Arti dan Fungsi Tombol AC mobil tipe digital - OMBRO

Arti dan Fungsi Tombol AC mobil tipe digital

Setelah pada postingan sebelumnya kita sudah membahas tentang arti dan fungsi tombol AC mobil tipe konvensional, maka pada artikel kali ini kita akan membahas tentang arti dan fungsi tombol AC mobil tipe digital.

Beberapa contoh mobil yang menggunakan pengaturan AC tipe digital ini adalah Honda HRV, Honda Jazz Facelift , Mitsubishi Mirage, dan mobil-mobil tipe terbaru pada umumnya. Pengaturan AC dengan tipe digital memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Pengaturan AC mobil tipe digital biasanya lebih banyak menggunakan tombol-tombol atau layar sentuh yang disertai dengan panel layar indikator pengaturan AC. Sedangkan untuk model konvensional umumnya hanya tersedia tombol putar atau geser.

arti dan fungsi tombol AC mobil tipe digital

Lantas, apa saja sih arti dan fungsi tombol AC mobil tipe digital ini ? Berikut akan Ombro sampaikan arti dan fungsi tombol AC mobil digital. Sebagai contoh disini, Ombro menggunakan panel AC Digital mobil Honda Jazz Facelift 2018. Simak cara penggunaannnya.



1. Auto


tombol auto AC mobil digital

Auto berfungsi untuk mengatur AC secara otomatis agar suhu di dalam ruangan kabin mobil bisa nyaman digunakan sesuai dengan set yang ada dalam control unit AC.

Untuk lebih mudahnya, ketika kita menekan Auto ini, maka AC akan hidup dan mengatur kecepatan angin serta tingkat dingin secara otomatis menyesuaikan suhu yang dibutuhkan.

Jadi, ketika suhu dalam ruang kabin panas maka AC akan bekerja maksimal untuk menurunkan suhu menuju tingkat suhu yang nyaman bagi penumpang di dalamnya. Begitu pula ketika suhu dalam ruang kabin terasa dingin, maka AC akan menaikkan suhu ruangan (menyemburkan udara hangat) secara otomatis, hingga tingkat suhu yang nyaman untuk orang didalamnya.

Pada beberapa model AC, tingkat kenyamanan suhu kabin ini umumnya akan direkam oleh AC control unit untuk kemudian di kalkulasikan dan digunakan sebagai acuan tingkat kenyamanan suhu yang dibutuhkan, baik untuk satu orang ataupun untuk seluruh penumpang dalam ruang kabin mobil.



2. ON/OFF


tombol ON OFF AC mobil digital

Tulisan ON/OFF dengan gambar kipas disamping kiri ini berfungsi untuk menghidupkan atau menghentikan putaran kipas blower AC. Dengan begitu, ketika panel ini dalam posisi OFF, maka hembusan angin yang mengalir melalui lubang outlet AC akan berhenti.



3. A/C


tombol AC mobil digital

Tulisan A/C ini berfungsi untuk mematikan atau menghidupkan kompressor AC. Disaat panel A/C ini menyala (ON) maka kompressor AC akan bekerja dan pendinginan udara bisa dilakukan. Ketika panel A/C ini dalam posisi OFF (dimatikan) maka kompressor AC juga dalam kondisi tidak bekerja sehingga pendinginan udara tidak dapat dilakukan.



4. Fresh Air (icon)


tombol icon fresh air

Icon bergambar mobil dengan tanda panah masuk kedalam ini dikenal dengan sebutan Fresh Air. Icon ini berfungsi untuk memasukkan udara luar kedalam ruang kabin mobil. Ketika icon ini dalam posisi ON maka katup ventilasi udara luar yang terletak di bawah kaca depan (dekat kap mesin) akan terbuka sehingga udara luar bisa masuk kedalam kabin.



5. Circulation (icon)


fungsi tombol circulation AC mobil digital

Icon bergambar mobil dengan tanda panah melingkar didalamnya ini dikenal dengan sebutan Circulation Air. Icon ini berfungsi untuk membuat sirkulasi udara hanya berputar didalam ruang kabin mobil saja.

