Fungsi dan cara kerja Centrifugal advancer - OMBRO

Fungsi dan cara kerja Centrifugal advancer

Centrifugal advancer merupakan bagian dari komponen distributor yang berfungsi untuk memajukan waktu / timing pengapian berdasarkan putaran dan beban mesin sehingga biarpun putaran piston dan poros engkol meningkat cepat, tekanan pembakaran maksimum tetap berada dekat setelah Titik Mati Atas.

Centrifugal advancer bekerja berdasarkan gaya sentrifugal yang terjadi pada plat pemberat sentrifugal akibat perubahan kecepatan mesin. Semakin cepat putaran mesin maka semakin cepat juga putaran pada poros distributor.

Karena plat pemberat sentrifugal ini terhubung dengan poros distributor, maka plat pemberat sentrifugal ini juga akan berputar dengan cepat. Akibatnya terjadi gaya sentrifugal (gaya buang kearah luar dari poros putaran) pada plat pemberat sentrifugal tersebut.

Perhatikan komponen-komponen centrifugal advancer yang ada didalam distributor pada gambar dibawah ini

komponen centrifugal advancer

Ketika gaya sentrifugal terjadi, kedua plat pemberat sentrifugal akan mengembang kearah luar sehingga ujung bagian dalam plat pemberat sentrifugal ini akan menekan plat kurva. Dorongan tersebut akan menekan kedua sisi plat kurva dan mengakibatkan poros governor (cam) diputar lebih maju dari kedudukannya semula.

Saat poros governor ini bergerak maju, ia akan menggeser ebonit (dudukan platina) yang sekaligus akan mengubah posisi buka tutup platina. Efek yang dihasilkan dari pergeseran pada dudukan platina ini akan memajukan waktu pengapian.

Perhatikan posisi dan pergerakan dari plat pemberat sentrifugal saat bergeser dan menggerakan ebonit (dudukan platina) pada gambar dibawah ini

cara kerja centrifugal advancer

Berikut cara kerja centrifugal advancer pada beberapa kondisi kerja mesin

Saat putaran mesin idle (stasioner)

saat putaran mesin idle

Ketika mesin berputar pada putaran idle maka putaran dari poros distributor juga akan berputar lambat. Pada saat ini plat pemberat sentrifugal belum mengembang keluar akibat daya tekan dari pegas pengembali yang menahan plat pemberat sentrifugal.

Karena gaya sentrifugal belum terjadi dan plat pemberat sentrifugal belum menekan plat kurva, maka poros cam tidak bergeser kedudukannya. Pada saat ini waktu pengapian tidak dimajukan.

Baca juga :


Saat putaran mesin menengah

saat putaran mesin menengah

Saat putaran mesin berada di putaran menengah, plat pemberat sentrifugal akan mengalami gaya sentrifugal, namun gaya sentrifugal yang terjadi, tidak menarik penuh pegas pengembali. Saat ini, pegas pengembali tidak dalam posisi penuh terbuka, namun juga tidak dalam posisi tertarik penuh

Meskipun begitu, posisi plat pemberat sentrifugal ini tetap akan menekan plat kurva dan menggser sedikit posisi dudukan platina. Sehingga pada saat ini posisi timing juga dimajukan, namun tidak sepenuhnya dimajukan.


Saat putaran mesin meningkat dan bertambah tinggi(advance).

saat putaran mesin tinggi

Peningkatan putaran mesin terjadi pada saat akselerasi untuk meningkatkan kecepatan kendaraan. Pada saat ini terjadi peningkatan putaran pada poros distributor.

Bertambahnya putaran poros distributor membuat plat pemberat sentrifugal akan mengembang keluar dan melawan kekuatan pegas pengembali akibat kuatnya gaya sentrifugal yang terjadi.

Mengembangnya plat pemberat sentrifugal ini akan menekan plat kurva dan menggeser ebonit (dudukan platina). Pergeseran dudukan platina ini otomatis akan menggeser waktu pengapian dan membuat pengapian dimajukan secara penuh.

Daftar isi
    SHARE