Tips untuk lampu mobil kurang terang - OMBRO

Tips untuk lampu mobil kurang terang

Berkendara dengan lampu mobil kurang terang, terlebih jika perjalanan dilakukan pada malam hari hari, selain membuat tidak nyaman kondisi ini juga bisa berbahaya, baik untuk pengemudi maupun untuk pengendara lainnya.

Lampu mobil yang kurang terang membuat pengemudi menjadi kesulitan untuk mengetahui kondisi jalan serta situasi di sekitar jalanan. Akibatnya perjalanan lebih memakan waktu karena harus jalan secara perlahan dan harus lebih ekstra hati-hati.

tips untuk lampu mobil kurang terang

Untuk menghindari kondisi tersebut, maka satu-satunya cara adalah mengembalikan kondisi lampu mobil agar menyala lebih terang namun tidak membahayakan pengendara lainnya saat digunakan.

Pada artikel berikut ini, ombro akan berbgai tips untuk mengatasi lampu mobil yang kurang terang, berikut tips untuk lampu mobil kurang terang.


1. Bersihkan seluruh komponen lampu


Tips pertama untuk lampu mobil kurang terang adalah dengan membersihkan seluruh komponen lampu. Pembersihan ini diperlukan guna memastikan cahaya yang dihasilkan oleh lampu saat berpijar benar-benar dapat dipantulkan secara sempurna oleh reflektor tanpa adanya gangguan.

bersihkan seluruh komponen lampu

Berikut beberapa perhatian saat membersihkan seluruh komponen lampu mobil

  • Pastikan kaca/mika bening pada batok lampu dalam keadaan yang baik dan bening, tidak terdapat retak-retak, baret, atau sudah menguning akibat pernah menggunakan bohlam lampu yang terlalu panas.
  • Pastikan reflektor bagian dalam batok lampu masih dalam kondisi baik sehingga tampak seperti cermin yang bisa memantulkan cahaya.
  • Bersihkan socket lampu dan kabel jika terdapat kerak-kerak yang menempel di terminal socket lampu
  • Pastikan relay lampu, saklar lampu, sekring, dan kabel masih berfungsi baik sehingga dapat menghantarkan arus listrik dengan sempurna

Untuk kondisi batok lampu yang hanya buram pada bagian mika depannya (bagian reflektor masih bagus dan bersih), pembersihan bisa dilakukan dengan cara menggunakan metode nano burn coating yang akan memberikan hasil maksimal agar mika lampu menjadi bening kembali.

Namun, untuk batok lampu yang memang sudah benar-benar parah (khususnya batok lampu yang kerusakannya terjadi pada bagian reflektornya), maka solusi terbaik adalah dengan mengganti batok lampu kepala tersebut dengan yang baru.


2. Ganti bohlam lampu dengan yang baru


ganti bohlam lampu dengan yang baru

Tips kedua untuk lampu mobil kurang terang adalah dengan mengganti bohlam lampu dengan yang baru. Perlu diketahui bahwa bohlam lampu memiliki "lifetime" atau masa pakai yang terikat dengan waktu.

Hal ini dikarenakan bohlam lampu memiliki kandungan gas (halogen sebagai contohnya) serta kawat pijar yang semakin lama akan memudar kualitasnya. Sehingga, semakin lama bohlam lampu tersebut dipakai, maka akan semakin menurun kualitas cahaya yang dihasilkan. Efeknya juga akan membuat cahaya lampu mobil menjadi kurang terang.

Untuk mengganti bohlam lampu, sebaiknya pilih bohlam lampu yang sesuai dengan spesifikasi yang dianjurkan oleh pihak pabrikan, atau jika ingin mengubahnya pastikan nilai watt pada bohlam lampu yangbaru tetap sama.

Bohlam lampu yang kurang dari nilai spesifikasi akan menambah lampu menjadi tidak terang sedangkan daya watt terlalu besar juga bisa mengakibatkan kerusakan seperti batok lampu meleleh, bohlam putus atau kabel lampu terbakar. Selalu pastikan menggunakan bohlam lampu yang baru yang sesuai dengan spesifikasi pabrikan.

Baca juga :


3. Gunakan daya watt lampu lebih besar beserta relay set


menggunakan daya watt lampu lebih besar

Jika kedua tips tersebut diatas hasilnya masih kurang memuaskan dan lampu mobil masih terlihat kurang terang, cara berikutnya sebagai tips untuk lampu mobil kurang terang adalah dengan meningkatkan daya watt lampu beserta dengan relay set.

Umumnya, besaran daya pada lampu kepala pada mobil memiliki daya 60/55 watt. Dan untuk meningkatkan daya watt lampu, maka kita bisa memilih daya yang lebih besar yaitu dengan menggunakan lampu berdaya 100/90 watt yang kini juga sudah banyak beredar di pasaran.

Daya watt lampu yang lebih besar ini, tentunya akan meningkatkan kekuatan cahaya yang dihasilkan oleh lampu, akibatnya cahaya yang dipancarkan oleh lampu juga akan menjadi lebih kuat dan lebih terang.

Namun begitu, meningkatkan daya lampu mobil ini juga bisa berdampak buruk jika pemasangannya tidak benar dan di pasangkan pada batok lampu kepala yang tidak orisinal ataupun pada batok lampu yang bahannya tipis.

Oleh karena itu, sebelum melakukan peningkatan daya watt lampu beserta relay set-nya ini, ada baiknya sobat memperhatikan terlebih dahulu kondisi batok lampu kepala. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan diantaranya adalah

  • Jangan lakukan peningkatan daya pada batok lampu kepala yang menggunakan mika tipis. Menambahkan daya watt yang lebih besar pada lampu kepala bisa membakar dan merusak permukaan mika lampu kepala mobil.
  • Selalu gunakan tambahan relay set lengkap dengan sekringnya
  • Gunakan socket lampu kepala berbahan keramik agar tidak meleleh terkena panas
  • Perhatikan diameter kabel yang digunakan, semakin kecil diameter semakin beresiko mudah terbakar.

Ya, untuk mengganti bohlam lampu dengan daya yang lebh besar ada baiknya berkonsultasi dengan mekanik kepercayaan sobat karena masing-masing mobil memeliki spesifikasi yang berbeda sekaligus guna menghindari kerugian yang tidak diinginkan.

Demikianlah tips untuk lampu mobil yang kurang terang yang bisa ombro sampaikan, semoga bisa bermanfaat.

Daftar isi
    SHARE