Ketika Icon ini dalam posisi ON , maka seluruh ventilasi dan katup udara luar akan segera ditutup. Hal ini menyebabkan udara luar tidak dapat masuk kedalam kabin. Dengan begitu, maka sirkulasi udara yang terjadi hanya berputar didalam ruang kabin mobil saja.



6. Rear (icon)


fungsi tombol rear AC mobil digital

Icon bertuliskan Rear dengan kotak bergaris-garis di tengah dikenal sebagai icon Defogger belakang. Arti rear di mobil ini adalah "Belakang". Jadi bisa disimpulkan bahwa icon defogger dengan tulisan REAR ini menunjuk pada defogger yang ada di kaca belakang.

Fungsi rear pada ac mobil ini adalah untuk menghilangkan kabut yang menutupi kaca belakang mobil dengan cara memanaskan perangkat defogger yang menempel dikaca belakang tersebut.

Ketika panel icon rear ini ON, maka perangkat defogger pada kaca belakang mobil akan menyala dan memanaskan suhu kaca belakang. Dengan begitu, kabut yang menempel pada kaca belakang bisa segera dihilangkan sehingga pandangan pengemudi ke belakang menjadi jernih kembali.

Baca juga



7. Front (icon)


fungsi tombol front AC mobil digital

Icon bertuliskan Front dengan kotak bergaris garis ditengah ini dikenal sebagai icon defroster. Icon ini berfungsi untuk menghilangkan kabut yang menutupi kaca windshield depan mobil dengan cara menghembuskan udara ke arah kaca depan melalui ventilasi AC bagian depan kendaraan.

Saat panel icon front ini ON, maka hembusan dan aliran udara AC ada yang mengarah ke kaca depan. Dengan begitu, maka embun dan kabut yang menempel pada kaca depan bisa dihilangkan.



8. Blower Fan Control - pengatur kecepatan hembusan udara


fungsi tombol fan control AC mobil digital

Panel blower fan control ini digunakan untuk mengatur tingkat kecepatan udara yang berhembus pada AC outlet. Jika kita tekan gambar tanda panah keatas, maka gambar kipas dengan bar dibawahnya yang terletak di sisi kanan panel ikut bertambah. Ini artinya, kecepatan kipas dan hembusan udara juga bertambah cepat

Jika tanda panah ke bawah yang ditekan, maka kecepatan hembusan udara akan berkurang disertai berkurangnya gambar bar di sisi kanannya.



9. Mode Control - pengatur arah hembusan udara AC


fungsi tombol mode control AC mobil digital

Mode Control ini merupakan pengatur arah hembusan udara AC, setidaknya ada 4 mode yaitu

  • Mode hembusan yang mengarah ke muka
  • Mode hembusan yang mengarah ke kaki dan muka
  • mode hembusan yang mengarah hanya ke kaki
  • Mode hembusan yang mengarah ke kaca depan (defroster) dan ke kaki.

Untuk mengubah mode, tekan berkali-kali hingga icon berubah dan icon menunjuk pada mode yang diinginkan.



10. Temperatur control - pengatur suhu dan temperatur


fungsi tombol temperatur control AC mobil digital

Temperatur control ini merupakan pengatur suhu dan temperatur udara yang dihembuskan melalui outlet AC. Jika kita menekan tanda panah biru kebawah hingga bar di tengahnya turun kearah tanda panah, ini berarti kita mengatur agar udara yang berhembus adalah udara yang bersuhu dingin.

Begitu juga sebaliknya, jika kita menekan tanda panah merah keatas hingga bar ditengahnya naik kearah tanda panah, ini berarti kita mengatur agar udara yang berhembus adalah udara yang bersuhu hangat/panas.

Pada panel ini kita dapat melihat nilai suhu dan temperatur ruangan pada tampilan layar tepat disebelah kiri tombol pengatur suhunya. Paling rendah umumnya bertanda low yang artinya lowest. Sedangkan jika diatur normal akan menampilkan angka derajat suhu seperti contohnya 18 derajat, 20 derajat, dan lain-lain sesuai pengaturan.

Pengaturan suhu AC yang memiliki tanda merah seperti ini umumnya dilengkapi dengan heater (pemanas). Jadi ketika dalam kondisi dan cuaca dingin, kita bisa menghangatkan suhu ruang dalam kabin ini dengan memposisikan pengaturan suhu sampai merah full.

Daftar isi
    SHARE