Penyebab blower ac mobil mati - OMBRO

Penyebab blower ac mobil mati

Blower ac mobil merupakan komponen pada sistem pendingin ruangan kabin yang berfungsi untuk menghembuskan udara dingin dari evaporator menuju ke ruangan kabin mobil. Dengan bagitu suhu yang ada di dalam kabin juga menjadi dingin.

Untuk mengaktifkan blower ac ini, kita cukup memutar skalar ac bergambar kipas yang ada di panel dashboard. Setelah saklar di on kan, maka hembusan angin dari kisi-kisi ac akan keluar mengisi ruangan kabin.

penyebab blower ac mobil mati

Blower ac mobil yang mati dan rusak akan menyebabkan angin/ udara dingin dari lubang kisi-kisi ac mobil tidak mau keluar. Lantas apa saja yang bisa menyebabkan blower ac mobil mati sehingga udara dingin tidak dapat berhembus ke dalam kabin ? Berikut beberapa penyebab blower ac mobil mati


1. Sekring blower AC putus


Penyebab blower ac mobil mati yang paling umum adalah akibat sekring blower ac yang putus. Sekring blower AC ini umumnya bisa di temukan pada kotak sekring yang ada di bagian mesin. Sekring blower ac umumnya memiliki nilai ampere yang besar setidaknya sekitar 40A dengan kode BLR, BLOWER, dan sejenisnya.

Sekring blower ini berfungsi sebagai pengaman arus listrik yang mengalir ke blower motor dari kondisi short circuit yang bisa mengakibakan kebakaran. Jika sekring blower yang baru dipasang masih tetap putus, maka bisa dipastikan bahwa pada jalur listrik blower ac terdapat konsleting.

Jika ini terjadi, sebaiknya mobil dibawa ke bengkel karena untuk penanganan jalur listrik yang konslet membutuhkan wiring diagram serta pengetahuan perbaikan yang mumpuni.


2. Relay Blower AC rusak


Penyebab blower ac mobil mati selanjutnya adalah akibat relay blower ac yang rusak. Relay blower berfungsi untuk memisahkan penggunaan arus listrik berdaya besar (ke motor blower) dengan arus listrik berdaya kecil (switch / saklar blower). Tujuannya untuk mencegah switch/saklar blower tidak cepat rusak akibat dilewati arus lisrik yang besar.

Ketika saklar blower di aktifkan maka relay akan menghubungkan saklar dari aki ke motor blower. Ketika relay blower ini rusak , maka arus listrik tidak dapat mengalir dari aki ke motor blower. Akibatnya blower ac mobil mati dan tidak dapat berputar.


3. Resistor Blower putus dan rusak


Penyebab blower aca mobil mati yang berikutnya adalah resistor blower putus. Resistor blower merupakan susunan dari tahanan listrik (resistor) yang besar kecilnya tahanan tersebut akan mempengaruhi kecepatan putaran dari motor blower.

Saat listrik yang mengalir ke blower melewati tahanan yang besar, maka putaran motor akan pelan, begitu pula sebaliknya, ketika arus listrik mengalir ke blower pada bagian yang tidak memiliki tahahan atau tahanannya kecil, maka kecepatan putaran motor akan semakin cepat.

Saat resistor blower ini putus, maka arus listrik yang mengalir ke motor blower juga akan terputus, akibatnya, blower ac mobil mati dan tidak bisa berputar.

Baca juga :


4. Motor Blower AC rusak


Motor blower ac yang rusak juga kerap menjadi penyebab blower ac mobil mati. Motor blower ac ini merupakan dinamo yang jika diberi aliran arus listrik maka dinamo ini akan berputar. Di dalam motor blower terdapat kumparan, magnet, dan carbon brush.

Kumparan dan carbon brush ini kerap mengalami kerusakan seperti carbon brush habis atau kumparan mengalami short. Ketika kedua kondisi diatas terjadi, maka motor blower ac ini sudah dianggap rusak. Ada beberapa blower ac yang bisa diperbaiki dengan penggantian brushnya saja. Namun umumnya, motor blower ac ini lebih banyak diganti secara utuh (assy).


5. Switch / saklar blower rusak


Penyebab blower ac mobil mati yang terakhir ombro ketahui adalah akibat switch / saklar blower rusak. Switch / saklar blower ac ini bisa kita temukan pada bagian console tengah di dalam kabin yang tombolnya memiliki icon berbentuk kipas.

Switch ini terdiri dari beberapa titik putar yang berfungsi untuk meningkatkan kecepatan kipas blower atau mengurangi kecepatannya. Switch blower ac juga dapat mengalami kerusakan meskipun jarang terjadi. Ketika switch ini rusak maka arus listrik yang menuju ke blower ac tidak dapat mengalir sehingga blower ac mobil mati dan tidak dapat berputar.

Demikianlah artikel tentang penyebab blower ac mobil mati yang bisa ombro sampaikan, semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Daftar isi
    SHARE