5 Manfaat Asuransi Mobil - OMBRO

5 Manfaat Asuransi Mobil

Dari tahun ke tahun, populasi kendaraan baik roda empat ataupun roda dua selalu meningkat tajam, dan populasinya kian hari kian banyak. Hal ini bisa kita perhatikan pada jumlah kendaraan yang berlalu lalang di jalan raya. Tampak semakin padat dan macet.

Peningkatan jumlah kendaraan juga tidak diimbangi pertumbuhan infrastruktur jalan yang ada. Akibatnya, antrian kendaraan semakin banyak hingga menimbulkan kemacetan.

Kemacetan dijalan memiliki efek psikologis pada pengemudinya, pengemudi menjadi tidak sabaran dan mudah emosi. Akibatnya kecelakaan kecil dan besar pun kerap tidak terhindarkan. Kecelakaan yang terjadi, tentunya akan menyulitkan siapa saja. Belum lagi jika biaya yang harus ditanggung memiliki jumlah yang cukup besar, pastinya akan bikin sakit kepala hingga stress.

Nah, salah satu cara untuk meminimalkan resiko menanggung beban biaya kerugian saat terjadi kecelakaan dijalan, adalah dengan mengikutsertakan mobil anda pada asuransi mobil. Dengan mengikutikan mobil anda pada asuransi mobil, tentu beban kerugian bisa diminimalisir dan anda juga bisa mendapatkan manfaat banyak dari asuransi mobil ini.

Apa saja manfaat asuransi mobil ? Berikut 5 manfaat asuransi mobil yang bisa anda dapatkan ketika mengikutkan mobil anda pada program asuransi mobil yang banyak tersedia saat ini.

manfaat asuransi mobil


1. Memberikan perlindungan


Manfaat Asuransi mobil yang pertama dan paling penting adalah memberikan perlindungan dan proteksi dari kerugian finansal ketika terjadi resiko pada mobil Anda. Ya, segala hal yang tidak terduga dan merugikan bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Asuransi mobil akan memberikan perlindungan terhadap resiko-resiko tersebut, berikut resiko-resiko yang akan ditanggung oleh Asuransi mobil

A. Melindungi dari resiko kehilangan

Resiko kehilangan mobil bisa terjadi kapan saja dan dimana saja, bahkan dirumah sekalipun. Menggunakan asuransi mobil menjadi cara yang tepat ketika sewaktu-waktu resiko kehilangan mobil terjadi atas kendaraan tersebut, disini pihak asuransi akan menanggung kerugian yang muncul dengan cara memberikan uang ganti rugi.

B. Melindungi dari resiko kerusakan

Selain resiko kehilangan, resiko kerusakan pada mobil akibat kecelakaan yang menimbulkan kerusakan cukup parah juga bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Dengan menggunakan asuransi mobil, maka seluruh biaya pengurusan dari mulai derek mobil hingga perbaikan dan penggantian spare part akan ditanggung oleh perusahaan asuransi.

C. Melindungi dari tanggungan kerusakan yang dialami oleh pihak ketiga

Bukan tidak mungkin ketika sebuah kecelakaan terjadi akan melibatkan pihak lain yang dapat menuntut anda terhadap ganti rugi perbaikan pada kendaraan yang dimilikinya.

Dengan menggunakan asuransi mobil yang mencakup perluasan perlindungan, anda bisa terbebas dari biaya penggantian dan perbaikan pada kendaraan orang pihak ketiga tersebut. Pihak asuransi akan menanggung beban biaya yang muncul untuk kerugian yang dalami oleh pihak ketiga.


2. Memberikan rasa aman dan kebebasan


Manfaat asuransi mobil yang kedua adalah memberikan rasa aman dan kebebasan pada diri anda. Memiliki asuransi mobil dapat memberikan rasa aman, ketenangan batin dan meningkatkan kepercayaan diri bagi pemiliknya.

Sebagai contoh, anda akan terbebas dari beban pikiran dan kekhawatiran yang berlebih ketika harus meninggalkan mobil kesayangan selagi rumah kosong tanpa penghuni. Atau pada suatu kondisi saat dalam perjalanan, anda tidak perlu was-was apabila terjadi sesuatu yang menyebabkan kerusakan pada kendaraan.

Namun demikian, menjaga keselamatan diri dan orang lain selama mengemudi adalah hal wajib yang tetap harus dilakukan.

Selain itu, dengan adanya asuransi mobil, anda juga akan merasa aman dan bebas dari beban ekonomi akibat harus menanggung biaya ketika mobil hilang atau mengalami kecelakaan sehingga mengakibatkan kerugian yang cukup besar. Belum lagi jika kecelakaan juga membuat terluka dan harus mengeluarkan biaya ekstra untuk pengobatan.

Baca juga :




3. Membantu perencanaan keuangan


Manfaat asuransi mobil yang ketiga adalah membantu perencanaan keuangan menjadi lebih stabil dan terprogram dengan baik.

Ketika segala resiko yang ada salah satunya terjadi, seperti kehilangan mobil, kecelakaan mobil yang cukup parah atau kondisi lainnya yang menyebabkan pengeluaran dan biaya dalam jumlah besar, maka dengan adanya asuransi mobil, perencanaan keuangan anda juga dapat terbantu.

Pihak asuransi akan menanggung semua biaya yang timbul pada kerugian tersebut dan Anda hanya perlu mengeluarkan biaya secukupnya untuk pengurusan asuransi tanpa harus pusing memotong biaya-biaya lain dari pos-pos keuangan yang sudah anda rencanakan.


4. Mendapatkan layanan tambahan


Manfaat asuransi mobil yang keempat adalah anda akan mendapatkan layanan tambahan. Layanan tambahan yang diberikan oleh pihak asuransi ini juga beragam seperti contohnya penawaran bantuan hukum pihak ketiga, layanan asuransi jiwa, fasilitas hotline 24 jam, derek mobil, bahkan hingga layanan mobil pengganti ketika mobil yang anda miliki sedang dalam proses perbaikan di bengkel rekanan.

Dengan layanan tambahan yang diberikan, maka kemudahan anda dalam beraktifitas ataupun selama berpergian dengan mobil yang diasuransikan bisa membuat perjalanan anda menjadi perjalanan yang menyenangkan.


5. Menjadi sarana investasi yang bagus


Manfaat asuransi mobil yang terakhir adalah asuransi mobil bisa menjadi sarana investasi yang bagus. Asuransi mobil akan melindungi dan menjamin aset kita, maka segala biaya yang timbul akibat resiko yang terjadi bisa diminimalisir.

Dengan begitu, segala biaya lain yang seharusnya dikeluarkan untuk memperbaiki dan mengganti mobil (jika tanpa asuransi), bisa dialihkan untuk berinvestasi di bidang yang lain tanpa khawatir untuk menarik kembali investasi tersebut.

Daftar isi
    SHARE