Serba-serbi oli transmisi matic Toyota Avanza - OMBRO

Serba-serbi oli transmisi matic Toyota Avanza

Salah satu perawatan penting bagi mobil bertransmisi otomatis adalah pemeriksaan dan penggantian oli transmisi otomatis secara rutin. Ya, oli matic memegang peranan penting untuk menjaga kemampuan kerja dari seluruh komponen-komponen di dalam transmisi otomatis.

Kelalaian mengganti oli matic dapat menimbulkan beragam masalah pada transmisi otomatis. Seperti misalnya pindah gigi nyentak, matic ngelos, muncul noise, hingga mobil mogok akibat transmisi maticnya jebol. Untuk informasi lengkap tentag ciri matic bermasalah, sobat bisa membacanya pada artikel 10 ciri mobil matic bermasalah

 oli transmisi matic Toyota Avanza

Untuk menghindari masalah pada transmisi matic ini, maka penggantian dan pengurasan oli matic secara rutin dan teratur menjadi mutlak untuk dilakukan.

Nah, pada artikel kali ini, ombro akan berbagi informasi tentang serba-serbi oli matic toyota avanza mulai dari berapa liter oli transmisi matic avanza, jenis oli matic yang digunakan, hingga jadwal pemeriksaan dan penggantian oli maticnya. Simak info serba serbi oli matic Toyota Avanza dibawah ini..


Jenis oli matic yang digunakan Toyota Avanza


Jenis oli matic yang digunakan untuk Toyota Avanza adalah menggunakan Toyota Genuine ATF Jenis T-IV atau dapat menggunakan oli matic jenis DEXRON III. Untuk pemilihan jenis oli matic sebaiknya tetap mengikuti anjuran yang di rekomendasikan oleh pihak pabrikan.

Harga oli matic Toyota Avanza jenis T-IV ukuran 4 liter yang ada dipasaran saat ini dibanderol dengan kisaran harga 200-250 ribu. Ya, harga ini tentunya tidak mengikat, dapat berubah sewaktu-waktu. Ada baiknya untuk mengecek harga langsung ke dealer resminya.

Kesalahan menggunakan jenis oli matic bisa mengakibatkan kerusakan pada transmisi otomatis. Kerusakan yang terjadi akibat kesalahan pemilihan jenis oli matic bisa saja langsung dirasakan setelah penggantian, namun ada pula kerusakan yang terjadi secara perlahan.

Baca juga :


Jumlah oli matic yang dibutuhkan Toyota Avanza


Berdasarkan buku petunjuk pemilik kendaraan Toyota Avanza, untuk ganti oli matic toyota avanza ini dibutuhkan sekurang-kurangnya 4.9 Liter. Namun, dalam penggantian dan pengurasan oli matic toyota avanza ini biasanya membutuhkan jumlah yang lebih banyak, terlebih jika menggunakan mesin Automatic Transmission Fluid Changer.

Mesin ATF changer ini akan menguras seluruh oli matic yang bersirkulasi di dalam transmisi otomatis, termasuk oli yang berada di dalam torque converter, clutch dan brake, hingga di dalam valve body. Oleh karenanya jumlah oli matic yang dibutuhkan saat pengantian oli matic avanza ini bisa lebih dari 5 liter.


Jadwal Pemeriksaan Dan Penggantian Oli matic Avanza


Jadwal pemeriksaan oli matic avanza ini berada di rentang jarak 20.000 km atau diperiksa setiap satu tahun sekali (12 bulan). Sedangkan untuk penggantian oli maticnya berada di rentang jarak 40.000 km atau setiap dua tahun sekali (24 bulan).

Namun begitu, ada beberapa kondisi yang juga perlu diperhatikan dalam hal perawatan dan penggantian oli matic ini, seperti misalnya penggunaan kendaraan, medan jalan yang dilalui, hingga kerusakan dan permasalahan yang pernah dialami mesin.

Ketika mobil digunakan secara terus menerus dengan intensitas kecepatan yang tinggi serta berada pada jalan dan medan yang terlalu berdebu, maka rentang penggantian oli matic sebaiknya dipercepat.

Selain itu,oli matic ini juga sebaiknya diganti ketika mobil mengalami mesin overheat (panas berlebihan). Ya, kondisi mesin yang overheat ini akan merusak kualitas oli matic. Oleh karenanya, ketika mobil mengalami mesin overheat sebaiknya lakukan pula penggantian oli matic guna mencegah kerusakan pada transmisi otomatis.

Daftar isi
    SHARE