Cara memasang dongkrak mobil avanza - OMBRO

Cara memasang dongkrak mobil avanza

Selain kepandaian saat mengemudi, pengetahuan seputar penanganan kendaraan dalam kondisi darurat sudah selayaknya dimiliki oleh setiap pengemudi. Salah satunya adalah cara memasang dongkrak.

Meskipun kesannya sepele, mungkin sebagian dari anda ada yang belum mengetahui cara memasang dongkrak. Nah, pada artikel kali ini, ombro akan menginformasikan cara memasang dongkrak mobil avanza.

cara memasang dongkrak mobil avanza

Namun, sebelum lebih detail tentang cara memasang dongkraknya, Berikut beberapa hal yang perlu diketahui sebelum memasang dongkrak mobil avanza
  • Dongkrak mobil avanza terletak dibawah kursi penumpang bagian depan beserta tas peralatan mendongkrak . Untuk menggunakannya, dorong kursi ke arah depan lalu buka plastik penutup dongkrak. Setelah itu ambil dongkrak dengan memutar lubang pemutar dongkrak.
  • Terdapat di dekatnya tas peralatan berisi beberapa macam alat-alat yang digunakan untuk mengganti ban mobil sendiri seperti contohnya obeng, tang, sambungan dongkrak, pengait, kunci mur roda, dan lain-lain.
  • Ketahui titik tumpu dongkrak avanza yang benar untuk menghindari kerusakan pada mobil atau cedera. Baca titik dongkrak avanza yang sudah pernah diposting sebelumnya.

Setelah semua sudah siap dan beres, kini kita lanjutkan bagaimana cara memasang dongkrak mobil avanza, perhatikan langkahnya dibawah berikut.


1. Ambil tas peralatan dongkrak


Sebelum memasang dongkrak mobil avanza, kita perlu merangkai beberapa alat yang disediakan dalam tas peralatan dongkrak untuk memudahkan proses mendongkrak mobil avanza ini. Perhatikan alat alat mendongkrak yang ada didalam tas peralatan seperti pada gambar dibawah berikut.

cara memasang dongkrak mobil avanza



2. Rangkai sambungan/extension


Langkah pertama adalah merangkai sambungan/extension. Gunakan obeng plus untuk mengendurkan dan mengencangkan baut yang ada pada kedua sisi sambungan. Perhatikan pada gambar dibawah berikut

cara memasang dongkrak mobil avanza 1



3. Gunakan sambungan dengan kunci mur roda untuk memutar dongkrak


Setelah terangkai, ambil kunci mur roda , lalu gunakan pasangkan extension yang sudah terangkai pada bagian kunci mur roda yang berlubang ,perhatikan pada gambar dibawah berikut

cara memasang dongkrak mobil avanza 2

Ujung yang melengkung seperti kail, nantinya akan dihubungkan dengan lubang pemutar yang ada pada dongkrak, sedangkan sisi yang ada kunci mur roda digunakan untuk memutar dongkrak.


4. Letakkan dongkrak pada titik tumpu dongkrak


Langkah selanjutnya adalah memasang dongkrak tepat pada titik tumpu dongkrak. Kemudian putar terlebih dahulu dongkrak dengan tangan agar posisinya mengembang, kuat dan siap untuk mendongkrak, berikut posisi titik dongkrak mobil avanza

cara memasang dongkrak mobil avanza 3



5. Pasang sambungan/extension ke dongkrak


Pasang sambungan yang sudah dirangkai sebelumnya ke dongkrak. Ujung sambungan yang melengkung dipasang pada bagian lubang pemutar dongkrak, kemudian sisi lainnya digunakan untuk memutar dongkrak (dengan kunci mur roda) perhatikan pada gambar dibawah berikut.

cara memasang dongkrak mobil avanza 4

Untuk menaikkan dongkrak, putar kearah kanan (searah jarum jam) dan untuk menurunkan dongkrak putar kearah kiri (berlawanan arah jarum jam). Untuk lebih lebih lengkapnya cara mengunakan macam-maam dongkrak, silahkan baca pada artikel cara menggunakan dongkrak mobil yang sudah pernah diposting sebelumnya.
Daftar isi
    SHARE