi oleh saat berputar. Akibatnya kipas motor blower bisa mengenai sebagian dinding / sisi pada motor ataupun casing blower sehingga menyebabkan blower ac bunyi dan berisik.

Baca juga :


4. Debu pada kipas blower sudah terlalu tebal


Penyebab motor blower ac berisik lainnya adalah akibat debu yang menempel pada kipas blower sudah terlalu tebal. Kipas blower umumnya memiliki bilah-bilah kipas yang jaraknya tidak terlalu lebar, sehingga ketika debu terlalu banyak menempel pada bilah-bilah tersebut umumnya akan memperkecil jarak antar bilah pada kipas blower.

Saat kipas blower berputar, jarak yang sempit pada bilah kipas blower akibat penumpukan debu ini bisa menimbulkan bunyi seperti siulan. Semakin cepat motor blower diputar, maka semakin keras juga bunyi siulan yang keluar dari blower ac tersebut.


5. Kipas Blower sudah tidak simetris


Penyebab kipas blower ac mobil berisik yang terakhir ombro ketahui adalah akibat kipas blower sudah tidak simetris posisinya. Ketidak simetrisan kipas blower in bisa terjadi karena poros dudukan kipas terlalu panas dan menyebabkan dudukan poros pada kipas blower meleleh.

Melelehnya dudukan poros akan menyebabkan posisi kipas blower tidak lagi simetris terhadap poros dan motor blower. Akibatnya, ketika blower berputar, kipas blower juga akan berputar namun dalam kondisi yang oleng. Kondisi inilah yang akan menyebabkan kipas blower bergesekan dengan bagian-bagian lain pada motor blower atau casing blower sehingga menyebabkan blower ac mobil berisik.

Demikianlah artikel tentang penyebab blower ac mobil berisik ini bisa ombro sampaikan, sempga bisa bermanfaat.

Daftar isi
    SHARE